5 Tugas Penting Pusat Studi Untuk Meningkatkan Daya Saing Perguruan Tinggi

Pengantar

Penulis telah lama berkecimpung dalam pusat studi. Penulis termasuk pendiri di beberapa pusat studi.Salah satu pusat studi yang penulis bina saat ini adalah Pusat Kajian dan Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi disingkat PUSJIP.UMKMKOP. Pusat studi ini berada dalam naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat atau di kampus penulis namanya LP2M.

Penulis ingin menegaskan! bahwa perguruan tinggi memiliki peran yang sangat strategis dalam pembangunan nasional. Sumber-sumber pengetahuan baru, inovasi melalui aktifitas penelitian bisa menciptakan kesejahteraan, pada dasarnya sudah lama diharapkan datang dari kampus.

pusat-studi

Kampus menjadi sumber pemikiran, ketetapan-ketetapan atau aturan-aturan yang menjadi dasar pengambilan keputusan ditingkat kampus itu sendiri atau pemerintah. Olehnya itu kinerja kampus harus benar-benar baik. Pengelolaan sumber daya manusia di kampus harus terus berubah sesuai tuntutan perkembangan.

Salah satu yang menjadi penggerak inovasi di kampus adalah adanya pusat-pusat studi. Dari pusat studi diharapkan lahir pemikiran yang inovatif, strategis menjadi acuan dalam menggerakan bidang-bidang pembangunan. Sebagai wujud pengabdian pada masyarakat maka pusat studi diharapkan hadir dalam memecahkan berbagai persoalan keejahteraan.

5 Fungsi pusat studi mendukung daya saing kampus

Beberapa waktu lalu kami melaksanakan semacam pertemuan untuk shering pengetahuan antar pimpinan pusat studi. Kegiatan ini di selenggarakan oleh LP2M Universitas Alkhairaat. Selain melakukan konsolidasi organisasi, kami mencoba menemukan hal-hal penting yang bisa di lakukan untuk mendukung pemerintah ditingkat daerah dalam kaitannya dengan tatanan kehidupan normal.

Dalam pertemuan tersebut dilakukan evaluasi seluruh program kegiatan pusat studi yang ada di lingkungan Universitas Alkhairaat. Kegiatan tersebut berjalan dengan sangat serius dan menghasilkan poin-poin penting yang harus dilakukan oleh pusat studi salah satunya merancang program terkini yang inovativ untuk ditindaklanjuti oleh LP2M.

Menyangkut eksistensi pusat studi di kampus, penulis melihat perlunya peningkatan beberapa fungsi pusat studi sebagai berikut:

1. Implementasi Pemikiran Strategis dari Kampus

Sebagai sumber pengetahuan dan karya-karya inovatif, maka kampus dituntut mampu mengimplementasikan semua itu untuk kesejahteraan masyarakat. Pusat studi adalah yang terdepan menerapkan hal itu. Melalui program-program yang tersistimatis harus dapat menyampaikan pesan ini pada masyarakat. Pusat studi dapat bekerjasama dengan para mitra untuk memaksimalkan hasilnya.

2.Mitra mahasiswa dalam kajian-kajian ilmiah

Keberadaan pusat studi akan menguntungkan mahasiswa. Terutama pengkajian yang berkaitan dengan hasil-hasil penelitian mahasiswa. Jadi penelitian mahasiswa tidak berakhir di perpustakaan saja, namun terimplementasikan dalam berbagai program pusat studi. Ketika masuk dalam program pusat studi maka secara otomatis akan di bawa ke masyarakat.

3. Mitra Dosen 

Para dosen akan terbantu melalui pertemuan atau diskusi dngan pihak pusat studi. Pada dasarnya para dosen juga merupakan anggota pusat studi, jadi sangat memahami apa yang menjadi bahan penting untuk didiskusikan. Berbagai materi hasil kajian akan di bawa kembali ke mahasiswa untuk menjadi masukan dalam materi pembelajaran.

4. Mesin Pengetahuan

Pusat studi terdiri atas sumber daya manusia terpilih. Jadi sewajarnya pusat studi menjadi pencetus ide, gagasan penting dalam mendorong peningkatan daya saing kampus. Selain itu sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan di daerah atau secara nasional. Melalui pusat studi akan lahir berbagai kreatifitas yang bisa memberi jalan bagi masayarakat memperbaiki kehidupannya.

5. Pendamping Masyarakat

Dalam penerapan berbagai temuan, pusat studi menjalankan fungsi pendampingan. Hal ini untuk  mengawal rencana-rencana strategis sehingga terimplementasikan secara baik. Mensosialisasikan berbagai peraturan ataupun kebijakan pemerintah di tingkat masyarakat. Diharapkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat bertambah dan mencerahkan arah pembangunan.

Fungsi di atas dapat berkembang seiring dengan tuntutan yang terus berubah. Fungsi penting pusat studi sangat terkait dengan upaya menghadapi persaingan global di dunia pendidikan. Pusat studi diharapkan terus berinovasi guna mendukung penciptaan lapangan kerja baru. Mampu merangsang lulusan berkualitas sehingga dunia kerja diisi oleh mereka yang berkompeten. Semoga upaya tersebut benar-benar membawa perubahan yang semakin baik bagi bangsa ini. 

Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat bagi kalangan perguruan tinggi, mahasiswa, dosen dan praktisi supaya memberi hasil-hasil berguna untuk pengembangan kampus kedepan. Selain itu memberi kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat.

Penulis mengucapkan terima kasih telah mengunjungi blog ini. Silahkan dapatkan konten gratis dengan subscribe tombol di bawah. Mudah-mudahan sahabat sehat selalu dan sukses dalam menjalani hari-harinya.

Berlangganan via Email