Berbagai Pandangan Tentang Filsafat Ilmu

Memahami Filsafat Ilmu

AKHMAD.COM - Mempelajari filsafat ilmu akan membawa cara berfikir kita menjadi lebih rasional. Menelusuri pengetahuan  secara bebas radikal dan bermakna.

Berdasarkan istilahnya filsafat berasal dari bahasa arab falsafah sebagaimana di jelaskan oleh Poedjawidjatna (1974) dalam Burhanuddin (2018: 1) bahwa: “Istilah filsafat berasal dari bahasa arab “falsafah” yang diarabisasi dari kata yunani, “philospiah” kata ini terdiri atas dua kata, philo (cinta) atau philia (persahabatan, tertarik kepada) dan shopia (hikma, kebijaksanaan, pengetahuan, keterampilan, pengalaman praktis, inteligensi)”.

berbagai-pandangan-tentang-filsafat-ilmu

Selanjutnya menurut Asy’ari (1999) dalam Burhanuddin (2018) menyatakan: “Filsafat ilmu terdiri dari dua kata, yaitu filsafat dan ilmu. Filsafat dapat diartikan sebagai berfikir bebas, radikal, dan berada pada tataran makna. Bebas artinya tidak ada yang menghalangi kerja pikiran. Radikal, artinya berfikir mendalam sampai pada akar masalah, bahkan melewati batas-batas fisik atau disebut metafisis. Adapun berfikir dalam tahap makna berarti menemukan makna terdalam dari sesuatu yang terkandung didalamnya berupa kebenaran, keindahan maupun kebaikan”.

Selanjutnya pengertian ilmu menurut Asy’ari (1999) dalam Burhanuddin (2018) menyatakan: “Adapun istilah “ilmu” berasal dari kata ‘alima yang artinya mengetahui. Dalam kamus Webster New Word Dictionary, dijumpai kata science (sains) berasal dari kata latin, scire yang artinya mengetahui. Secara bahasa science (sains) berarti “keadaan atau fakta mengetahui” dan sering dimaknai dalam arti pengetahuan (knowledge) yang dikontraskan melalui intuisi atau kepercayaan. Jadi ilmu secara harpiah tidak berbeda dengan science, hanya ilmu memiliki ruang berbeda dengan sains. Sains hanya dibatasi pada bidang-bidang empirisme-positivisme, sedangkan ilmu melampauinya dengan non-empirisme seperti matematika dan fisika”.

Filsafat menekankan pada kebebasan berfikir yang bersifat mendasar, yang menggali pengetahuan tentang sesuatu kebenaran sampai ke akar-akarnya, atau sampai pada prinsipnya. Sehingga dalam filsafat tidak ada yang membatasi proses berfikir ini hingga melewati hal-hal yang sifatnya abstrak. Sedangkan ilmu merupakan pengetahuan dalam bidang-bidang baik empirisme-positivisme maupun non empirisme.

Melalui filsafat maka bidang-bidang dalam ilmu terus dikembangkan dimana filsafat sebagai petunjuk arah pengembangannya. Secara otomatis jika seseorang berfilsafat, maka itu artinya ia ingin memahami suatu bidang dalam ilmu baik empirisme maupun non empirisme, sampai pada pemahaman yang tidak terbatasi bahkan melalui prinsip-prinsip pemahaman yang bersifat radikal.

Sebuah Ilustrasi

Ilustrasi menarik di tunjukkan oleh Burhanuddin (2018) bahwa: “Filsafat ilmu, bertugas menunjukkan bagaimana “Pengetahuan tentang sesuatu sebagaimana adanya. Will Duran dalam bukunya the story of philosophy mengibaratkan bahwa filsafat seperti pasukan marinir yang merebut pantai untuk pendaratan pasukan infanteri.

Adapun pasukan infantri tidak lain adalah pengetahuan, yang diantaranya adalah ilmu. Sehingga filsafat ilmu digambarkan sebagai filsafat yang memenangkan tempat berpijak bagi kegiatan keilmuan. Dengan demikian, semua ilmu, baik ilmu fisika maupun ilmu sosial bertolak dari pengembangannya sebagai filsafat”.

Jika dirujuk dari berbagai pandangan di atas, maka filsafat ilmu merupakan aktifitas berfikir secara bebas dan radikal untuk melahirkan suatu konsep-konsep secara empiris maupun non empiris bahkan melewati batas-batas pemahaman yang bersifat abstrak. Hal inilah sehingga dikatakan filsafat ilmu menawarkan area yang tidak bertepi sehingga bebas mengekpresikan karya pemikiran untuk membentuk suatu bidang ilmu.

Referensi dan Sumber Lain

  • https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-filsafat.html
  • https://www.zonareferensi.com/pengertian-filsafat/
  • http://pengertianbahasa.blogspot.com/2013/02/pengertian-ilmu.html 
  • https://kbbi.web.id/ilmu

Artikel ini diharapkan memberi landasan bagi para mahasiswa dan siapa saja tertarik dalam membicarakan filsafat. Jika ada saran dan masukan silahkan kirim komentarnya. Jika ingin berlangganan konten lainnya silahkan kirimkan email dan tekan tombol berlangganan.

Berlangganan via Email