10 Aktivitas Orientasi Mahasiswa Paling Kreatif Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru

Aktivitas Orientasi yang Menarik dan Mudah di Praktekkan 

AKHMAD. COM - Setiap tahun kampus selalu menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru. Artinya ada yang masuk kekampus dan juga ada yang keluar dalam wujud wisudawan atau alumnus. Dalam proses penerimaan mahasiswa khususnya kebiasaan atau tradisi di kampus untuk menerima mahasiswa baru ada saja ang dilakukan.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi, kampus menerapkan aturan dalam penerimaan mahasiswa baru. Mulai dari pendaftaran, penanganan orientasi mahasiswa sampai pada penerimaan kembali di fakultas masing-masing.

Penerimaan Mahasiswa Baru

Biasanya oleh kakak tingkat membuat suatu kegiatan dalam orientasi mahasiswa. Namun seringkali orientasi itu berujung kekerasan atau sesuatu yang tidak produktif. Olehnya itu penulis ingin menjelaskan 10 aktivitas yang dinilai paling kreatif untuk mendidik mahasiswa baru yang bisa di terapkan oleh pihak mahasiswa atau kampus, baca: Menapaki Hidup Di Kampus (Belajar dan Berbagi)

Buat Tema yang Jelas Tentang  Orientasi Mahasiswa

Membuat tema sangat penting dalam setiap orientasi. Tema tersebut semacam visi yang ingin dicapai dalam setiap orientasi mahasiswa. membuat tema orientasi harus di sesuaikan dengan perkembangan yang ada. melalui tema yang jelas dan terukur akan membimbing panitia orientasi untuk membentuk karakter mahasiswa baru. Misalnya orientasi dengan beberapa pilihan tema yaitu:
  1. Orientasi mahasiswa dengan tema ekonomi
  2. Orientasi mahasiswa dengan tema persaingan
  3. Orientasi mahasiswa dengan tema persaudaraan
  4. Orientasi mahasiswa dengan tema nasionalis
  5. Orientasi mahasiswa dengan tema budaya
  6. Orientasi mahasiswa dengan tema keagamaan
  7. Orientasi mahasiswa dengan tema study Tour
  8. Orientasi mahasiswa dengan tema kepedulian
  9. Orientasi mahasiswa dengan tema kepemimpinan
  10. Orientasi mahasiswa dengan tema kewirausahaan
  11. Orientasi mahasiswa dengan tema teknologi

Membagi Calon Mahasiswa Menjadi Beberapa kelompok

Membuat kelompok calon mahasiswa dari setiap jurusan. Maksudnya buatlah beberapa kelompok dengan anggota yang diambil dari setiap fakultas atau jurusan yang dipilih. Pengelompokkan ini penting untuk memudahkan dalam mengelola kegiatan mahasiswa baru.

Pembuatan kelompok ini juga memberikan contoh kepada mahasiswa untuk melatih mereka dalam menjalankan kepemimpinan. Pilihlah seorang pimpinan setiap kelompok. Nantinya ketika menjadi mahasiswa, mereka akan mandiri dalam mengerjakan tugas serta mampu bekerja sama dalam tugas tim.

Membawa Kliping dengan Materi Sesuai Jurusan yang Di Pilih

Dunia mahasiswa adalah dunia belajar. Setiap hari mahasiswa selalu berurusan dengan ilmu pengetahuan. Olehnya itu sejak dini mahasiswa harus di ajarkan cara menggunakan imajinasinya. Hal ini dengan membaca berbagai informasi penting menyangkut bidang yang diambilnya. Untuk itu sangat menarik jika setiap mahasiswa baru diminta membawa kliping koran dengan materi yang berkaitan dengan jurusannya.

Kliping bisa dari koran, majalah atau suatu rekaman siaran televisi yang menjelaskan sesuai jurusan yang dipilih si mahasiswa tersebut. Bisa juga dari hasil penelitian yang banyak tersebar di situs internet lalu di print out kemudian di bawa ke kampus. Calon mahasiswa harus mematuhinya. Berikan hukuman jika mereka tidak mematuhinya misalnya menuliskan istilah sesuai bidang ilmu yang dipilih dengan jumlah yang ditetapkan oleh panitia.

Melakukan Presentase Perkelompok Setiap Hari


Setiap kelompok  wajib melakukan presentase melalui sebuah penilaian panitia. Buatlah suatu kondisi yang mirip ketika diskusi di kelas. Jadi setiap materi yang di bawa oleh mahasiswa akan di presentasekan oleh kelompoknya.

Materi setiap mahasiswa sudah tertentu berbeda-beda. Disinilah kita akan membuat calon mahasiswa menjadi lebih kreatif. Jadi nantinya materi tersebut akan di kumpulkan menjadi sebuah buku yang menyerupai bunga rampai. Didalamnya banyak materi yang berbeda-beda yang diambil dari masing-masing kliping dalam kelompok calon mahasiswa tersebut.

Panitia menyiapkan kriteria penilaian untuk setiap aktivitas presentase dan nantinya akan di umumkan pemenangnya di akhir kegiatan orientasi. Hal ini untuk mengajarkan kepada mahasiswa betapa berharganya ilmu yang diberikan oleh para dosennya.

Perkenalkan Profil Organisasi yang Ada di Kalangan Kampus

Dalam kesempatan orientasi tersebut, penting pula di perkenalkan seluruh organisasi yang ada di kampus. Mulai dari rektorat, Fakultas sampai lembaga-lembaga kemahasiswaan yang ada di kampus. Usahakan setiap lembaga tersebut menghadirkan pembicaranya agar benar-benar sesuai dengan bidang tugasnya. Misalnya profil BEM, profil Mapala, profil Himpunan Mahasiswa dan lain-lain.

Penerimaan Mahasiswa Baru

Nantinya calon mahasiswa akan mendengarkan dengan baik sehingga mengetahui segala fungsi yang ada di organisasi masing-masing. Hal ini penting sebab biasanya sebagian mahasiswa sampai beberapa semester masih belum memahami tugas dan fungsi setiap lembaga sehingga kesulitan ketika melakukan kegiatan atau mengurus administrasinya.

Mengajak Mahasiswa Baru Melakukan Penelitian

Nantinya calon mahasiswa akan menghadapi berbagai kegiatan penelitian yang diberikan dosennya. Sedini mungkin mereka di ajarkan kedisiplinan dalam melakukan penelitian. Ajaklah mereka untuk melakukan riset kesebuah pemukiman atau daerah.

Penerimaan Mahasiswa Baru

Panitia perlu membuat petunjuk pelaksanaan penelitian sehingga mahasiswa dengan mudah melaksanakan berbagai ketentuan dalam proses penelitian. Setiap kelompok diberikan satu orang pembimbing untuk memberikan penjelasan perihal apa yang akan di lakukan calon mahasiswa.

Membimbing Mahasiswa Membuat Website

Apa yang mereka hasilkan melalui penelitian dapat di informasikan sehingga berguna bagi orang lain. Olehnya itu bimbinglah calon mahasiswa membuat website sendiri sehingga mampu melatih mereka untuk menulis. Hal ini penting karena dalam proses pembelajaran selanjutnya mereka akan di bebani dengan tugas-tugas termasuk membuat sebuah tulisan yang baik.

Usahakan agar website tersebut dipertahankan selama mereka menjadi mahasiswa. Ajak mereka berkolaborasi dengan kakak panitia untuk membuat sebuah tulisan di masa orientasi tersebut. Usahakan hal ini berjalan secara konsisten dan tidak membosankan mereka.

Lakukan Permainan yang Merangsang Kreatifitas

Agar calon mahasiswa tidak jenuh dengan jadwal orientasi yang padat, maka buatlah permainan yang lucu-lucu. Biasanya kakak panitia memiliki banyak permainan yang bisa dimainkan saat orientasi. Jika ingin melihat aneka games yang menarik dan bisa dipraktekkan, silahkan lihat di situs (remajasampit.blogspot.com) dengan judul: 23 game seru untuk MOS atau OSPEK

Memutar Film Pendidikan yang di Rekomendasikan

Agar suasana menjadi lebih santai namun tetap mendidik, maka sedapat mungkin panitia memutar film pendidikan yang memiliki nilai-nilai yang bisa diterapkan dalam kehidupan kampus. Banyak film pendidikan yang bisa di mainkan. Jika ingin mendapatkannya silahkan kunjungi artikel disitus (shopback.co.id) berjudul: 5 Film Rekomendasi Untuk Para Pelajar dan Mahasiswa

Buat Suasana menjadi Semarak dengan Bernyanyi Bersama

Dimalam hari kumpulkan calon mahasiswa di tempat terbuka kemudian ajak mereka bernyanyi bersama. Misalnya menyanyikan lagi-lagu mars, perjuangan atau lagu yang bertemakan keakraban. Kondisi ini penting untuk membina persahabatan antara calon mahasiswa dengan kakak seniornya.

Penerimaan Mahasiswa Baru

Dipercaya bahwa dengan bernyanyi biasanya hati menjadi lebih senang. Apalagi dengan disaksikan oleh kakak senior maka calon mahasiswa akan lebih semangat. Mereka merasa diperhatikan dan disayangi oleh kakak seniornya.

Lakukan Survei Karakter

Penting untuk mengenal lebih dalam karakter calon mahasiswa dengan melakukan survei karakter.  Buatlah berbagai pertanyaan seperti kuesioner agar para mahasiswa dapat memberikan tanggapannya. Ukur setiap tanggapan tersebut dengan menggunakan alat analisis untuk melihat sebaran karakteristik calon mahasiswa. Nantinya informasi tersebut berguna dalam pengembangan mahasiswa.

Beberapa kegiatan kreatif di atas dapat sahabat tambahkan lagi ya! pokoknya sesuai perkembangan yang ada dan kemampuan yang dimiliki oleh sahabat-sahabat sekalian. Jika ingin berbagi informasi dan berlangganan konten silahkan kirimkan emailnya. Terima kasih atas kunjugannya semoga apa yang penulis sampaikan di atas memberikan manfaat.

Berlangganan via Email