Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Ketinggalan! Segera Pelajari dan Terapkan 6 Kekuatan dan Peluang Bisnis Yang Dirintis Sesuai Passion

6 Strengths and Opportunities for Business Conducted According to Passion

Kekuatan dari bisnis yang dirintis sesuai passion

Passion itu tidak lain suatu rasa suka atau keinginan yang kuat dalam diri, cenderung melakukan sesuatu atas dasar keinginannya tadi sehingga dalam melakukankanya dipenuhi antusiasme, motivasi dan semangat yang tinggi. Setiap orang pasti memiliki keinginan. Setiap orang juga berbeda-beda keinginanya. Dalam hal merintis sebuah bisnis juga demikian. Orang memandang  berbagai aspek, utamanya keuntungan dan masa depan. Untuk itu biasanya orang merintis bisnis sesuai passion.

Nah! Merintis bisnis sesuai passion tentu memiliki ciri dan daya tarik tersendiri. Ada kekuatan yang tersembunyi dari bisnis atas dasar kesukaan atau hobi seseorang. Namun yang penting dari itu adalah mengenali kekuatan bisnis yang dibangun dari passion.

bisnis-sesuai-passion
Bisnis Sesuai Passion

Apa itu kekuatan. Banyak orang kurang menyadari kekuatan dalam dirinya. Begitu pun sebuah bisnis. Biasanya nih! para pelaku usaha tidak menyangka bahwa bisnisnya memiliki kekuatan bersaing. Hal ini karena adanya perbedaan karakter industri yang belum dapat di pahami secara benar. Olehnya itu perlu di mulai dari pemahaman tentang apa itu kekuatan secara konseptual.

Kekuatan mengandung arti suatu kemampuan otot yang mana mampu membangkitkan suatu tegangan atau pun suatu ketahanan sehingga dengan begitu diperlukan latihan yang sesuai guna melatih kekuatan ini menjadi lebih baik dan mendukung performa tubuh.

Nah! kaitannya dengan bisnis, maka kekuatan bisnis menjadi sesuatu hal yang sifatnya urgen. Kekuatan ini adalah inti. Laksana nyawa bagi sebuah bisnis. Dari kekuatan inilah bakal lahir kegairahan bisnis yang akhirnya mencapai kesuksesan. Kemudian bisnis yang sesuai passion tentu memiliki suatu kekuatan tertentu yang belum banyak di ketahui. Mari kita lihat sama-sama:

Kekuatan faktor harga dari suatu bisnis

Kekuatan bisnis ditunjukkan oleh berbagai unsur penguat di dalam perusahaan misalnya harga. Kebijakan harga dapat menjadi kekuatan bagi bisnis.  Harga yang terjangkau dan bersaing akan menciptakan konsumen yang loyal terhadap perusahaan.

Konsep gaya kekinian sebagai kekuatan yang ditawarkan

Bagaimana dengan konsep gaya dengan faktor kekinian. Hal ini juga termasuk kekuatan yang dapat ditawarkan perusahaan ke pasar. Mungkin sebagian besar pesaing kurang jeli melihat perilaku pasar. Melalui konsep gaya perusahaan yang tepat dapat merebut sebagian besar ruang pasar.

Kekuatan pada nilai strategis lokasi

Kekuatan bisnis juga berupa faktor lokasi yang strategis. Konsumen yang tidak ingin direpotkan dengan jarak tempuh akan memilih bisnis yang lebih dekat. Banyak yang kurang memperhatikan hal ini. Pada hal diera sekarang ini konsumen ingin seuatu yang instan. Orang-orang makin sibuk, hanya punya waktu sedikit untuk memenuhi keperluannya.

Kemampuan menjangkau pasar juga kekuatan bisnis

Kekuatan bisnis dapat juga diartikan sebagai daya jangkau perusahaan. Hal ini didasari oleh kekuatan melalui sumber daya atas distribusi berbasis digital. Sekarang ini keberadaan website milik perusahaan boleh di bilang sudah keharusan. Bagaimana menjangkau konsumen potensial yang memiliki jarak saling berjauhan, jika tidak melalui sistim pemasaran berbasis digital.

Memperbaharui produk karena selera sebagai kekuatan yang memanjakan konsumen

Melalui riset pasar, pemilik bisnis dapat mengembangkan usahanya berdasarkan nilai-nilai kebaruan dari selera konsumen dan pola pikir mereka. Untuk itu perlu ada kekuatan dari kreatifitas perusahaan sehingga mampu menghadirkan produk-produk kekinian.

Kekuatan dengan memunculkan kepercayaan atas jaminan

Bisnis mampu memberikan jaminan atas produk yang dijual. Ini merupakan kekuatan yang dimiliki perusahaan sehingga menciptakan komitmen konsumen. Konsumen tetap memberikan pilihan pertama pada bisnis ketika mereka nyaman.

Peluang Bisnis

Peluang bisnis merupakan kesempatan yang muncul sehingga apabila dimanfaatkan memberikan keuntungan bagi bisnis tersebut. Juga dari optimalisasi peluang akan diikuti berbagai kemajuan lain yang bakal di raih perusahaan dalam rangka mencapai kemakmuran bersama.

Pada dasarnya peluang bisnis berasal dari dua kata yang penting yaitu “peluang” dan “bisnis”. Kemudian dua kata ini di satukan sehingga memberikan pengertian tentang kesempatan atau ruang gerak yang sifatnya konkret maupun  abstrak terhadap suatu kemungkinan atas kegiatan bisnis.

Mengenai peluang bisnis yang sesuai passion tentu memiliki nilai tersendiri. Bisnis yang kita sukai atau yang  sejalan dengan hobi kita tentu memiliki tantangan terseniri. Namun terasa lebih bernilai dan mempunyai harapan yang lebih besar.  

Kemungkinan besar disukai konsumen

Produk yang lahir dari  bisnis sesuai passion, memilki kemungkinan besar di sukai konsumen. Karena apa yang tertanam dalam produk sulit ditiru. Kita memiliki ide dan desain sendiri dalam merancang produk. Itu sungguh luar biasa dan memberikan kepuasan tersendiri.

Bertahan dalam persaingan

Bisnis sesuai passion memiliki daya cengkeram kuat di pasar. Hal ini karena di bangun dari hati dan perasaan yang kjuat oleh pemilikinya. Kemudian di dukung oleh pengetahuan pasar yang memadai. Ketika ada pesaing yang masuk kepasar, maka bisnis sesuai passion akan kokoh berada pada posisinya karena secara ciri khas memenangkan hati konsumen.

Mendorong pemiliknya selalu menggali potensi sehingga memunculkan sesuatu yang baru

Jika pada produk yang biasa dan tidak lahir dari passion, biasanya terlalu tergantung dari kecenderungan model atau dikendalikan oleh pasar. Namun tidak demikian dengan bisnis sesuai passion. Bisnis jenis ini akan mencari sesuatu yang berbeda. Bahkan merintis munculnya model atau sesuatu yang baru dari produk.

Rasa memiliki yang tinggi sehingga bisnis diurus dengan baik

Kadang kala seseorang menemui titik jenuh dalam menggeluti usahanya. Atau bahakan usahanya sendiri mulai menurun. Namun bagi bisnis yang dibangun dari konsep passion, biasanya memiliki grafik yang terus meningkat. Hal ini karena ada dorongan yang kuat oleh pemiliknya untuk senantiasa berinovasi. Merasa usaha ini miliknya sehingga benar-benar diurus dengan baik.

Strategi yang sulit di tiru sehingga memiliki kedudukan yang kuat di pasar

Keinginan untuk memuaskan konsumen akan selalu muncul jika bisnis di bangun dari passion. Banyak ide strategis muncul untuk membuat bisnis tetap digemari. Langkah strategis ini biasanya sulit di tiru orang lain. Hal ini karena kuatnya keinginan membangun bisnis dan pengetahuan yang mendalam terhadap bisnis.

Rela berkorban sehingga konsumen menghargainya

Menjadikan passion sebagai pekerjaan adalah paradigma bisnis yang berkembang di dunia milenial. Konsumen juga memiliki pengetahuan. Mereka tahu apa yang dilakukan pemilik bisnis. Jika pemilik bisnis rela mengeluarkan biaya untuk membuat produk berkualitas, maka konsumen akan memahami itu dan menghargainya dengan nilai yang tinggi. Jadi jangan takut mengembangkan bisnis karena itu tanda kita menyayangi konsumen.

Banyak hal yang  bisa dilakukan pada bisnis yang sesuai passion. Hal itu memungkinkan kita mengemabangkan bisnis lebih besar dan maju. Apa yang kita pikirkan tentang bisnis maka itu pula yang bisa kita terapkan. Berbeda dengan bisnis tanpa passion. Biasanya terikat pada aturan atau prinsip-prinsip dari pemilik produk.

Tulisan di atas sebagian merupakan pengalaman penulis kemudian sebagian juga merupakan hasil kajian berbagai laporan, hasil riset dan diskusi beberapa sumber. Penulis senantiasa melakukan survei untuk memperdalam isi tulisan. Namun demikian, penulis mohon maaf jika masih ada yang perlu ditambahkan. Silahkan dikirimkan pada halaman kontak. Terima kasih telah membaca tulisan ini. Semoga bermanfaat. Mudah-mudahan sahabat senantiasa di berikan kesehatan dan kesuksesan.