Penelitian, Pengabdian dan Karir Dosen

Mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Perjalanan karir seorang dosen diwarnai dengan berbagai tantangan yang harus dihadapi. Ketika seseorang telah mengabdikan dirinya sebagai dosen maka melekat kewajiban padanya untuk melaksanakan tuntutan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya melaksanakan penelitian.

Kewajiban Meneliti Bagi Dosen 

Seseorang dikatakan dosen selain mampu melaksanakan pengajaran juga harus mampu melakukan penelitian. Justru penelitian memiliki bobot yang tinggi bagi seorang dosen. Sebagai agent perubahan, seorang dosen harus dapat menghasilkan karya-karya penelitian sebagai manifestasi dari sekian lamanya bergelut dengan hal-hal yang bersifat teoritis.

Tidak dapat ditawar lagi bahwa dosen harus turun ke masyarakat untuk melaksanakan penelitian atau riset. Tentunya disesuaikan dengan keilmuannya masing-masing. Saya sendiri sebagai dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat harus melaksanakan penelitian sebagai kewajiban saya.

Hasil Penelitian

Salah satu penelitian saya yang lolos seleksi tahun 2017 berjudul " KAJIAN FAKTOR PRIORITAS PENGEMBANGAN PERILAKU KEWIRAUSAHAAN (STUDI PADA MASYARAKAT NELAYAN DIKECAMATAN TINOMBO)".

penelitian-pengabdian-dan-karir-dosen

Point penting hasil penelitian tersebut yaitu secara berurutan skala prioritas  faktor-faktor pengembangan kewirausahaan di kalangan nelayan pesisir Kecamatan Tinombo yaitu dukungan promosi dan pemasaran merupakan faktor yang menjadi prioritas utama menurut kalangan nelayan.

Sejauh ini dukungan pemerintah membantu nelayan mempromosikan serta memasarkan hasil perikanan perlu ditingkatkan. Untuk membantu pemerintah dalam melakukan pembinaan maka nelayan perlu membentuk kelompok yang permanen. Maksudnya adalah kelompok ini akan secara terus menenerus dipantau perkembangannya oleh pemerintah sehingga seluruh program pembinaan secara total dapat dirasakan nelayan. 

Hasil kajian ini memberikan informasi yang jelas dan operasional kepada pemerintah daerah khususnya pemerintah desa pada delapan desa di Kecamatan Tinombo dalam menentukan program pemberdayaan masyarakat.

Pemerintah daerah Kabupaten Parigi Moutong mendapatkan tolok ukur tentang hasil-hasil pemberdayaan masyarakat khususnya dalam kehidupan ekonominya. Hasil kajian ini memberi petunjuk terhadap faktor tertentu yang diprioritaskan untuk dikembangkan sehingga ada rencana-rencan strategis yang bisa disiapkan pemerintah daerah. Pemerataan kesejahteraan dapat terwujud berdasarkan implementasi faktor yang diprioritaskan.

Terima kasih telah membaca artikel Melakukan Penelitian: Antara pengabdian dan tuntutan karir dosen. Berikan komentar jika dirasakan perlu dan berikan penilaian ya. Jika ingin berlangganan konten-konten lainnya silahkan kirim email dan subscribe di bawah ini. 

Berlangganan via Email