Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berita gempa hari ini dan 5 tindakan penting menyelamatkan diri ketika gempa mengguncang

Today's earthquake news and 5 important actions to save yourself when an earthquake shakes

Hello Everyone! Salam ikhlas berbagi. Kembali penulis berbagi seputar gempa hari ini yang terjadi di Pulau Bali. Berita tersebut mengingatkan penulis pada tragedi beberapa tahun lalu di Kota Palu. Bencana gempa bumi, sunami dan likuifaksi yang memakan korban cukup banyak. Tentu masih dalam ingatan sahabat bagaimana dahsyatnya bencana itu. Tragedi tersebut telah memporak-porandakan kehidupan masyarakat khususnya di tiga wilayah terdampak yaitu Kota Palu, Donggala dan Sigi. Sebagai salah satu korban penulis ingat betul kejadian tersebut.

Definisi Gempa Bumi

Gempa bumi termasuk kejadian yang hampir semua orang merasakannya. Walaupun disebagian negara sangat jarang atau belum pernah terjadi namun mungkin saja pernah dirasakan dinegara lain ketika bepergian. Alhasil pernah merasakan gempa bumi atau sebagian orang mengatakan tanah goyang atau goyang tanah.

gempa-hari-ini
Rekahan Tanah

Pada dasarnya gempa bumi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan suatu guncangan, gerakan bumi atau peristiwa alam berupa getaran atau guncangan. Menurut Wikipedia yaitu suatu getaran atau getar-getar dipermukaan bumi yang disebabkan pelepasan energi dari dalam yang tiba-tiba sehingga memunculkan gelombang seismic.

Pujianto (2007) mengemukakan bahwa gempa bumi adalah salah satu fenomena alam yang timbul karena disengaja, buatan manusia atau hasil dari kegiatan manusia maupun timbul karena peristiwa alam. Akibatnya terjadi getaran tanah disebabkan ada gelombang energi yang menjalar kemudian memancar dari pusat gempa atau focus. Energi dai pusat tesebut sebagai akibat dari peristiwa mekanik seperti tumbukan, gesekan atau tarikan. Mungkin juga peristiwa khemis lainnya seperti ledakan dari suatu reaksi kimia. Hal ini menyebabkan energi menjalar kesegalah arah melaui media tanah.

Gempa Hari Ini

Berdasarkan berita (Kompas,22/8/2022) telah terjadi gempa bumi dengan magnetudo M 5,8 yang mengguncang bagian Klungkung bagian selatan pulau Bali. Hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa gempa bumi ini berjenis tektonik dengan parameter update M 5,6. Episenter gempa berada pada koordinat 9,360 LS;115,560 BT berada di laut dengan kedalaman 134 Km. Penyebab gempa adalah akibat adanya aktifitas subduksi lempeng.

5 tips ketika gempa mengguncang

Ketika gempa terjadi, tidak jarang orang-orang menjadi panik dan lari tidak tentu arah. Siapa sih yang tidak ketakutan ketika tanah bergemuruh diikuti oleh guncangan yang luar biasa. Pasti orang tua, anak-anak dan siapa saja akan bereaksi secara spontan. Nah sebagai orang yang mengalami sendiri bagaimana dahsyatnya gempa bumi, sunami dan likuifaksi maka berikut ini penulis uraikan tips ketika gempa terjadi:

Mengenali lingkungan

Kenali lingkungan dimana kita berada merupakan awal dalam menghadapi situasi ketika terjadi gempa. Gempa bisa terjadi dimana saja sesuai potensi yang ada. Apakah dalam rumah sendiri, dikantor, dijalan, dalam kendaraan dan lain-lain. Kita disarankan untuk mengenali bagaimana kira-kira jalur evakuasi yang harus dilalui ketika terjadi guncangan. Pengalaman sebagaimana terjadi ketika panik. Orang-orang kesulitan menyelamatkan diri karena banyaknya penghalang pada jalur penyelamatan

Mengendalikan diri sekuat mungkin

Siapa sih yang tidak takut menghadapi guncangan gempa. Hampir semua orang akan ketakutan dan histeris. Namun kita sebagai insan beriman perlu sekuat tenaga mengendalikan diri. Tenangkan hati dan bergerak cepat. Mungkin saja ketika kita panik dan lari tunggang langgang justru mencelakakan diri kita sendiri. Cobalah untuk tenang dan kurangi rasa panik

Berlindung untuk menghindari kejatuhan benda keras

Kepala kita merupakan vital untuk dilindungi. Ajak keluarga untuk berlindunglah di bawah meja yang kokoh atau dibawah kosen pintu. Kedua benda ini diniai bisa melindungi dari benturan benda keras. Jika tetap mengalami kesulitan dan bertepatan sedang tidur cepat lindungi kepala dengan bantal. Ketika sedang memasak tenangkan diri lalu matikan kompor kemudian berlindung.

Hindari bangunan atau sesuatu yang mudah roboh

Biasanya setelah kita berada di luar rumah kita masih panik dan belum menyadari bahaya lainnya. Hindari berdiri di bawah tiang listrik, bangunan tinggi, pagar beton atau di depan atau dibelakang kendaraan. Sebaiknya berjongkok atau duduk untuk menjaga kestabilan badan. Jangan mengendarai kendaraan dalam kondisi panik.

Hindari bila muncul rekahan tanah

Bila tiba-tiba muncul rekahan tanah cepatlah menjauhinya. Bisa jadi ada longsor akibat tanah yang rapuh. Banyak kejadian seperti itu. Likuifaksi bisa saja terjadi akibat gunjangan yang mengakibatkan berubahnya struktur tanah.

Kita tetap berusaha untuk menghindari segala macam bahaya termasuk gempa bumi. Kita tetap berdoa menurut keyakinan kita masing-masing agar kita diselamatkan. Hal yang utama adalah kita harus tetap sadar. Kita harus tetap menyadari dimana anggota keluarga kita ketika itu. Usahakan tenangkan diri dan tetap bersama dengan warga lain. Mudah-mudahan tulisan singkat ini memberi manfaat kepada sahabat termasuk penulis. Terima kasih sudah menyimak.