loading...

Bisnis Rumahan, Sederhana dan Menguntungkan

AKHMAD.COM - Bisnis rumahan boleh dikata sedang trend. Bisnis ini berusaha memanfaatkan waktu luang yang tersedia. Biasanya sepulang kantor atau selesai mengerjakan aktivitas rutin. Sebenarnya banyak waktu tidak sempat termanfaatkan dengan baik. Dari pada terbuang sia-sia lebih baik waktu yang masih ada, di gunakan untuk menjalankan bisnis menguntungkan hanya dari rumah.
Bisnis Rumahan

Hitung-hitung untuk menambah penghasilan keluarga, maka bisnis sampingan selain menguntungkan juga dapat menghilangkan stres atau beban pekerjaan yang sifatnya monoton. Banyak yang berhasil menjalani bisnis ini. Sebut saja Bob Sadino yang berhasil sukses dengan usaha yang dilakukannya. Memulai usahanya dengan modal kecil, hanya meminjam dari tetangga, Bob Sadino membuka usaha berjualan telur. Usaha ini sukses dan mengantarkan Bob Sadino menjadi pengusaha papan atas.

Gibran Rakabuming, anak presiden Joko Widodo ini bisa menjadi contoh. Tidak ingin menjalankan usaha ayahnya yaitu perusahaan meubel. Pemuda ini lantas memilih berusaha sendiri dengan membuka usaha katering dan wedding organizer. Usahanya maju dan berhasil membuka sejumlah cabangnya.

Tentu mereka yang berhasil, memiliki tekad yang kuat dan keinginan untuk keluar dari kondisi yang kurang menguntungkan atau minim tantangan dalam berusaha. Kondisi ekonomi yang sering tidak menentu perlu mengambil sikap untuk hal-hal yang menguntungkan kita seperti membuka bisnis rumahan. Masih banyak kisah sukses para pebisnis yang bisa menjadi contoh buat kita sebagai motivasi berusaha (Baca juga: 5 Kisah Pengusaha UKM yang Sukses Memulai Bisnis Dari Nol) 

Sekarang, pertanyaanya adalah bisnis apa yang cocok untuk dijalankan. Bisnis yang bisa di geluti diwaktu-waktu senggang kita. Usaha yang bisa dijalankan dari rumah dengan waktu luang yang kita miliki. Untuk itu penulis mengajak sahabat menyimak beberapa bisnis menarik dan menguntungkan walaupun dengan modal kecil. Bisnis yang bisa dijalankan dari rumah dengan manajemen yang sangat sederhana.

Berjualan Online Secara Live
Dukungan teknologi yang kian dahsyat memungkin setiap orang terhubung dan saling mengetahui hanya melalui perangkat handphone. Cara berjualan melalui live streaming semakin meningkat akhir-akhir ini. Cara berbisnis ini sangat mudah. Sahabat bisa menjual pakaian atau barang lainnya termasuk yang lagi  trend di kalangan milenial.
Bisnis Rumahan

Boleh dikata bukan hanya persaingan antar pebisnis online yang terjadi, namun pebisnis online dan offline juga terlibat persaingan yang ketat. Kenapa penulis berpendapat seperti itu?, karena pebisnis offline juga beramai-ramai menjajakan daganganya secara live melalui telephone seluler. Sekarang ini, pebisnis offline terutama kaum milenial menjajakan dagangannya sambil melakukan siaran langsung. 

Mereka melakukannya melalui aplikasi facebook sambil memperlihatkan dan memperagakan pakaian tersebut kepada pemirsa atau penonton saat itu. Cara ini benar-benar marak dilakukan terutama pakaian pria dan wanita serta busana muslimah seperti hijab.

Bisnis Rumahan
Jadi bisnis ini sangat menjanjikan. Sahabat bisa menghitung terlebih dahulu modal dan keuntungannya sehingga bisa dijual dengan harga tertentu. Hanya bermodalkan telephone genggam, sahabat bisa memasarkan barang-barang yang ada di toko secara cepat dan menguntungkan. Sepertinya pola bisnis ini akan semakin berkembang.

Usaha Loundry Kiloan Online
Zaman yang makin berubah, dimana setiap orang menginginkan sesuatu yang instan. Kesempatan ini bisa sahabat manfaatkan dengan membuka usaha jasa loundry online. Bisnis ini sangat menguntungkan. Siapa sih! yang tidak mengganti pakaian setiap hari. Bisnis ini tidak ada matinya. 

Bisnis Rumahan
Orang-orang mulai menghemat listrik, air, tenaga dan waktu. Sudah barang tentu sebagian orang lebih menyukai menggunakan jasa loundry ketimbang harus mencuci sendiri. Sahabat yang tinggal di daerah perumahan seperti saya, sangat cocok untuk berlangganan jasa loundry. 

Kalau dihitung-hitung menggunakan jasa loundry justru lebih menguntungkan. Jika kita mencuci sendiri, harus mengeluarkan biaya untuk air, listrik, belum lagi harus menyetrika dan melipat pakaian. Kalau air tiba-tiba terganggu, pasti menambah beban kita. Maraknya penjualan online, bisa sahabat gunakan sehingga konsumen lebih mengenal usaha kita. Artinya sudah saatnya kita harus menjemput konsumen dari pada harus menunggu.

Sahabat bisa mempromosikannya di media sosial. Atau membangun blog pribadi untuk memasarkan jasa loundry online. Sahabat bisa memulainya dengan mencuci secara manual. Jika telah cukup dana, bisa membeli mesin cuci semi elektrik. Lakukan dengan kualitas cucian yang lebih baik. Konsisten dalam menjaga perjanjian dengan konsumen dan menjaga barang-barang milik konsumen. Jika sahabat bisa menurukan sedikit harga, kenapa tidak? Untuk lebih kecil tetapi lancar bukanlah sesuatu yang buruk. Lambat laun akan menjadi besar dan bisa mempekerjakan karyawan.

Jualan Snack Online
Membuat makanan ringan bisa menjadi salah satu pilihan bisnis rumahan. usaha ini tidak memerlukan modal terlalu besar. Bisa di lakukan secara online (Baca: Aremafood.com)  atau menitipkannya di sekolah-sekolah, kios, toko dan supermarket. Untuk itu kualitas produk ini harus benar-benar di jaga. Cita rasa dan kemanannya harus benar-benar di perhatikan. 
Bisnis Rumahan

Bisnis bermodal kecil ini sangat mudah dilakukan. Sahabat hanya menyediakan peralatan dan perlengkapannya, bahannya dan kemasannya. Sahabat bisa menggunakan media sosial untuk memperkenalkan dagangan. Lakukan secara konsisten, bertahan walaupun kondisi lagi sulit sehingga lambat laun usaha bisa berkembang.

Jasa Kursus Memasak Online
Keahlian yang kita miliki jangan terbuang sia-sia hanya karena kita tidak memanfaatkan waktu luang. Bukalah kursus memasak dengan materi kursus yang unik. Mengirimkan materi berbayar dan memberi latihan yang terjadwal. Gunakan sedikit ruang yang ada dirumah untuk tempat kursus. Buatlah paket-paket materi dengan harga yang berbeda-beda sesuai tingkat kesulitan dan keunikan masakan.
Bisnis Rumahan
Kita bisa menarik lebih banyak pelanggan dari kalangan milenial atau kaum ibu yang memiliki banyak waktu. Misalnya untuk kalangan milenial dengan anggota 40% dan kaum ibu 60%. Buatlah penilaian dan target penguasaan materi kursus dengan baik.

Jika kita termasuk baru dalam pekerjaan ini, cobalah untuk mempelajarinya melalui konten di youtube yang sangat banyak dan bervariasi. Sahabat bisa berlatih secara diam-diam di rumah. Atau bisa juga mengundang kakak atau adik kerumah lalu berlatih bersama. 

Sahabat juga bisa mengunjungi toko-toko atau supermarket yang menjual beraneka ragam makanan. Hal ini untuk menambah semangat dan pengetahuan sahabat agar lebih berani dan mantap.

Masih banyak cara lain yang bisa sahabat tempuh agar menjadi pintar memasak. Mintalah bantuan saudara atau teman untuk mengajari membuat website  sehingga sahabat bisa mempromosikan masakan secara luas. 
  
Penulis Online
Kemampuan kita dalam menulis bisa menjadi lahan penghasilan yang menguntungkan. Jasa ini muncul karena makin berkembangnya dunia internet. Kita bisa dimanfaatkan dalam penulisan di web dengan beragam topik. Gunakan keahlian dalam menulis dan manfaatkan momen tertentu sehingga tulisan kita benar-benar sesuai pesanan sponsor. 

Sahabat perlu mempelajari cara menjadi penulis online. Jika sahabat telah mahir, maka pekerjaan inin akan terasa mudah. Kita hanya duduk depan komputer sambil melakukan eksplorasi kesejumlah website sehingga tulisan kita bisa diperhitungkan.
Bisnis Rumahan
Beberapa bisnis rumahan di atas dapat dipilih sesuai kemampuan sahabat. Hanya bermodalkan tekad dan sedikit uang kita bisa melakukannya. Yang penting ada konsistensi dalam diri kita untuk berkembang. Ada keinginan yang kuat mendorong kita untuk keluar dari kondisi yang sulit. Sahabat bisa melakukannya sekarang tanpa menunggu waktu. 

Sebenarnya masih banyak bisnis rumahan yang bisa kita geluti. Tergantung bisnis mana yang kita anggap cocok dan mampu dilaksanakan. Semoga tulisan ini membawa manfaat bagi sahabat sekalian. Penulis percaya, sahabat memiliki banyak ide selain yang dijelaskan di atas. Untuk itu, mari kita berbagi informasi demi kesuksesan kita bersama. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 "Bisnis Rumahan, Sederhana dan Menguntungkan "

Post a Comment

Terima kasih atas komentar terkait tulisan di atas.

Iklan Atas Artikel

Bitcoadz.io


Hostens

Hostens.com - A home for your website

Admaven