Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hanya butuh 7 langkah Kue Putu Ternyata Gampang di Bikin, sejarah, definisi, jenis dan cara penyajian

It only takes 7 steps Putu Cake Turns Easy to Make, history, definition, types and how to serve

Hello Everyone! Kembali bersama dalam pembahasan mengenai kuliner nusantara. Bicara kuliner Indonesia tidak ada habis-habisnya. Beraneka ragam jenis kue. Mulai dari kue yang mudah dibuat sampai pada yang tersulit. Kebetulan kali ini penulis membagikan cara membuat kue putu. Sebagian mengatakan membuatnya tidaklah muda. Sebagian orang mengatakan gampang sekali membuatnya. Olehnya itu penulis tertarik menyajikan bagaimana sih cara membuatnya. Apakah gampang atau malah sulit. Ayoo…! simak tulisan ini.

Sejarah Kue Putu

Menggemari sesuatu boleh jadi karena kita memang menyukai hal itu dari beberapa sisi. Tentu karena menggemarinya maka ada baiknya kita perlu tahu seluk beluk ataupun sejarahnya. Begitupun pencinta kue putu. Menikmati kue putu tidak lengkap rasanya jika belum mengenal sejarahnya.  Kue putu dari bahasa Jawa jika di terjemahkan menjadi “puthu”. Merupakan salah satu kudapan tradisional Indonesia yang berwujud kue dengan isian Gula Jawa. Katanya dulu kue putu di populerkan oleh orang Jawa dan orang Sulawesi. Setelah itu menyebar ke banyak daerah bahkan sampai ke mancanegara.

Definisi Kue Putu

Kue putu adalah jenis kue yang bersifat tradional kegemaran masyarakat Indonesia yang terbuat dari tepung beras ketan, rasanya gurih dan khas. Dijual dengan cara menjajakannya menggunakan sepeda. Terdapat kotak kayu yang menyimpan peralatan masak dan bahan pembuatan kue putu. Memiliki suara khas yang merupakan identitas penjual kue putu yang sudah dikenal masyarakat.

kue-putu
Putu Pesse

Kue ini dibalut dengan kelapa yang diparut dan butiran kasar. Kue di kukus dengan meletakannya dalam tabung bambu yang dipadatkan. Sahabat dapat menikmati kue putu ini biasanya saat terbenamnya matahari sampai malam. Biasanya ada suara khas yang keluar dari alat pembuat kue ini.  Dahulu saat masih anak-anak jika mendengar bunyi suitan ini dipastikan ada penjual kue putu lewat depan rumah.

Jenis Kue Putu

Bagi sahabat penggemar Kue Putu dapat memilih jenisnya. Sama dengan kue lainnya, Kue Putu memiliki penggemar dari masing-masing jenisnya. Sahabat bisa menilai sendiri jenis mana yang pernah sahabat nikmati.

Putu Pesse

Jenis kue putu ini merupakan kudapan khas suku Bugis. Merupakan kue tradisonal Bugis yang seringkali banyak ditemui di acara keluarga atau biasanya sengaja di jual.

Putu Bambu

Dikenal dengan putu bambu karena dibuat menggunakan bambu yang sudah dirancang sedemikian rupa. Kemudian di sajikan dalam kondisi panas. Rasanya enak ada sensasi manis dan asin.

Putu Ayu

Kedengarannya bak seorang putri cantik disebuah desa terpencil nan indah. Itu tidaklah berlebihan sahabat. Kue ini memang enak dan gurih. Teksturnya lembut dan kuenya nampak cantik. Berbentuk seperti kembang dengan warna dominasi hijau dan putih.

Putu Mayang

Jenis ini juga enak dan gurih tak kalah dengan lainnya. Namanya saja bagus ya!. Putu Mayang dibuat menyerupai bentuk mi. Terbuat dari bahan tepung kanji dan beras ketan. Teksturnya agak licin. Kalau di Malaysia disebut Putu Mayam sedangkan di India disebut Idiyappam.

Putu Cangkir

Kalau yang jenis ini bentuknya biasanya bulat agak lebar sedikit pipih. Dibalut dari bahan beras ketan dan gula aren. Kue ini diisi dengan parutan kelapa. Memiliki aroma yang khas. Jika melihat sejarahnya jenis ini berasal dari Sulawesi Selatan.

Cara Membuat Putu Pesse

Bahan:

  1. Beras ketan warna putih 150 gr
  2. Gula merah 80 gr
  3. Garam ¼ sendok teh atau secukupnya
  4. Kelapa parut muda ½ (Setengah Biji)


Cara membuat:

  • Cuci atau bilas beras ketan sampai bersih
  • Tiriskan supaya agak kering agar tidak lengket nantinya
  • Beras ketan di sangria
  • Diamkan supaya dingin kemudian remas-remas jika ada yang menggumpal
  • Setelah beras ketan terpisah dengan sempurna, sangrai lagi sampai kecoklatan
  • Diamkan sampai berasnya benar-benar dingin
  • Giling atau haluskan beras ketan
  • Campurkan beras ketan yang sudah halus dengan 150 gr parutan kelapa
  • Jika ingin kue bisa tahan lebih lama maka parutan kelapa bisa di kukus dulu kemudian dinginkan
  • Campurkan ¼ sendok teh garam (sesuai selera)
  • Campurkan 80 gr gula merah serut
  • Campurkan ke adonan dan campur rata atau remas-remas
  • Masukan adonan dalam cetakan sesuai bentuk dan selera
  • Kue putu pesse siap dihidangkan


Jika dilihat prosesnya agak panjang ya!. Namun itu hanya diuraikan supaya menjadi lebih jelas. Pada hal sesungguhnya prosesnya sangat sederhana. Bagi sahabat yang ingin membuatnya silahkan berkreasi, dijamin gampang dan enak pastinya. Dinikmati sore hari atau malam hari dengan secangkir teh atau kopi panas. Sahabat sekalian, terima kasih sudah membaca tulisan ini semoga bermanfaat.