10 Bisnis Paling Laris, Sederhana dan Praktis di Kota Palu - Akhmad.com

marisscience

10 Bisnis Paling Laris, Sederhana dan Praktis di Kota Palu

Ini Jenis Jualan Paling Dicari di Kota Palu

Bisnis Paling Laris. Memahami bisnis paling laris itu penting. Hal ini untuk menghindari risiko, agar waktu, tenaga dan biaya yang kita gunakan tidak sia-sia.

Seringkali ketika baru memulai usaha, kita diperhadapkan dengan banyak pilihan produk. Setiap daerah mungkin saja berbeda perilaku konsumennya. Setiap daerah berbeda daya beli masyarakatnya. Olehnya itu kadangkala bisnis yang disukai juga berbeda-beda. Tentu hal ini membutuhkan metode yang tepat bagi sahabat yang ingin membuka usaha.

Namun demikian, bukan merupakan sesuatu yang sulit untuk menemukan apa yang disukai konsumen di daerah tertentu. Pengalaman penulis menjadi quality control dalam Survei Penjualan Eceran (SPE) Bank Indonesia hampir 2 tahun di Kota Palu mengajarkan banyak hal.

Penulis harus mengelola data dan melakukan analisis sebanyak 165 perusahaan dari berbagai komoditas. Dari situ penulis tahu dan memahami karakteristik konsumen di Kota Palu dan produk apa yang paling disukai.

Menjalankan Bisnis yang Laku Setiap Hari

Jika kita memiliki budget terbatas apalagi budget tersebut di biayai dari modal kredit maka dana tersebut harus cepat berputar. Ditambah lagi kita memiliki modal sendiri yang tipis maka bisnis yang kita bangun harus memiliki akselerasi yang cepat.

Apabila kita tertarik melakukan usaha perdagangan, maka penting diketahui usaha dagang yang laku tiap hari. Orang akan mencari produk yang kita jual jika memang komoditas tersebut diperlukan oleh konsumen tempat kita berjualan. Penjual di Kota Palu sangat banyak. Begitulah kondisinya ibu kota propinsi yang ramai di datangi para penjual.

Usaha yang dibutuhkan masyarakat tiap hari akan menjamin bisnis kita tetap hidup, lancar dan menguntungkan. Walaupun di sana sini banyak penjual, namun dengan metode yang tepat dan memahami perilaku konsumen kita akan dapat bersaing.

Ketika kita membuka usaha yang cepat laku dan menguntungkan, maka beban modal kredit yang kita gunakan bisa aman-aman saja, sepanjang kita fokus dan tidak menyimpang dari rencana yang sudah kita buat. Kali ini penulis akan menunjukkan 10 bisnis paling laris di Kota Palu yang perlu sahabat perhitungkan.

10 Bisnis Paling Di Minati Konsumen di Kota Palu

Sebelum kita membuka usaha, penting di kenali terlebih dahulu kondisi lokasi atau pasar dimana kita menjual. Jangan ikut-ikutan menjual karena berpikir produk tersebut lagi trend dan sebagainya. Kita harus ingat bahwa segala bentuk bisnis kuncinya adalah konsumen. Jika konsumen tidak berminat maka bisnis yang kita bangun bakal sepi pengunjung.

1. Bisnis Warung Makan, Masakan Rumahan

Siapa yang tidak tertarik dengan makanan, semua orang mencarinya dengan gaya dan pola makan berbeda-beda. Bisnis kuliner tidak ada matinya. Dapat ditemukan di banyak tempat di Kota Palu. Biasanya konsumen langsung mengkonsumsi di tempat juga sebagian di bawa pulang untuk keluarga di rumah.

Depot 99 di Jl. Maluku No.14 Kota Palu
Kadang orang tidak ingin di repotkan dengan kesibukan memasak. Apalagi bagi seseorang yang banyak beraktifitas di luar rumah, tidak memiliki kesempatan untuk memasak. Kondisi ini kita manfaatkan dengan membuka usaha misalnya warung makan. Warung makan pun perlu dipilih.

Biasanya konsumen ingin yang lebih praktis. Makanya warung tegal atau berlokasi di pinggiran jalan banyak di serbu konsumen karena sifat kepraktisanya. Hal penting lainnya adalah kebersihannya. Mungkin orang sekali saja membeli di tempat itu jika menemukan hal-hal yang kurang mengenakan baginya.

Penampilan pelayan juga penting. Jangan sampai ketika konsumen datang, semuanya dalam kondisi berantakan. Penampilan pelayan yang kurang mendukung akan menghilangkan minat konsumen untuk mengkonsumsi makanan di tempat itu.

Apalagi jika berkaitan dengan pola makan yang sehat, maka bisnis yang kita bangun harus benar-benar memenuhi asupan makanan yang sehat bagi tubuh. Tidak dimaksudkan terlalu mewah. Sajian rumahan saja sudah cukup dan masyarakat Kota Palu sangat menyukai kunier rumahan. Contohnya rumah makan prasmanan yang berlokasi di Jl. Maluku Kota Palu yang banyak diminati konsumen.

2. Jual Buah-Buahan

Bisnis buah-buahan makin digemari saat ini. Kondisi tersebut didorong banyaknnya program kuliner melalui media informasi sehingga masyarakat makin sadar akan pentingnya buah-buahan. Semakin banyaknya informasi tentang hidup sehat, maka makin memberikan keuntungan bagi bisnis buah-buahan.

Sahabat bisa membuka usaha ini di Kota Palu. Usaha ini tidak terlalu membutuhkan tempat yang strategis. Bisa pakai gerobak yang bisa di dorong, juga bisa menempati area tertentu di depan toko yang diizinkan pemiliknya. Hanya saja bisnis ini perlu ketelitian dan pengetahuan. Sifat buah yang cepat rusak membutuhkan penanganan yang tepat.

3. Jualan Somai

Pengalaman penulis yang suka jalan-jalan sore atau malam hari di jalanan Kota Palu menyaksikan  banyaknya masyarakat yang menyukai jajanan Somai. Bahkan dekat rumah penulis ada penjual Somai yang setiap malam ramai di serbu pembeli. Somainya enak, bersih dan empuk di makan. Dari sore hari sampai malam hari tetap ramai pengunjung. Pendapatannya cukup besar.

Bisnis ini sangat simpel tetapi keuntungannya Wow! lumayan besar. Tidak membutuhkan tempat yang strategis karena menggunakan gerobak yang ditarik sepeda motor sehingga bisa di pindah-pindahkan. Penulis sering membeli di tempat ini kemudian di bawa kerumah untuk dinikmati bersama keluarga. Bahkan isteri penulis (Santi) sangat menyukai Somai di tempat ini.

4. Bisnis Warung Kopi

Saat ini Warung Kopi atau WARKOP tidak lagi hanya berfungsi untuk tempat menikmati secangkir Kopi. Namun telah berubah menjadi tempat berkumpul, tempat bertemu dan berbincang. Biasanya pembicaraan tentang bisnis, politik dan lainnya sering dilakukan di Warung Kopi.

Proses pembuatannya yang simpel di tambah lagi dengan keuntungannya yang lumayan besar membuat bisnis ini makin menggeliat di Kota Palu. Sahabat bisa melakukannya secara sederhana dengan mempelajari cara membuatnya. Peralatannya juga banyak tersedia di berbagai swalayan yang ada di Kota Palu.

5. Jualan Sembako

Warung sembalo dimana-mana memang tetap di kunjungi pembeli. Di Kota Palu bisnis ini tetap berjaya. Lihat saja di pinggir-pinggir jalan Kota Palu banyak yang membuka usaha warung sembako. Walaupun keuntungannya sedikit, yaaah! sekitar 10% dari total penjualan, namun usaha ini sangat lancar.

6. Bisnis Pencucian Kendaraan

Bisnis yang satu ini memang tidak ada matinya. Sampai kapanpun bisnis ini tetap hidup. Inilah bisnis sepanjang masa. Kondisi geografis Kota Palu membuat bisnis ini sangat di butuhkan masyarakat. Sifatnya yang praktis membuat bisnis ini sangat menguntungkan. Modalnya tidak terlalu besar jika itu hanya untuk sepeda motor. Tidak terlalu membutuhkan keahlian.

7. Bisnis Loundry

Masyarakat sekarang menyukai hal-hal yang lebih simpel, praktis, murah dan menguntungkan. Bisnis Loundry sangat cocok untuk kondisi tersebut. Di Kota Palu, bisnis ini tetap hidup dan bertahan. Penulis sendiri sampai saat ini menggunakan jasa Loundry. 

Baca Juga: Bisnis Rumahan, Sederhana dan Menguntungkan


8. Jualan Snack dan Kebutuhan Lain di Lokasi Wisata

Lokasi wisata merupakan tempat pertemuan banyak orang. Sering kali setelah seharian menikmati fasilitas wisata, maka pengunjung membutuhkan makanan, snac dan lain-lain. Sementara itu pusat perbelanjaan kadang sangat jauh dari lokasi wisata. Misalnya ketika berwisata ke Tanjung Karang, Taman Kota, Permandian Mantikole dan lain-lain.

Sahabat bisa membuka usaha jajanan yang dibutuhkan para pengunjung. Semakin sering berjualan ditempat itu, maka pengunjung semakin mengenal usaha kita. Kita bisa mengangkut jualan menggunakan kendaraan roda empat atau kita bisa memboncengnya di sepeda motor. Pokoknya bisnis ini praktis dan menguntungkan.

9. Jualan Pulsa

Bisnis yang satu ini tidak ubahnya seperti bisnis bahan bakar. Setiap hari, setiap jam orang membutuhkan pulsa. Tidak terbatas pada pulsa telepon, pulsa paket internet juga menjadi buruan pembeli. Hampir semua orang memiliki handphone. Bahkan sebagian orang memiliki lebih dari satu handphone. Jualan pulsa menjadi bisnis paling laris sejagat. Walaupun keuntungannya tergolong kecil, tetapi akumulasi penjualan dan keuntungan pastinya akan menjadi besar.

10. Jualan Sayur keliling

Bisnis ini paling menguntungkan untuk digeluti. Bermodalkan sepeda motor, kita bisa menjual kemana kita mau. Ibu-ibu biasanya sudah menunggu di pagi hari untuk berbelanja sayur dan kebutuhan dapur lainnya. Barang-barang dapat di beli di pasar dan ditoko kemudian di jajakan kemana-mana.


Berbagai pilihan binis di atas bisa menjadi referensi sahabat untuk membuka usaha di Kota Palu. Kita berikhtiar dengan keyakinan yang mantap disertai doa. Niscaya akan berhasil. Semua orang-orang besar dan berhasil awalnya dimulai dari hal-hal yang dianggap sepele tetapi lambat laun menjadi bisnis besar.

Referensi dan Sumber Lain

  • https://wikipeluangusaha.com/peluang-usaha-di-palu.html?amp
  • https://www.kolomsatu.com/bisnis-yang-laku-setiap-hari.html
  • https://rumus.co.id/peluang-usaha/
  • http://peluangusahadikota.blogspot.com/2017/04/peluang-usaha-di-kota-palu.html
  • https://www.dokterbisnis.net/daftar-peluang-usaha-yang-menjanjikan/
  • https://www.maxmanroe.com/bisnis-yang-laku-setiap-hari.html
  • https://peminjam.com/bisnis-paling-laku-setiap-hari/
  • https://www.destiku.net/peluang-usaha-terbaru-dan-terlaris-yang-potensial/
  • https://www.sultengterkini.com/2017/03/20/4-usaha-dengan-modal-rp-1-juta-apa-saja/

Sahabat bisa menambahkan jenis usaha lainnya yang kebetulan di ketahui paling cocok di lakukan di Kota Palu. Masukan dari sahabat bisa menjadi referensi bagi sahabat lainnya yang berminat untuk berusaha di Kota Palu. Penulis sangat berterima kasih atas atensi sahabat untuk memberikan pendapat atau komentar. Penulis senantiasa membalasnya. Silahkan kirimkan di kolom komentar.

Sahabat juga bisa berlangganan konten dengan mengirimkan email dan menekan tombol berlangganan. Penulis akan senantiasa berusahan menulis konten menarik lainnya dan terus belajar untuk memberikan yang terbaik bagi sahabat sekalian. Penulis mengucapkan terima kasih atas kunjungannya.

Gratis, Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email:

0 "10 Bisnis Paling Laris, Sederhana dan Praktis di Kota Palu"

Post a Comment

Tambahkan komentar, terkait tulisan di atas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel