Jurnal Sebagai Sumber Pengetahuan

Pemanfaatan hasil penelitian khususnya di Indonesia relatif masih rendah. Hal ini terlihat masih banyaknya hasil-hasil penelitian yang belum sepenuhnya menjadi acuan. Pada hal hasil penelitian yang dipublikasikan lewat jurnal sangat baik untuk pengembangan organisasi. banyak informasi yang bisa diperoleh dalam jurnal penelitian demi kemajuan organisasi itu sendiri. 


Rendahnya pemanfaatan hasil-hasil penelitian dapat saja disebabkan oleh dua hal, yaitu masih kurangnya fokus penelitian pada keinginan sponsor atau mungkin saja para pengguna yang masih belum menyadari sepenuhnya arti penting hasil penelitian. Pada hal banyaknya hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti, dosen maupun mahasiswa hanya tersimpan di perpustakaan kampus. Memang sebagian penelitian telah menjadi acuan namun belum sesuai banyaknya hasil penelitian dengan jumlah yang telah dimanfaatkan para pengguna. 

Jurnal sebagai sumber pengetahuan yang harus dimanfaatkan
Apa yang salah dari kondisi ini? siapa yang patut di salhakan?. Menyadari akan hal itu pemerintah berusaha keras mendorong para peneliti, dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan penelitian baik segi kuantitas maupun kualitas. Publikasi hasil penelitian telah dilakukan di banyak media cetak maupun elektronik. Namun sebatas kepentingan insidensil dalam artian masih jauh dari pemanfaatan sebagai akibat dari kesadaran akan pentingnya  hasil penelitian.Salah satu media publikasi adalah jurnal. 

Pemerintah telah banyak memberi fasilitas untuk ini melalui pemberian izn terbit jurnal, baik berskala nasional, nasional terakreditasi maupun internasional. Diperguruan tinggi pun telah diorganisasikan dengan sangat baik melalui SINTA sehingga terintegrasi kedalam SISTER perguruan tinggi.  

Salah satu jurnal yang sering digunakan termasuk saya sendiri adalah Jurnal Ekonomi Trend. Dimana saya termasuk pendiri dari jurnal ini di Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat. Jurnal Ekonomi Trend memiliki jangkauan fokus publikasi yang luas mulai dari bidang pemasaran, produksi, keuangan, sumber daya manusia, akuntansi sampai pada pengelolaan artikel sistim manajemen informasi. 

Jurnal Ekonomi Trend telah banyak diterbitkan dan sangat membantu para dosen dalam mempublikasikan penelitiannya. Dalam proses pembelajaran terutama bagi dosen pengampu mata kuliah metodologi penelitian sangat terbantu dengan adanya jurnal kampus. banyak contoh kasus yang disajikan dalam jurnal. Bahasanya yang ringan memberi kemudahan bagi pembaca terutama mahasiswa dalam memahami metodologi penelitian.  

Harapan saya hasil penelitian hendaknya menjadi sumber acuan untuk memperkokoh penemuan-penemuan ilmiah yang nantinya dipatenkan kesebuah produk yang memberi manfaat banyak orang.

Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga pembaca memperoleh manfaat. Mohon dikirimkan komentarnya jika ada saran dan kritikan yang konstruktif untuk penyajian konten berkualitas berikutnya. Jika ingin berlangganan silahkan kirimkan email kamu dan tekan tombol berlangganan. 

Berlangganan via Email