5 Menu Pesta Pernikahan di Rumah dan Manajemen Pesta - Akhmad.com

marisscience

5 Menu Pesta Pernikahan di Rumah dan Manajemen Pesta

Memilih Menu Pesta Pernikahan di Rumah

Penulis dan keluarga sering menyelenggarakan pesta pernikahan di rumah. Jauh sebelumnya telah di pilih menu yang sesuai untuk di hidangkan.

Sebagaimana sebuah penyelenggaraan pesta pernikahan, tentu kita sibuk mempersiapkan segala sesuatunya agar terlihat baik di mata keluarga dan undangan. Apalagi sebuah pesta akan mempertemukan dua keluarga besar, antara keluarga pihak mempelai pria dan mempelai wanita.

5-menu-pesta-pernikahan-di-rumah

Dalam penyelenggaraan pesta pernikahan khususnya yang dilakukan dirumah, banyak hal yang perlu di pikirkan. Salah satu terpenting adalah ketersediaan makanan para undangan dalam perhelatan tersebut.

Bukan sesuatu yang lucu ketika apa yang kita sajikan dalam pesta tersebut menjadi omongan banyak orang karena kelalaian kita. Untuk itu kali ini penulis membagikan beberapa tips dalam memilih dan menyajikan menu pesta pernikahan di rumah.

Manajemen Pesta

Pengorganisasian pesta pernikahan pada dasarnya mirip ketika kita menyelenggarakan suatu acara dengan segenap panitia yang dibentuk. Demikian pula sebuah pesta pernikahan harus memiliki tim atau panitia yang mengurusnya. Biasanya tim ini terdiri dari keluarga itu sendiri yang telah di berikan tugas dan fungsinya masing-masing.

Ketua Panitia

Ketua panitia bertugas untuk mengawasi seluruh aktifitas persiapan pesta. Biasanya di jabat oleh pemilik pesta baik ibu/ayah/kakak tertua/orang terdekat dari mempelai wanita. Tugasnya mengontrol segala aktifitas yang berlangsung mulai dari acara pelamaran, penentuan tanggal pernikahan, pembuatan dan penyebaran undangan, persiapan lokasi pesta sampai hal-hal kecil berkaitan dengan  pesta tersebut.

Sekretaris

Sekretaris bertugas untuk mencatat segala kebutuhan dan hal-hal yang penting dipersiapkan dalam pesta pernikahan. Sekretaris bertugas membantu ketua panitia untuk memikirkan dan mencari solusi dari setiap masalah yang dihadapi. Sebagai penghubung untuk mengkomunikasikan hal-hal yang diperintahkan atau yang diinginkan ketua panitia dengan organ di bawahnya. Di jabat oleh angota keluarga seperti kakak, adik, atau keluarga terdekat. Bisa saja orang lain yang dipercaya oleh ketua panitia.

Bendahara

Bendahara bertugas menerima dana, menjaga dan mengalokasikan dana sesuai perintah ketua panitia berdasarkan kebutuhan pesta. Biasanya dijabat oleh ibu atau ayah dari mempelai wanita. Bisa juga saudara laki-laki/perempuan atau bisa juga orang lain yang dipercaya oleh ketua panitia. Membuat laporan kondisi keuangan dan bertanggung jawab kepada ketua panitia.

Ketua Seksi Penerima Tamu/Undangan

Seksi ini sangat penting karena berhubungan langsung dengan para tamu undangan. Tugasnya selain menerima tamu juga memastikan tampilan dekorasi dan penampilan mempelai wanita yang berhubungan dengan fashion gaya busana dan seluruh persiapan mempelai wanita dan pria. Membuat usulan atau laporan mengenai kebutuhan diseksinya kepada sekretaris. Seringkali di jabat oleh saudara/keluarga atau orang lain yang dipercaya dibantu oleh tim make up yang sudah ditentukan.

Seksi Keamanan

Seksi keamanan sangat penting untuk menjaga kelangsungan acara pernikahan. Biasanya di jabat oleh saudara/keluarga atau orang kepercayaan yang berpengaruh. Jika itu pesta pejabat biasanya seksi keamanan ini ditangani langsung oleh aparat keamanan. Ketua seksi wajib melaporkan hal-hal yang dinilai berpotensi mengganggu jalannya acara kepada sekretaris atau ketua panitia. Bertugas sejak pesta di mulai sampai keesokan harinya.

Seksi Transportasi

Seksi transportasi bertugas untuk mengatur parkiran kendaraan para undangan. Memastikan kendaraan para undangan dalam kondisi aman terkendali. Memastikan kelancaran transportasi yang membawa calon pengantin memasuki area pesta. Selain itu mengurus transportasi undangan khusus dari mempelai wanita maupun pria yang kesulitan menghadiri pesta. Wajib melaporkan hal-hal yang memerlukan keputusan ketua panitia.

Seksi Konsumsi

Seksi konsumsi merupakan yang terpenting dalam acara pernikahan. Ketua seksi biasanya dijabat oleh saudara atau keluarga. Bisa juga dipercayakan kepada orang lain yang berpengalaman dalam pengelolaan menu pesta. Biasanya suksesnya suatu pesta pernikahan apalagi yang diselenggarakan di rumah adalah dari baik buruknya penyediaan menu makanan untuk para undangan. Olehnya itu bicara tentang seksi konsumsi dan pengelolaan menu makanan, menarik untuk diketahui 5 jenis menu yang paling digemari oleh para tamu undangan menurut pengalaman penulis.

5 Menu Makanan Pesta Perkawinan yang Diselenggarakan di Rumah

Pengalaman penulis dalam penyelenggaraan pesta pernikahan di rumah dan pesta yang sering penulis hadiri menunjukkan ada 5 jenis makanan yang digemari. Biasanya nampak ketika undangan di persilahkan untuk mencicipi hidangan ada banyak undangan yang menyukai salah satu menu. Penulis tunjukkan beberapa menu diantaranya.

Ikan Asam Manis

Menu makanan yang satu ini sering menjadi incaran para tamu undangan. Biasanya dibuat dari ikan Kerapu. Dibaluri dengan telur dan dilumuri dengan tepung membuat masakah ini terasa sangat spesial. Perpaduan bawang bombai, bawang putih dan jahe sehingga mengeluarkan aroma yang harum dan menggoda para tamu undangan. Jika budget kita cukup, kita bisa membuatnya dalam jumlah yang sesuai.

Sate Kambing atau Sapi

Siapa yang tidak kenal dengan menu masakan ini. Sate Kambing atau Sapi dilihat saja sudah membuat perut kita bergemuruh. Ketika di santap akan membuncah di mulut, istilahnya gitu ya! Pokoknya menu yang satu ini tidak boleh ketinggalan dalam pesta perkawinan kamu. Semua orang menyukai sate, tetapi tidak semua orang manyukai jenis daging yang dibuat. Jika seseorang memang sedang tidak ingin mengkonsumsi jenis daging tertentu misalnya Daging kambing, sahabat bisa menggantinya dengan Daging Sapi atau Daging Ayam.

Nasi Goreng

Nasi goreng termasuk menu yang disukai para tamu undangan. Ada teman penulis ketika di pesta lebih menyukai Nasi Goreng ketimbang Nasih Putih. Nasi goreng yang di olah dengan bumbu spesial akan membuat hidangan ini menjadi favorit di kalangan tamu undangan. Harganya juga lebih murah sebab semua telah tersedia dalam satu piring nasih goreng. Sudah ada telurnya, dagingnya dan sayurannya juga.

Bakso

Zaman sekarang, menu makanan dapat dkombinasikan sesuai selera. Dalam sajian menu pesta, sahabat bisa menyediakan bakso untuk para tamu undangan. Terkadang tamu undangan kurang berminat mengkonsumsi makanan yang berat. Mereka lebih menyukai mengkonsumsi makanan dengan pola sajian yang lebih sederhanan seperti Bakso. Jika sahabat membuatnya, percaya deh!, banyak tamu undangan meliriknya. Mungkin sebagian tamu undangan lebih menyukai Bakso di bandingkan lainnya.

Buah-Buahan

Jangan lupa sediakan buah-buahan sebagai pendukung menu makanan di pesta pernikahan. Saat ini banyak orang lebih menyukai mengkonsumsi buah. Biasanya tamu undangan ada yang sedang diet atau memang gemar terhadap buah-buahan. Para tamu undangan pasti akan menyukai menu yang satu ini. Tidak terasa menu buah-buahan akan habis di serbu para tamu undangan.

Baca Juga: Enaknya Masakan Kaledo Khas Kota Palu

Kepada sahabatku semua, itulah 5 menu pesta pernikahan di rumah yang patut di sediakan. Ke-5 menu tersebut seringkali menjadi buah bibir di kalangan para tamu. Alangkah bahagianya pemilik hajatan jika semua hidangan tersebut di gemari para undangan dan menjadi bahan pembicaraan di kalangan mereka.

Referensi dan Sumber lain

  • https://wolipop.detik.com/wedding-news/d-3321180/yang-perlu-diketahui-saat-membentuk-panitia-untuk-pesta-pernikahan 
  • https://lifestyle.nusantaratv.com/kuliner/tak-mau-jadi-bahan-obrolan-tamu-undangan-rekomendasikan-5-makanan-hidangan-makanan
  • http://thebridedept.com/10-menu-makanan-yang-cocok-untuk-acara-lamaran/
  • https://cookpad.com/id/cari/ikan%20asam%20manis
  • http://www.dapurkobe.co.id/ikan-krispi-asam-manis

Tulisan di atas sebagian merupakan pengalaman penulis ketika membantu penyelenggaraan pesta pernikahan yang dilaksanakan di rumah. Sebagian merupakan pengalaman ketika menghadiri pesta pernikahan teman sejawat dan keluarga.

Sahabat bisa menambah referensi masakan yang digemari di pesta pernikahan. Bagikan di blog ini melalui kolom komentar. Jika sahabat menyukai konten-konten dalam blog ini, silahkan masukan emailnya dan tekan tombol berlangganan. Teruslah berkarya untuk kejayaan kuliner nusantara. Terima kasih atas kunjungannya.

Gratis, Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email:

0 "5 Menu Pesta Pernikahan di Rumah dan Manajemen Pesta"

Post a Comment

Tambahkan komentar, terkait tulisan di atas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel