Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

30 Skills dan Sikap Menjadi Seorang Programmer Handal yang Sukses

30 Skills and Attitudes to Become a Successful Trusted Programmer

Menjadi Seorang Programmer – Sungguh suatu profesi yang sangat menjanjikan. Profesi ini untuk sebagian orang adalah pekerjaan yang sulit dan menantang. Bahkan ada sebagian lulusan programmer yang akhirnya tidak bergelut dalam pekerjaan ini. Menjadi seorang programmer bukan hanya menyangkut keterampilan, namun juga sikap. Hal ini penting sebab untuk sekedar jadi programmer yah! bisa saja!. Namun untuk menjadi programmer handal membutuhkan lebih dari sekedar keterampilan.

1. Keingintahuan

Seseorang yang ingin menjadi programmer harus memiliki rasa ingin tahu. Rasa ingin tahu berfungsi untuk medorong dengan kuat keinginan mempelajari atau mencari sesuatu yang sifatnya baru. Juga berfungsi untuk meningkatkan keterampilan yang sudah ada.

2. Memiliki Gairah Kerja

Gairah kerja akan memelihara keberlangsungan suatu pekerjaan. Berbeda antara orang yang punya gairah kerja dengan yang kurang memiliki gairah kerja. Gairan kerja akan menciptakan keinginan berprestasi. Gairah kerja merupaan unsur psikologi yang penting bagi seorang programmer. Pekerjaan yang menantang ini memerlukan gairah kerja yang tinggi.

3. Berfikir Kreatif

Kreatifitas merupakan daya cipta atau kemampuan untuk membuat sesuatu yang baru dan berguna bagi banyak orang. Sifat ini penting bagi seorang programmer. Dalam pekerjaan menjadi programmer diperlukan daya cipta yang tinggi. Contohnya ketika seseorang ingin menciptkan aplikasi tertentu, maka di perlukan kreatifitas sehingga hasilnya memiliki sifat kebaruan dan bukan hanya berfungsi sesuai keinginan tetapi juga bernilai.

4. Keinginan Berinovasi

Pengertian innovation atau inovasi adalah suatu kondisi dimana seseorang mampu melahirkan hal-hal baru yang di gagas atau dibuatnya sendiri. Seorang yang bercita-cita menjadi programmer haruslah memiliki keinginan berinovasi. Dalam artian selalu terbangun dalam dirinya itu keinginan membuat terobosan-terobosan yang hebat.  Contoh innovation atau inovasi adalah membuat aplikasi anti virus yang ramah pengguna, murah dan memiliki nilai komersial yang tinggi.

5. Bersikap Sederhana

Agar dapat diterima banyak kalangan, maka seorang yang ingin menggeluti dunia programmer perlu memiliki hubungan baik dengan orang lain. Untuk itu perlu memiliki sikap serhana dan rendah hati. Unsur-unsur ini dapat diterima banyak orang. Apalagi kita di Indonesa sangat menjunjung sikap, adat dan istiadat sehingga perlu sentuhan seperti itu.

6. Gigih Dalam Bekerja

Mampu bertahan dalam kondisi apapun merupakan ciri seorang yang bercita-cita menjadi programmer. Gigih dalam bekerja perlu di miliki seorang programmer. Hal ini karena perjalanan seorang pogramer penuh tantangan. Ditangan programmer semua aplikasi dibuat dan bisa berfungsi. Ditangan programmer pula seluruh mesin yang memerlukan aplikasi dapat bergerak sesuai keinginan pengguna.  

7. Mampu Memecahkan Masalah

Pekerjaan menjadi programmer adalah pekerjaan penuh tantangan, sehingga memerlukan kemampuan dalam memecahan masalah. Berbagai masalah akan muncul seputar analisis dan pembuatan setiap jenis aplikasi. Semakin sulit aplikasi itu dibuat maka semakin membutuhkan kemampuan untuk menanganinya. Maka apa bila seorang yang bercita-cita menjadi programmer tidak memiliki keinginan kuat untuk menghadapinya maka  sulit mewujudkan keinginannya itu.

8. Kenginan Memahami Secara Mendalam

Seorang yang memang berprofesi sebagai analisis sebagaimana halnya programmer memiliki keinginan memahami secara mendalam setiap masalah yang dihadapinya. Ini ciri seorang programmer. Hal ini penting baginya karena untuk memperoleh hasil yang maksimal perlu ketelitian dan analisa mendalam. Untuk membuat fungsi-fungsi logika dan aritmetika dalam pembuatan sebuah aplikasi memerlukan seseorang yang serius.

9. Terbuka Menerima Kritikan

Setiap pekerjaan pasti ada saja hal-hal yang memerukan kritikan dan evaluasi. Kritikan merupakan bagian dari upaya penyempurnaan pekerjaan itu sendiri. Pekerjaan tanpa kritikan dan masukan terasa kurang lengkap. Apalagi menyangkut profesi programmer justru diperlkan evaluasi, kritikan dan masukan supaya hasilnya sesuai yang diharapkan.

10. Mengikuti Perkembangan Teknologi

Seorang programmer harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Programmer termasuk dalam profesi yang mengandakan tekhnologi tinggi. Hal ini karena programmer sangat bersentuhan dengan fungsi-fungsi pemrograman. Mereka bekerja sesuai lembar spesifikasi software engineering. Melakukan proses pekerjaan itu melalui suatu bagan alur yang kemudian diterjemahkan kedalam bahasa yang dipahami oleh komputer.

11. Mampu Belajar Secara Mandiri

Menjadi seorang programmer memerlukan usaha yang keras dan belajar mandiri. Programmer dituntut untuk membuat agar semuanya dapat berjalan lancar. Untuk itu programmer melakukan berbagai pengujian untuk mengembangkan kasus supaya terdetesi hal-hal apa yang akan menghambat fungsi-fungsi pemrograman. Semuanya harus berjalan normal sebab komputer tak akan mentolerir jika terjadi kesalaan dalam pemrograman.

12. Keinginan Menggali Potensi Diri

Penting untuk menyadari bahwa diri kita memiliki potensi kekuatan yang perlu di kelola. Perlu upaya untuk menggali hal-hal terbaik bahkan terburuk pada diri kita yang terdalam. Bagi programmer hal ini penting untuk menggunakan segala sumber daya yang ada dalam diri. Cara mencari potensi diri tentu melalui upaya yang keras dan tidak kenal lelah. Menjadi programmer yang berhasil harus bekerja keras dan kerja cerdas.

13. Luwes Dalam Bergaul

Pergaulan juga menentukan keberhasilan seseorang. Ketika kita bergaul dengan seorang berpedidikan, yah! mungkin saja kita akan ikut merasa bahwa pendidikan itu penting. Begitupun jika kita bergaul dengan orang yang bisa mendukung karir kita tentu itu baik selama tidak merugikan orang lain. Seorang programmer harus luwes dalam bergaul. Ini perlu karena terkait dengan nilai komersialisasi jasa programmer agar dapat diterima para pengguna.

14. Memahami Fungsi Alogaritma

Tidak ada seorang programmer yang dapat menghindari untuk mempelajari alogaritma. Justru disinilah kunci kehebatan seorang  programmer. Mungkin sebagian kalangan menganggap mempelajari alogaritma itu gampang-gampang susah. Artinya ada yang mengatakan mudah, namun tidak sedikit yang mengatakan sulit. Alogaritma sangat berhubungan dengan pemrograman. Bagi sahabat yang ingin menjadi programmer maka penting untuk memahami alogaritma.

15. Memahami fungsi logika

Pada dasarnya logika merupakan bahasa Yunani yaitu logos artinya ilmu. Ini artinya dalam pemecahan masalah di lakukan menggunakan langkah-langkah yang logis. Sehingga dalam hal ini programmer akan mengikuti suatu bagan alur yang sistimatis dan logis untuk menghidupkan suatu sistim dari program yang dibuat. Jadi logika sebenarnya bagian dari algoritma termasuk metode dan tahapanya.

16. Mengerti Bahasa Pemrograman

Seorang yang bercita-cita menjadi programmer wajib memahami bahasa pemrograman. Ini juga inti dari pekerjaan programmer. Bahasa pemrograman inilah yang nantinya membuat semua aplikasi dapat berfungsi sesuai harapan. Bahasa pemrograman sebetulnya adalah suatu instruksi yang digunakan untuk memerintah komputer. Ini merupakan suatu himpunan dari aturan-aturan sintax dan semantik

17. Memahami Bahasa Inggris

Saat ini tuntutan untuk bisa berbahasa inggris sangat tinggi. Hal ini karena berbagai kepentingan selalu saja bersentuhan dengan bahasa inggris. Maklum menjadi salah satu bahasa dunia membuat bahasa inggris sangat penting di kuasai oleh seorang programmer. Kemudian bahasa inggris juga menjadi bahasa pengantar dalam memahami hal-hal yang berkaitan dengan instruksi-instruksi komputer.

18. Memahami Cara Kerja Kompter

Sebagai profesi yang lagi digemari kaum milenial saat ini, maka programmer perlu memberikan kualitas kerja yang mumpuni. Salah satunya programmer harus memahami benar cara kerja sebuah komputer. Aneh sekali! Bilamana seorang programmer berencana membuat suatu program sementara tidak memahami mekanisme kerja  komputer.

19. Memahami Matematika

Walaupun tidak menguasai secara baik matematika sebagaimana ahli matematika, minimal seorang programmer familiar dengan operasi matematika seperti pengurangan, pembagian, perkalian dan penjumlahan. Dalam proses pekerjaanya, programmer tentu akan bersentuhan dengan operasi matematika.

20. Keinginan Menjadi Programmer Handal

Harus ada keinginan yang menggebu-gebu dalam hati untuk menjadi programmer. Ini penting sebab menjadi programmer itu penuh tantangan. Bagi sahabat yang ingin terjun ke dunia programmer maka siap-siap menghadapi siatusi yang membosankan dan menantang. Bukannya menakut-nakuti ya! tapi yah! begitulah kenyataanya. Namun sebagian orang menilai pekerjaan ini sangat menarik dan menguntungkan.

21. Mampu Bekerja Secara Tim

Bekerja sebagai programmer biasanya terlibat dalam projek tertentu. Untuk itu setiap programmer harus mampu bekerja dalam tim work. Ini penting karena di dalam tim berbagai karakter manusia ketemu dalam satu Irama pekerjaan. Untuk itu diperlukan orang-orang yang mampu beradaptasi untuk saling mendukung guna menyelesaikan pekerjaan tim.

22. Memahami Big Data dan Jaringan Internet

Programmer harus memahami karakeristik dan struktur data yang besar, cepat dan kompleks. Dari organisasi biasanya mengumpulkan data dari berbagai sumber sehingga jumlahnya banyak sekali. Berbagai data seperti data bisnis, karakteristik orang, perangkat, media sosial dan sebagainya. Programmer harus memahami big data karena akan terintegrasi kedalam sistim atau program yang dibuatnya. Kemudian disisi lain programmer harus menguasai jaringan internet. Disini program harus paham betul cara kerjanya.

23. Mampu Membaca Source Code

Seorang programmer perlu menjunjung tinggi kejujuran dan kepercayaan. Hal ini sangat penting karena biasanya programmer memegang kunci rahasia atau source code dalam mekanisme kerja sistim dalam perusahaan. Olehnya itu faktor kejujuran menjadi nomor satu. Source code merupakan kode dalam bahasa tertentu. biasanya programmer menuliskan sebuah software atau mungkin sebuah situs bisa di tulis dalam tex editor.

24. Pilihan Bahasa Programmer yang Tepat

Bagi sahabat yang bercita-cita menjadi programmer maka wajib memahami bahasa pemrograman. Hal ini karena jika tidak menguasainya maka mustahil program apapun bisa di buat. Ini merupakan skill utama bagi programmer. Beberapa jenis bahasa pemrograman yang harus di kuasai yaitu:
  • C++
  • Java
  • JavaScript
  • PHP
  • Swift
  • Ruby

25. Memiliki Jiwa Seni

Secara umum orang bisa bekerja, namun tidak semua orang mampu menghasilkan pekerjaan yang memuaskan. Profesionalisme dalam pekerjaan tidak dapat dicapai oleh semua orang. Hanya orang-orang tertentu saja yang mampu mencapai profesionalisme yang tinggi. Apalagi bagi seorang programmer sangat dianjurkan bekerja dengan jiwa seni dalam pekerjaanya. Seorang programer dituntut memiliki daya cipta. Oleh karen daya ciptanya itu maka penting di tunjang dengan jiwa seni.

26. Mampu Mengerjakan Projek Open Source

Biasanya ada project open source yang ditangani oleh tim programmer. Projec open source merupakan program dimana semua orang dapat melihat kemudian menggunakan dan memodifikasi program tersebut. Selain itu orang-orang dapat mendistribusikan program tersebut pada orang lain untuk semua tujuan. Pada akhirnya programmer yang sukses mengerjakan project open source adalah yang mampu membangun komitmen untuk mencapai hasil maksimal dengan proses yang berkualitas.

27. Suka Melakukan Riset

Dalam diri seorang programmer harus terdapat keinginan kuat untuk melakukan riset. Hal ini karena membangun sistim dari sebuah aplikasi itu juga merupakan riset. Olehnya itu alangkah lucunya jika seorang yang ingin menjadi programmer namun mencoba menghindari kegiatan penelitian. Kondisi itu menunjukkan kurangnya keinginan menggali penemuan-penemuan baru.

28. Memahami Cloud Computing

Dalam profesi programmer, harus paham apa yang dimaksud cloud computing. Cloud computing berkaitan dengan pemanfaatan data center yang berasal dari komputer-komputer kapasitas besar. Sistim ini dioperasikan oleh coud service provider. Untuk mengakses sumber daya tersebut diperlukan jaringan internet yang terkoneksi secara baik sehingga bisa berfungsi untuk penyimapanan data, melakukan pengelolaan dan memproses data-data yang ada.

29. Mampu Melakukan Multitasking

Melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu membutuhkan komitmen dan kekuatan fisik. Dalam profesi programmer hal itu penting untuk dipahami. Otak kompter tidak sama dengan manusia. Komputer mampu melakukan berbagai macam pekerjaan walaupun pada waktu yang sama. Dalam multitasking setiap pekerjaan saling terkait. Dalam hal ini terdapat pola yang sama dalam proses pekerjaan. Untuk itu programmer harus memahami cara kerjanya sehingga hasil yang diperloh dapat maksimal.

30. Mampu Melakukan Debugging

Debug atau debugging merupakan bagian dari pekerjaan programmer. Pekerjaan ini dilakukan untuk mencari tahu serta menghilangkan apa yang disebut bug atau suatu potensi kesalahan dalam suatu rangkaian kode. Jika ada kesalahan dalam rangkaian kode tersebut bisa menyebabkan sistim tidak berjalan atau berjalan secara tidak maksimal. Olehnya itu alangkah pentingnya debungging bagi seorang programmer.

Sumber dan Referensi Lainnya

  • https://campus.quipper.com/careers/programmer
  • https://www.sas.com/id_id/insights/big-data/what-is-big-data.html
  • https://www.techrepublic.com/article/8-skills-programmers-must-master-before-a-technical-interview/
  • https://www.alodokter.com/ini-buktinya-multitasking-tidak-efisien-dan-mengganggu-kesehatan
  • https://www.logique.co.id/blog/2020/09/23/apa-itu-debugging/
Terima kasih sudah berkunjung di blog ini. Semoga tulisan di atas dapat memberikan pencerahan seputar menjadi seorang programmer. Silahkan jika ingin menambah referensi dapat menelusuri ditemukan pada sumber lainnya. Semoga sahabat senantiasa sehat walafiat dan sukses selalu. Aamiin