Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

30 Sumber Informasi Merintis Bisnis Berpeluang Berhasil

30 Sources of Information on Starting a Successful Business

Sumber informasi - mengenai bisnis terbaik yang patut sahabat kelola pada dasarnya banyak dan bervariasi. Orang-orang juga berbeda dalam menentukan usaha yang akan dijalaninya. Pemilihan bisnis yang tepat, akan membuat pemilik usaha serius mengelola bisnisnya. Lagi pula dengan informasi yang tepat akan membawa bisnis tersebut berhasil.

1. Melakukan Observasi Sendiri

Sahabat menginginkan bisnis lancar, normal dan tahan banting, salah satunya perlu dilakukan observasi. Observasi itu sendiri adalah pengamatan angsung dilapangan untuk memperoleh data-data primer. Selain dapat menggunakan lembaga riset atau jasa survei, sahabat juga boleh melakukannya sendiri. Bahkan saat ini banyak tersedia survei secara online. Melalui survey semacam ini, menjadi lebih mudah dan praktis mendapat banyak informasi.

Misalnya Informasi daya beli konsumen, perkembangan harga, karakteristik pasar dan lain-lain. Data-data tersebut diperoleh langsung dari pelaku pasar. Saat ini survey pasar amatlah penting. Bisa sahabat lakukan sendiri. Jika sahabat lakukan sendiri, sahabat bisa mengecek langsung kebenaran berita itu. Melalui survei sahabat dapat mengambil kesimpulan mengenai usaha yang pantas untuk di jalani.

2. Informasi dari Teman Kerja

Seringkali karyawan atau pegawai kantor saling mengajak diskusi di sela-sela makan atau istirahat. Mereka pada dasarnya memiliki lingkungan pergaulan yang mungkin berbeda dengan sahabat. Mereka dapat saja memperoleh informasi  mengenai jenis-jenis bisnis yang menarik dan menguntungkan.  Nah! Bagi sahabat yang sedang mencari ide bisnis merintis usaha, bisa jadi mereka dapat  memberi masukan tentang usaha apa yang menarik untuk di jalani sehingga menguntungkan dan sukses

3. Informasi Tetangga

Tetangga rumah termasuk pihak yang juga banyak bersentuhan dengan aktifitas berbelanja. Mereka juga memiliki referensi tempat dimana yang sebaiknya mereka berbelanja. Mereka mungkin banyak berhubungan dengan market place seperti bukalapak dan shopee. Bahkan bagaimana cara belanja di shopee cod bagi pemula sudah sering mereka lakukan. Dari tetangga ini sahabat bisa bertanya apa yang sebaiknya diusahakan agar laris manis. Mereka bisa memberi alternatif usaha sehingga sahabat bisa memilih.

4. Informasi dari Konsumen

Biasanya sumber informasi dari konsumen paling banyak di gunakan sebagai referensi mendirikan usaha. Konsumen memang paling banyak tahu karena mereka memiliki banyak pilihan untuk berbelanja. Mereka bisa berpindah-pindah lokasi berbelanja. Mulai dari jenis produk, lokasi, pelayanan, harga dan lain sebagainya bisa mereka ukur ketika berbelanja. Sahabat bisa menanyakan kepada mereka perihal usaha paling laris.

Dari konsumen bisa di peroleh pilihan bisnis yang cocok untuk sahabat. Lagi pula bisnis tersebut memang di sukai oleh konsumen. Konsumen semakin bebas menggunakan berbagai fasilitas perdagangan. Sekarang ini hak-hak konsumen di lindungi. Contohnya konsumen ojk yang terlindungi haknya oleh ojk sendiri. Melalui perlindungan itu maka konsumen makin bebas bertransaksi dan aman.

5. Informasi Pemasok Barang

Informasi dari pemasok barang, pensuplay atau istilahnya pedagang besar dapat menjadi dasar pilihan bisnis. Para pemasok memasarkan berbagai macam jenis barang. Mereka juga menerima laporan perkembangan penjualan dari produk yang mereka jual ke pengecer. Disini sahabat bisa memperoleh informasi dari pemasok mengenai peluang pasar menyangkut produk tertentu apakah prospeknya bagus atau tidak.

6. Informasi Iklan Di Televisi dan Radio

Biasanya nih! Lagi asik-asiknya nonton,..eee muncul pariwara atau iklan. Biasanya iklan berlalu begitu saja tanpa di simak. Nah! Bagi yang lagi ngerintis usaha nih, boleh-boleh saja dapat info dari iklan-iklan yang berseliweran di televisi ataupun radio. Dari situ sahabat mendapatkan inspirasi mengenai usaha yang cocok dan menarik dijalani.

Adapun contoh iklan yang biasanya tampil di layar kaca seperti iklan makanan dan minuman. Seringkai produk yang dipromosikan itu adalah produk baru atau pun produk lama yang disegarkan kembali lewat iklan. Jadi sahabat bisa dapat inspirasi megenai produk yang di butuhkan kemudian bisa laku di pasaran

7. Berita di Televisi dan Radio

Perkembangan dunia usaha sering diberitakan melalui televisi pemerintah maupun swasta. Misalnya usaha umkm 2021. Berbagai berita seputar perkebangan usaha dan bisnis potensial akan memberi ide kepada sahabat yang lagi merintis usaha. Banyak perbandingan yang bisa dilakukan karena adanya informasi tersebut. Jadi untuk menghindari resiko tinggi maka sahabat dapat menyimak terlebih dahulu berita seputar dunia usaha.

8. Acara Talkshow di Televisi

Di beberapa program televisi ada yang menyediakan diskusi seputar dunia usaha. Acara ini sebetulnya sangat menarik di tonton masyarakat. Acara seperti ini akan menggugah jiwa kewirausahaan dan terutama mendatangkan inspirasi mengenai usaha apa yang cocok atau menarik buat di jalani. Beberapa contoh program televisi nasional dan luar negeri bertema bisnis yaitu:

  • Bisnis hari ini di Metro TV
  • Jendela Usaha di TVONE
  • Kick Andy di Metro TV
  • Hitam Putih di TV Trans7
  • Bosan jadi pegawai di Trans TV
  • How I Made My Millions di TV CNBC
  • TechStars di Bloomberg TV
  • This Week in Startups atau TWIST
  • The Office
  • Apprentice
  • Shark Tank
  • Jejak si gundul
  • Eagle Dokumenter
  • Si Bolang
  • Laptop Si Unyil

9. Informasi dari Website

Saat ini website telah menjdi bagian penting dari kehidupan organisasi. Secara umum organisasi saat ini memiliki sistim informasi berbasis digital dan terintegrasi dengan sistim manajerial perusahaan. Website telah memainkan peran yang sangat signifikan dalam mendukung kemajuan suatu organisasi.

Website mengambil peran paling banyak dalam menyebarluaskan perkembangan atau informasi organisasi. Apalagi menyangkut bisnis, website sangat bermanfaat guna mengenalkan produk dan memperluas pasar perusahaan. Website juga menjadi sumber inspirasi dalam mengembangkan bisnis tertentu. Banyak panduan yang diberikan para ahli melalui website untuk mejalankan bisnis tertentu.

10. Informasi dari Blog Pribadi

Blog-blog pribadi tumbuh dengan cepat. Blog tersebut memberikan banyak manfaat khususnya memberikan informasi seputar bisnis. Bahkan ada blog tertentu yang sudah terkenal mengulas hal-hal bertema bisnis. Blog ini kadang-kadang menyajikan penjelasan tentang usaha yang jarang tapi dibutuhkan. Jika sahabat menyimak sajian-sajian di blog-blog tersebut, sahabat dapat menemukan bisnis berpeluang dan belum banyak persaingannya. Contoh eberapa blog yang bisa jadi sumber inspirasi yaitu:

  • Niagahoster blog
  • BisnisHandal.com
  • Maxmanroe.com
  • MoneySmart.id
  • Cermati.com
  • Alona

11. Penjual Online

Sekarang ini pemasaran online telah menjamur dimana-mana. Bahkan penjual online bersaing begitu ketat dengan para penjual offline. Cara pemasaran produk online semakin diminati oleh masyarakat. Nah! Teman-teman, biasanya nih! para penjual online memiliki banyak pengalaman dan informasi. Dari sini sahabat bisa menanyakan informasi mengenai perkembangan bisnis tertentu. Tentu bisa di telusuri usaha-usaha yang berpotensi menguntungkan untuk di buka.

12. Penjual Offline

Selain penjualan online, sahabat juga bisa berbincang dengan penjual offline. Dari mereka bisa di peroleh informasi seputar usaha-usaha menarik yang berpotensi menguntungkan. Para penjual offline biasanya kedatangan pembeli kemudian terjalinlah komunikasi. Disinilah biasanya mengalir informasi penting tentang perkembangan usaha. Sahabat dapat memperoleh informasi mengenai usaha dengan peluang yang bagus.

13. Pameran Industri

Adanya pameran industri akan terjadi pertukaran informasi antara pengunjung, penyelenggaran dan antara pengunjung itu sendiri. Pameran industri makin gencar dilakukan, baik pameran secara virtual maupun secara langsung.

Penulis sering mengikuti pameran yang bertajuk kewirausahaan. Penulis banyak sekali mendapatkan informasi seputar usaha-usaha kerajinan dan UKM lainnya. Informasi yang penting ini sekaligus memotivasi penulis untuk merintis usaha penjualan sembako.

14. Pakar Bisnis/Konsultan

Sahabat bisa bertanya kepada para pakar misalnya para akademisi atau para dosen yang ahli dalam bidangnya. Termasuk para konsultan manajemen bisnis. Biasanya para konsultan bertindak sebagai pendamping atau pembina dari kelompok usaha tertentu. Dari mereka bisa di peroleh informasi mengenai resiko bisnis pada bidang-bidang tertentu. Para konsultan biasanya telah menyediakan jasanya melalui konsultan bisnis online.

15. Komunitas Bisnis

Saat ini ada berbagai komunitas telah hadir seiring makin mudahnya mendapatkan akses internet. Termasuk komunitas bisnis digital, komunitas pengusaha, komunitas bisnis anak muda dan masih banyak lagi. Melalui komunitas ini sahabat mendapatkan banyak informasi seputar bisnis yang lagi trend. Dari komunitas ini pula ada banyak tips dan trik serta pengalaman dari anggota komunitas yang bisa sahabat jadikan pertimbangan.

16. Seminar atau Webinar

Berbagai seminar sangat membantu sahabat menemukan bisnis yang paling tepat. Saat ini banyak seminar atau webinar di adakan. Baik yang berbayar maupun gratisan. Misalnya seminar wirausaha. Seminar ini menghasilkan banyak informasi seputar pemilihan bisnis dan cara mengelolanya. Ada juga seminar jualan online. Biasanya dalam seminar seperti ini diajarkan bagaimana membuat proposal usaha. Bahkan membuat proposal seminar online juga di ajarkan. Maklum saat ini banyak yang menyelenggarakan seminar online.

17. Informasi dari Youtube

Profesi youtube semakin menjadi pekerjaan yang diminati di Indonesia. Banyaknya informasi yang ditawarkan dari youtube makin mempermudah banyak orang. Bagi sahabat yang ingin mencari informasi seputar kehidupan bisnis dan mencari bisnis yang tepat maka dapat menggunakan channel youtube. Biasanya sebagian orang merasa lebih nyaman nonton video youtube ketimbang harus membaca. Maka bagi sahabat bisa menyimak beberapa video yang penulis tunjukkan.

SuccessBefore30

Channel kepunyaan Chandra Putra Negara ini menyajikan berbagai macam alternatif yang bisa sahabat pilih terutama dalam memilih bisnis yang paling tepat. Disini banyak tips yang diberikan Chandra sehingga membuka wawasan sahabat dalam merintis sebuah usaha. Materinya menarik, penyajiannya jelas dan memicu motivasi untuk berkarya. Olehnya itu channel ini termasuk channel youtube unik dan bagus.

Rico Huang

Channel yang diasuh oleh Rico Huang ini terkenal karena berbagai masukan dan informasi bagi para penontonnya. Mengikuti langkah Rico adalah suatu kehebatan sebab dia memulai bisnisnya sendiri dan mandiri di usia muda. Melalui channel ini banyak pendapat yang bisa di jadikan pegangan sebelum sahabat memulai bisnis. Berbagai bisnis sebagaimana bisnis Rico Huang bisa jadi referensi yang bermanfaat.

ZAPFinance TV

Kanal youtube yang satu ini di asuh seorang wanita cantik bernama Prita Ghozie yang merupakan salah seorang lulusan Fakultas Ekonomi UI. Dalam youtubenya banyak membahas bagaimana melakukan perencanaan keuangan secara mandiri dan juga moderen. Jadi walaupun kebutuhan melonjak, sahabat bisa mengatur keuangan sendiri. Dari kanal youtube ini bisa dieroleh inspirasi tentang usaha apa yang paling tepat untuk di jalani. Olehnya itu simak di kanal youtube ini.

TEDx Talks atau TED

Channel ini banyak hadir orang-orang berhasil. Disini sahabat bisa menyimak banyak informasi dan masukan menarik sebeum merintis sebuah bisnis. Channel ini menularkan semangat dan motivasi kuat untuk berwirausaha. Mungkin sahabat tertarik silahkan di ikuti videonya.

Evan Carmichael

Jati diri pemiliki akun sangat inspiratif. Sangat cocok dijadikan panutan bagi yang ingin merintis usaha. Jiwa kewirausahaanya yang besar memberi energi positif bagi sahabat guna merintis usaha. Dalam kanal youtube ini banyak di bahas mengenai rutinitas para pengusaha yang berhasil dan membahas hal-hal inspiratif seorang pebisnis sukses. Sahabat dapat menyimak dan mengambil pelajaran dari mereka yang telah lebih dahulu berhasil.

18. Buku Bisnis

Banyak sekali buku-buku yang bisa menginspiratif. Sahabat bisa memilih jenis bisnis tertentu dari apa yang dijelaskan dalam buku tersebut. Beberapa buku yag berhasil penulis referensikan buat sahabat sekalian antara lain:

  • Bisnis Modal Gratisan Hasil Jutaan (Jefferly Helianthusonfri)
  • Kiat Sukses Bisnis Ikan Patin (Triyanto)
  • Jago jualan di instagram (Rico Huang)
  • Cara Jitu Meyakinkan Calon Pembeli - Buku Bisnis Online (Aditya Nugroho-Hermas Puspito)
  • Buku Bisnis Warnet & Game Online - Penebar Plus (Wardoyo)
  • Buku Kerajinan Bunga Kering: Inspirasi Baru Bisnis Rumahan (Lilian)
  • Buku Seni Menjual : Perspektif Bisnis, Ide-ide Penjualan (Ali Arifin)

19. Majalah Bisnis

Selain buku, terdapat banyak majalah yang intens membahas bisnis terkemuka. Baik dalam negeri maupun luar negeri. Majalah ini sering menjadi best seller karena sangat disukai pembacannya. Dari majalah ini terdapat kasus-kasus bisnis yang menarik. Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari majalah bisnis. Paling tidak sahabat bisa belajar banyak, melihat sebesar apa resiko suatu bisnis tertentu.

  • Majalah Warta Ekonomi
  • Majalah Tabloid Peluang Usaha
  • Majalah Marketers
  • Majalah Kontan
  • Majalah SWA
  • Majalah Bisnis UKM
  • Majalah Publicity
  • Majalah Marketing

20. Berita dan Iklan di Radio

Dulu biasanya penulis suka santai sambil mendengarkan radio. Ditemani sepiring pisang goreng dan segelas teh. Sungguh luar biasa nikmatnya. Dari berita radio biasanya ada ulasan berita dan dunia usaha berupa bisnis yang lagi viral. Jadi, pada dasarnya radio memiliki tempat sendiri di hati masyarakat. Walaupun saat ini serba canggih.

Orang sekarang sudah beralih ke tayangan youtube dan lainnya, namun radio masih di sukai masyarakat. Misalnya berita RRI seperti pada website RRI menyajikan berita webinar Kampus Ungu, UMKM Peran Penting Perekonomian Nasional. Kemudin ada juga berita mengenai produk Jamu Herbal Indonesia Diminati Pasar Nigeria. Selain berita tersebut, sahabat juga mendapatkan informasi lewat iklan-iklan yang ditampilkan. Sahabat dapat memperoleh ide bisnis yang menarik.

21. Facebook

Saat ini siapa sih! yang tidak mengenal media sosial. Mungkin secara makro dan Indonesia khususnya telah menjadi bagian dari komunitas pengguna media social. Misalnya facebook yang memiliki pengguna sangat besar. Sekitar 1,8 milyar pengguna facebokk perhari. Sungguh luar biasa.

Bagi yang ingin memperoleh informasi seputar bisnis yang disukai maka facebook salah satu media paling tepat. Pertemanan di facebook telah memberikan begitu banyak informasi dunia usaha dan berbagai informasi lainnya. Jadi facebook merupakan salah satu sumber informasi bagi sahabat yang ingin memperoleh referensi usaha.

22. Iklan di Blog

Seringkali sahabat membuka sebuah blog menunjukkan ada beberapa iklan yang tayang di blog tersebut. Kalau sahabat perhatikan ada beberapa materi biasanya dalam iklan tersebut yang memberikan infromasi seputar usaha. Adapula yang menginspiratif untuk menjalankan usaha tertentu.

23. Surat Kabar (Koran atau Tabloid)

Kalau yang satu ini sudah jelas merupakan sumber informasi paling legendaris. Bahkan saat ini banyak bermunculan Koran online. Berita seputar dunia usaha, produk dan hal-hal yang berhubungan dengan bisnis disajiakn secara jelas di surat kabar. Sahabat bisa mendapatkan ide atau inspirasi  dalam upaya membuka sebuah bisnis yang menguntungkan.

24. Para Pesaing

Persaingan antara perusahaan seringkali terjadi. Dari persaingan ini dapat diamati bagaimana sebuah bisnis dapat bertahan menghadapi situasi persaingan yang sangat kuat. Sahabat dapat mengukur seberapa produktifinya perusahaan sehingga benar-benar tetap eksis. Dari situ sahabat bisa menyimpulkan bahwa usaha seperti itu dapat diandalkan dalam berbagai situasi. Biasanya dari beberapa perusahaan dengan produk yang sama akan menjadi kompetitor bagi perusahaan lain.

25. Para Karyawan

Sumber informasi lainnya adalah bertanya pada wiraniaga atau karyawan di sebuah perusahaan. Mereka ini sebenarnya banyak tahu tentang perkembangan usaha. Jika mereka menganggap omzet usahanya naik turun maka mereka akan mengatakannya. Hal ini bisa menjadi referensi bagi sahabat untuk melihat seberapa besar resiko usaha ini ketika di jalankan.

26. Laporan Hasil Penelitian

Berbagai hasil penelitian menjadi sumber informasi yang sangat akurat. Penelitian dilaksanakan oleh pihak yang memahami metodenya sehingga diharapkan ada informasi yang dihasilkan untuk para pengguna laporan. Misalnya hasil penelitian mengenai kewirausahaan di sebuah kota. Dari hasil penelitian ini bisa diperoleh jenis usaha apa yang paling laris di kota tersebut. Berdasarkan hal itu sahabat memiliki gambaran tentang prospek usaha yang akan di dirikan.

27. Acara Demo Resep Masakan dari Para Selebrity

Kesempatan ini juga bisa digunakan sebagai sumber informasi. Banyak di tayangkan di televisi acara yang dipandu oleh selebrity atau menjadi bintang tamu dalam acara tersebut. Biasanya acara resep masakan yang dilakukan di studio.

Sahabat bisa melihat resep-resep masakan yang disukai. Jika sudah di tayangkan di televisi seperti itu paling tidak resep tersebut dapat dicoba karena sudah dikenal luas. Artinya stasiun televisi telah membatu untuk menyebarkan informasi sehingga kadang-kadang tayangan tersebut berubah menjadi viral.

28. Pesta Pernikahan

Pesta pernikahan merupakan pertemuan banyak orang dari berbagai kalangan. Tidak heran di pesta pernikahan banyak diperoleh informasi. Asal jangan membicarakan aib orang ya!. Sahabat yang kebetulan menghadiri sebuah pesta pernikahan, coba-coba deh! Ngobrol sama  teman-teman di pesta. Biasanya ada informasi bisnis yang dibicarakan. Ini kesematan terbaik. Harus cari waktu dan kesempatan yang tepat untuk bisa berkumpul lagi.

29. Driver Ojol atau Sopir Taxi

Seorang driver atau sopir taxi memiliki banyak informasi baik diperoleh langsung maupun dari penjelasan para penumpangnya. Biasanya nih! sahabat asyik aja ngobrol sama om-om ojol, eh tiba-tiba si om ojol ngasih tahu bahwa ia sering singgah dan ngopi di warung sono no!. Kenapa om ojol suka banget singgah disitu, ternyata, oh ternyata ngopi ditempat itu asyik!. Kopinya enak, dan sering diskusi ditempat itu seputar bisnis. Akhirnya si om ojol ngasih penjelasan kesahabat bahwa usaha yang cocok adalah warung kopi. Nah! ketemu kan!

30. Pemilik Usaha Sejenis

Bagi orang yang sudah menjalankan usaha sejenis tentu memiliki banyak pengalaman. Hal-hal menyangkut resiko usaha sudah pernah di hadapi. Lagi pula usaha tersebut sudah di jalani dalam waktu yang lama. Usaha  telah menyatu dalam kehidupan sehari-harinya. Sahabat bisa bertanya pada yang bersangkutan agar memahami benar apa yang perlu disiapkan sebelum menjalankan usaha.

Sumber dan Referensi Lainnya

  • https://www.ukmsumut.com/sumber-informasi-peluang-usaha/
  • https://bisnishandal.com/
  • https://koinworks.com/blog/belajar-bisnis-lewat-youtube/
  • https://seon.co.id/majalah-bisnis-indonesia-terbaik/
  • https://www.jurnal.id/id/blog/ingin-memulai-usaha-dokumen-apa-saja-yang-harus-anda-siapkan/

Penjelasan di atas sebagian merupakan pengalaman penulis ketika merintis usaha penjualan sembako dan sebagian merupakan hasil riset keberbagai referensi. Sahabat juga bisa menambah referensinya melalui sumber-sumber yang penulis tunjukkan.

Terima kasih ya! sudah mampir di blog ini, semoga penjelasan di atas memberikan manfaat kepada sahabat sekalian. Penulis tetap berusaha menyajikan konten yang dibutuhkan. Penulis terus berusaha memperdalam pengetahuan untuk bisa memberikan yang terbaik. Semoga sahabat senantiasa dalam kondisi sehat!. Aamiin