Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menyesal Jika Tidak Praktekkan 5 Hal Ini, Bikin Sukses Usaha Kecil Kecilan Menguntungkan

Regret If You Don't Practice These 5 things

Pengertian Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Kalangan yang memiliki modal terbatas umumnya tertarik melakukan bisnis kecil-kecilan. Namun usaha tersebut bisa meraup untung besar. Jadi wajarlah jika hal ini diminati. Bisnis besar membutuhkan modal besar, sementara tidak semua orang memiliki dana yang cukup.

Zulkarnain (2006 : 125) dalam Hamdani (2019:1)

Pada dasarnya usaha kecil merupakan usaha dengan kriteria yaitu:

  1. Memiliki harta paling tinggi 200 juta rupiah namun tanah dan bangunan tidak termasuk
  2. Penjualan setiap tahun mencaai 1 milyar rupiah
  3. Usaha berdiri sendri, bukan cabang dari perusahaan yang dimiliki. Bukan merupakan perusahaan  yang dimiliki atau dikuasai serta terafiliasi secara langsung maupun tidak langsung dengan bisnis menengah atau besar.
  4. Merupakan badan usaha yang dimiliki perseorangan namun tidak berbadan hukum. Koperasi termasuk di dalamnya.
    umkm_marisscience.com

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2008 Dalam Bismala at.al. (2018:1)

umkm

Usaha Modal Kecil Untung Besar Untuk Pemula

Masyarakat yang masih pemula, baru belajar dalam bisnis, maka silahkan dicoba berbisnis dengan modal kecil. Memulai usaha kecil juga tidak ribet-ribet amat. Resikonya juga tidak terlalu besar. Melalui usaha kecil yang menguntungkan maka bisa menghidupi keluarga.

Contoh Usaha Modal Kecil Yang Belum Banyak Pesaing

Dalam hal memenangkan persaingan di zona usaha kecil, tentu perlu di pilih juga jenis usaha yang dibutuhkan oleh konsumen. Beberapa usaha menarik dan bisa dikatakan bisnis sepanjang masa yang dapat di lakukan antara lain bisnis secara online, bisnis franchise, bisnis jasa pengelolaan keuangan, bisnis minuman, bisnis kuliner sehat, bisnis makanan bersifat frozen, bisnis snack, bisnis penjualan LPG, Bisnis penjualan air minum kemasan dan air isi ulang. Masih banyak lagi usaha menarik yang bisa di usahakan.

Usaha kecil kecilan dirumah yang menguntungkan

Banyak orang menyukai berbisnis dari rumah. Selain menguntungkan, juga sangat praktis. Bayangkan saja bisa berbisnis dari rumah tanpa meninggalkan keluarga. Bisnis rumahan lagi digandrungi masyarakat baik kalngan muda, dewasa maupun para lanjut usia. Tidak perlu menggunakan strategi yang terlalu rumit, cukup sediakan jaringan internet, media social dan barang dagangan.

Cara berbisnis kecil kecilan tapi menguntungkan

Setiap orang mungkin berbeda dalam mengelola usahanya. Hal ini karena manajemen usaha kecil merupakan seni yang setiap orang memiliki seninya masing-masing dalam meningkatkan pendapatan dari usaha tersebut. Pemilik usaha tidak boleh menutup diri dari cara yang lebih efektif. Usaha-usaha sejenis pasti mengalami persaingan. Jika kurang memahami karakteristik usaha dan karakteristik konsumen tentu menyulitkan bagi usaha untuk berkembang.

Modal 300 ribu bisa usaha apa

"Setiap ada kemauan disitu ada jalan". Begitulah pepatah mengatakan. Tentu hal itu tidaklah salah. Walaupun modal kecil namun dengan ketepatan memilih usaha yang cocok dan kemauan yang keras pasti akan mendapatkan hasil. Orang bilang, hasil tidak menghianati proses. Sekarang jika diperkirakan usaha apa yang bisa di geluti dengan modal hanya 300 ribu saja. Kita bisa berjualan makanan ringan, membuka bisnis cuci kendaraan, menjual makanan ringan, berbisnis telur asin, menjual gorengan dan berbagai usaha lainnya yang mudah dan menguntungkan.

Usaha yang tidak pernah sepi

Ada beberapa usaha yang memang selalu dibutuhkan konsumen. Bisnis ini penting diusahakan karena merupakan ladang pendapatan yang tidak ada habisnya. Sejumlah usaha tersebut seperti usaha warung makan, kios atau toko sembako, bisnis pakaian, menjual sayur-sayuran, menjual aneka buah-buahan, peralatan dan perlengkapan ibu melahirkan dan bayi, menjual kosmetik, bisnis air isi ulang, jual gorengan dan lain sebagainya.

“Melahirkan Ide Cemerlang Dan Menemukan Jalan Paling Cerdas Menghasilkan Uang”

5 Hal Bikin Sukses Usaha Kecil

Bekerja dengan baik

Pastikan sungguh-sungguh mengerjakan apa yang menjadi bisnis utama. Memahami apa yang di lakukan dan berusaha menghasilkan sesuatu yang berkualitas. Setiap bekerja hasilkan yang terbaik. Lakukan berulang-ulang sehingga ini menjadi budaya kerja yang unggul. Hasilnya juga pasti akan baik dan berkualitas. Hal ini sejalan dengan apa yang dikatakan pendiri Microsoft “Bill Gates” bahwa peluang akan datang ketika kita dapat memanfaatkan satu kesempatan bisnis

Pastikan raih hasil yang unggul

Jangan bekerja jika hanya mengharapkan hasil yang kurang memuaskan. Maksudnya bekerjalah dengan menghasilkan capaian yang unggul. Rasa malas, jenuh dan lain sebagainya sebisa mungkin dilawan dan ganti dengan rasa optimis akan masa depan yang cemerlang. Kondisi ini dipertahaankan terus menerus.

Jangan perdulikan omongan negatif orang lain

Hidup kita adalah milik kita dan kita sendiri yang mengatur. Olehnya itu kita tidak perlu mempersoalkan omongan negatif orang lain. Terkadang mereka berbuat demikian karena tidak ingin melihat orang lain sukses. Jika ingin berhasil untuk apa menuruti omongan orang yang hanya merusak hidup kita. Pikirkan saja tujuan hidup kita dan berusaha meraih segala cita-cita.

Paksakan dirimu berfikir kreatif

Jika kurang terbiasa berfikir out of the box maka paksakan untuk berfikir diluar kebiasaan para pesaing. Bagaimana melihat peluang dan memanfaatkannya disaat orang lain melihat itu sesuatu yang biasa saja. Pikiran harus terus di asah, sehingga mampu melahirkan ide cemerlang dan menemukan jalan paling cerdas menghasilkan uang.

Belajar Terus

Belajar sesungguhnya tidak pernah berhenti. Karena setiap saat ada saja sesuatu yang perlu diketahui mansia. Rasa ingin tahu manusia mendorongnya untuk tetap mencari tahu dan belajar. Untuk itu jika ingin menjadi usahawan berhasil maka jangan pernah berhenti belajar. Belajar apa saja yang penting tujuannya baik.

Tulisan di atas pada dasarnya ingin memotivasi kita termask diri penulis untuk selalu introspeksi diri bahwa menjadi figure yang berhasil tidaklah seperti membalikkan telapak tangan. Semuanya harus diupayakan dengan kerja keras dan kerja cerdas. Sahabatku terhebat! Terima kasih telah singgah membaca tulisan di atas. Semoga ada manfaatnya. Baik-baiklah disana dan sehat selalu.