Tentangku Dalam Tulisan

AKHMAD. COM - Perkenalkan nama lengkap penulis adalah "Akhmad Maris" sering dipanggil "Akhmad" atau di kampus di sapa "Maris". Penulis lahir dari keluarga sangat sederhana. Terlahir dari rahim mulia seorang ibu bernama Hj Nandong H. Rahimi (Almarhumah) dan Ayah bernama Maming Maris (Almarhum). Mohon kepada sahabat sekeyakinan mengirimkan Surat Alfatihah untuk kedua beliau. Tanpa mereka, penulis tidak hadir kedunia ini dan tidaklah mungkin blog ini hadir dihadapan kita.

Narasumber di Dinas Koperasi Propinsi Sulteng

Penulis lahir di Palasa (berikut link lokasinya) menghabiskan masa kecil di Desa Bobalo yang indah,  letaknya di Pesisir Timur Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah. Ketika menginjak kelas 2 SMP, penulis mengikuti orang tua pindah ke Tinombo berjarak ± 7 Km dari Desa Bobalo. Di Tinombo penulis menamatkan pendidikan di SMP Negeri Tinombo dan SMA Negeri Tinombo. Kemudian melanjutkan pendidikan ke Kota Palu tahun 1993.

Awal di Palu, penulis tinggal pada seorang Dosen FMIPA Universitas Tadulako bernama Bapak Drs. Wadeng Nur, M.Si (Almarhum). Seorang dosen yang cerdas, baik hati dan disenangi mahasiswanya (Mohon kirimkan Surat Alfatihah untuk beliau). Dirumah beliau penulis menghabiskan hari-hari bersama dua anak beliau. Penulis seringkali bertemu mahasiswa dirumah beliau dan bercakap dengan mereka. Banyak pelajaran yang penulis peroleh dari beliau.

Penulis kemudian melanjutkan pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat, mengambil konsentrasi Manajemen Keuangan. Kemudian melanjutkan ke Pascasarjana Universitas Tadulako Program Magister Manajemen, juga mengambil konsentrasi manajemen keuangan. Saat ini penulis tengah menempuh Program Doktoral di Universitas Tadulako.

Penulis tercatat  sebagai dosen tetap  Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat pada jurusan manajemen. Mata kuliah yang penulis bawakan adalah Seminar Manajemen Kuangan, Metodologi Penelitian dan Manajemen Resiko. Sekitar tahun 2002 bersama teman dosen bernama Hasbi Modjo, S.E.,M.M (Almarhum) mendirikan Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan (PKEK).

Tahun 2011 bersama rekan dosen mendirikan Jurnal Ekonomi Trend yang merupakan wahana publikasi penelitian dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat. Tahun 2016 bersama rekan dosen mendirikan dua pusat kajian sekaligus yaitu Pusat Kajian dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil menengah dan Koperasi (PUSJIP.UMKMKOP) dan Pusat Kajian Kebijakan dan Pengembangan Sektor Publik (PK2SP).

Narasumber di Bank Indonesia

Adapun untuk PUSJIP.UMKMKOP baru saja menyelesaikan kerjasama survei di 65 perusahaan di Kota Palu tahun 2018. Sampai saat ini penulis aktif mengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Alkhairaat, membimbing mahasiswa, menguji, melakukan penelitian dan melaksanakan pengabdian pada masyarakat.

Hasil penelitian terbaru berjudul: Kajian Faktor Prioritas Pengembangan Kewirausahaan (Studi Pada Nelayan di Pesisir Pantai Kecamatan Tinombo) dan telah selesai.

Melalui blog ini penulis mencoba berbagi informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi kepada para sahabat. Juga merupakan kesempatan bagi penulis untuk menimbah ilmu lebih banyak dari para blogger profesional. Semoga blog ini tetap eksis selamanya.

Harapan penulis semoga uraian di atas lebih memperjelas status pemilik blog ini. Tetaplah semangat untuk membangun bangsa ini menjadi lebih baik. Mohon maaf jika ada salah kata dan mohon doa dari kalian semua. Semoga Allah SWT senantiasa meridho'i dan mengabulkan segala usaha dan do'a kita. Aamiin!

Salam Hormat,

Berlangganan via Email