Air Terjun Sararudi, Destinasi Wisata Terbaru

Menikmati Sejuknya Air Terjun Sararudi di Desa Wisolo

Air Terjun - Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah memiliki kekayaan hutan juga menyimpan potensi wisata. Salah satunya destinasi wisata air terjun Sararudi.

Lokasi wisata ini terletak di Desa Wisolo Kecamatan Dolo Selatan. Perjalanan dapat ditempuh lewat darat dengan jarak yang sangat dekat dari Kota Palu. Air terjun Sararudi masih dikelola oleh warga setempat sehingga keasliannya masih sangat terjaga.

air-terjun-sararudi-destinasi-wisata
Air Terjun Sararudi

Membawa Bekal Untuk Dinikmati

Bagi sahabat yang ingin mengunjunginya, dapat membawa perbekalan untuk dinikmati sambil memandangi indahnya air terjun Sararudi. Jika datang bersama keluarga dapat membuat kemah kecil di sekitar air terjun. Setelah seharian menikmati air jernihnya, sahabat dapat bersantai sambil sesekali menikmati cemilan.

Bebatuan Besar dan Gemuruh Air yang Menyapa

Gemuruh airnya langsung terdengar ketika sahabat tiba di lokasi wisata. Pepohonan rindang yang terjaga keasriannya ikut menyapa kedatangan para pengunjung. Airnya mengalir diantara bebatuan. Para pengunjung dengan asyik duduk di atas bebatuan memandangi air yang mengalir nan jernih.

Terdapat bebatuan besar sehingga sahabat yang suka selfi memperoleh spot yang luar biasa. Keaslian tempat wisata ini menarik banyak pengunjung. Menghirup udara di lokasi ini sangat terasa ringan dan sangat sejuk ketika memasuki rongga hidung kita. Itu artinya udara masih terjaga dan sangat menyehatkan.

Jika sahabat berjalan menyusuri medannya, terlihat tumbuhan kecil merayapi bebatuan. Kelihatannya sangat indah dan alami. Dedaunan berserakan di antara bebatuan dan suasananya sangat rindang. Merasakan ketenangan ketika berteduh di salah satu pohon besarnya.

Bebatuan yang memisahkan aliran air membentuk beberapa air terjun kecil. Membentuk permandian mungil yang airnya sangat jernih. Berada di antara rindangnya pepohonan membuat suasana sangat berbeda ketika mengunjungi tempat lain yang telah ditata secara moderen.

Tebing-Tebingnya Ditumbuhi Pohon Nan Subur

Sahabat dapat menikmati pemandangan tebing-tebing yang tinggi membatasi air terjun Sararudi. Laksana dinding yang kokoh melindungi keberadaan air terjun ini. Dindingnya kelihatan menghijau oleh lapisan tumbuhan merambat.

Dinding tebing seakan bercahaya ketika di terpa sinar matahari yang menembus ke dalam hutannya. Sungguh keindahan yang luar biasa. Hutannya belum banyak di jamah oleh manusia sehingga masih dapat disaksikan oleh para pengunjung.

Ada Canda Tawa

Sahabat di suguhkan oleh pemandangan para pengunjung lain yang melompat dari satu batu ke batu  lain. Seringkali ada hal-hal yang lucu di antara canda tawa para pengunjung. Biasanya para pengunjung yang baru tiba di sambut siraman air oleh sanak keluarganya. Pemandangan tersebut lagi-lagi menimbulkan bahan tertawaan para pengunjung.

Duduk Diantara Dua Batu dengan Air mengalir di Tengahnya

Para pengujung ada yang duduk diantara dua batu berdekatan sedangkan air nan jernih mengalir di antara keduanya. Pemandangan ini banyak terdapat di sekitar air terjun Sararudi. Kondisi ini karena adanya bebatuan yang berada pada posisi berdekatan.

air-terjun-sararudi-destinasi-wisata
Bebatuan yang Berdampingan, Air Terjun Sararudi

Bagi pengunjung yang membawa bekal, dapat meletakan bekalnya di bebatuan sebagai pengganti meja makan. Kenikmatan ini semakin bertambah oleh keramaian para pengunjung yang tak henti-hentinya menikmati kesejukan airnya.

Jika sahabat tertarik mengunjunginya, silahkan ajak sanak saudara, teman-teman dan tetangga untuk berwisata di air terjun Sararudi. Dijamin tidak akan menyesal oleh suguhan pemandangan yang asri. Lagi pula bagi sahabat yang seharian bekerja akan terobati dengan sejuknya air dan udara di tempat ini.

Baca juga: Destinasi Wisata Air Terjun Wera

Bagi sahabat yang mengetahui lokasi wisata keren lainnya yang belum banyak terjamah dan jarang di ketahui, silahkan di share di blog ini agar sahabat lain juga ikut menikmatinya. Cerita di atas hanya sebagian dari kesan yang akan di temui di lokasi air terjun Sararudi.

Referensi dan Sumber Lain

  • https://sulteng.antaranews.com/berita/36544/air-terjun-sararudi-sigi 
  • https://lifestyle.okezone.com/view/2017/04/24/5/36319/wisata-air-terjun-sararudi-yang-dikelola-oleh-warga-ramai-dikunjungi-wisatawan 
  • https://youtu.be/l2SX0egJzcE

Jika sahabat tertarik dengan tulisan ini, silahkan di share ke teman-teman lainnya. Semoga apa yang penulis sampaikan di atas memberi manfaat bagi sahabat sekalian. Penulis mengucapkan terima kasih atas kunjungannya. Semoga kita semua dalam kondisi sehat-sehat selalu dan senantiasa berada dalam kedamaian.

Berlangganan via Email