Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Keunggulan Destinasi Wisata Bambalemo Beach yang Membedakannya dengan yang Lain

10 Advantages of the Bambalemo Beach Tourist Destination that Sets It Apart from the Others

Sahabatku, jumpa lagi ya, kali ini penulis membagikan informasi mengenai destinasi wisata yang sangat menarik. Siapa tahu sahabat memiliki agenda perjalanan ke Sulawesi Tengah jangan lupa mampir ke sini. Ayooo kita cari tahu!

Kota Parigi Kabupaten Parigi Moutong

Kota Parigi merupakan ibu kota dari Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah. Kota ini terletak di pesisir Teluk Tomini, sekitar 200 km sebelah utara Kota Palu. Kota Parigi memiliki luas wilayah sekitar 35,85 km² dan berpenduduk sekitar 31.521 jiwa.

beach-pantai-destinasi wisata-kuliner
Bambalemo Beach Parigi Moutong

Topografi Kota Parigi relatif datar, dengan titik tertinggi di kota ini berada di Kelurahan Masigi, yang berada sekitar  200 meter di atas permukaan laut. Kota Parigi mempunyai iklim tropis basah, bersuhu rata-rata secara tahunan sekitar 27 °C. Musim hujan di Kota Parigi biasanya berlangsung sejak bulan November sampai bulan April, adapun pada musim kemarau dari Mei sampai Oktober.

cottage-wisata-pantai-beac
Papan Reklame Bambalemo Beach di Parigi

Kota Parigi merupakan kota yang berkembang pesat. Kota ini merupakan pusat pemerintahan, ekonomi, dan budaya Kabupaten Parigi Moutong. Kota Parigi juga merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Sulawesi Tengah. Salah satu destinasi wisata di Parigi adalah pantai Bambalemo atau Bambalemo Beach.

10 Keunggulan Destinasi Wisata Bambalemo Beach

Keindahan panorama alamnya yang memukau

Bambalemo Beach menawarkan pemandangan alam dengan keindahan alam yang uar biasa, memiliki  hamparan pasir putih yang lembut, dengan air laut yang jernih, dan deretan pepohonan kelapa. Jika ingin bersantai pagi, suasannya sangat menarik. Ditemani deburan ombak dan burung-burung laut yang berseliwern menambah kenyamanan

pasir putih-pantai-indah-panorama
Pasir Putih Bambalemo Beach di Parigi

Keasrian alamnya yang masih terjaga

Bambalemo Beach merupakan salah satu pantai yang masih terjaga keasriannya. Hal ini terlihat dari masih banyaknya pepohonan dan tumbuhan yang tumbuh di sekitar pantai. Masih banyak tumbuh pohon kelapa di sekitar pantai. Inilah yang disebut nyiur melambai di alam desaku yang indah.

Suasana yang tenang dan damai

Bambalemo Beach sangat cocok bagi yang ingin bersantai dan melepas penat. Suasana di pantai ini sangat tenang dan damai, sehingga dapat menikmati keindahan alamnya dengan lebih maksimal. Sahabat yang ingin melakukan terapi, ingin menikmati ketenagan dan kesendirian sangat cocok disini. Suasannya yang damai memberikan banyak inspirasi bagi mereka yang berjiwa seni.

wisata-destinasi-gunung-sungai
Menyusuri Bambalemo Beach

Aksesibilitas yang mudah

Bambalemo Beach terletak di Desa Bambalemo, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Palu, sehingga dapat diakses dengan mudah. Untuk datang kesini tidaklah terlalu sulit. Jaraknya hanya ditempuh 2,5 jam dari arah Kota Palu. Lebih awal ditemui sebelum memasuki Kota Parigi.

Fasilitas yang tersedia dan perlu dikembangkan

Di Pantai Bambalemo telah tersedia berbagai fasilitas yang memadai, seperti tempat parkir, toilet, Mushola, jalur pejalan kaki, keamanan, tempat sampah, acara hiburan/pesta, dan penginapan. Untuk fasilitas yang lain memang masih harus dikembangkan. Beberapa fasilitas pendukung yang perlu disediakan disekitar Bambalemo Beach yaitu warung (kuliner), Area bermain anak, area olah raga dan spot foto.

destinasi-berlibur-tamasya
Suasana di Bambalemo Beach di Waktu Sore

Aktivitas wisata yang beragam

Di Pantai Bambalemo, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas wisata, seperti berenang, snorkeling, diving, bermain pasir. Seringkali pengunjung membawa sendiri bekal untuk dikonsumsi ketika berada di Bambalemo Beach. Baca juga: Destinasi Wisata Air Terjun Wera

Tarif penginapan yang terjangkau

Tarif penginapan cukup terjangkau. Penulis beberapa kali menginap. Fasilitas penginapan sangat  baik. Ada pilihan untuk ruangan ber AC dan menggunakan Kipas Angin. Pengunjung tinggal memilih mana yang disukai.

berselancar-mendaki-gunung-sungai-air terjun
Pemandangan Memukau Bambalemo Beach di Parigi

Lokasi yang strategis

Bambalemo Beach terletak membentang dan berdekatan dengan sejumlah pasilitas seperti sekolah dan lain-lain

Potensi pengembangan yang besar

Pantai Bambalemo memiliki potensi pengembangan yang besar, baik dari segi pariwisata maupun ekonomi. Ada banyak sumber daya yang masih bisa dikembangkan seperti penampilan pesona lautnya, sumber daya perikanannya, bisnis UMKM, bisnis hiburan dan berbagai destinasi wisata yang terkait dengan Bambalemo Beach.

Pengelolaan yang profesional

Pantai Bambalemo dikelola secara profesional. Hal ini nampak dari pengelolaan akomodasi (penginapan) yang terus dipelihara dan dikembangkan. Apalagi ketika ada event-event penting daerah seringkali Bambalemo Beach diserbu pengunjung dan kadangkala kehabisan persediaan penginapan. 

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, Bambalemo Beach menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kota Parigi dan sekitarnya. Pantai ini sangat cocok bagi sahabat yang ingin menikmati keindahan alam dan suasana yang tenang dan damai.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sahabat. Silahkan di jelajahi blog ini karena masih banyak konten menarik lainnya. Terima kasih sudah menyimak. Mudah-mudahan sehat dan bahagia selalu.