Penyebab dan Tips Mengusir Rasa Bosan di Tempat Kerja

Sahabatku yang kurindukan! rasa bosan kerap kali dirasakan hampir semua orang. Hal ini memang wajar. Sudah menjadi kodrat manusia memiliki rasa bosan, jenuh atau boring atas kesehariannya. Pada dasarnya rasa bosan ada dua macam yaitu bosan terhadap sesuatu kebaikan dan bosan pada sesuatu keburukan.

Bosan terhadap sesuatu kebaikan pada prinsipnya merupakan hal yang buruk. Misalnya kita bosan bekerja, bosan mengurus rumah, bosan merawat tanaman, bosan menasehati anak dan sebagainya. Bosan semacam ini bukan tipe bosan yang baik ya sahabat! 


Sebaliknya bosan pada sesuatu yang buruk merupakan hal yang baik. Misalnya bosan menyakiti orang, bosan menzalimi orang, bosan iri hati pada orang lain, bosan menganggu orang, dan lain-lain. Pada intinya bosan semacam ini merupakan bosan yang baik. Rasa bosan semacam inilah yang perlu di miliki sehingga menjadikan hidup kita lebih damai, lebih tenang dan menjadi lebih baik.

Memahami Rasa Bosan

Pengertian bosan itu sendiri telah banyak di kemukakan di berbagai referensi. Sekedar mengingatkan kembali, perlu dijelaskan sedikit menyangkut rasa bosan ini. Dalam upaya mengenali munculnya rasa bosan dalam diri kita, baiknya kita pahami dulu apa itu rasa bosan. Pada dasarnya rasa bosan adalah suatu kondisi dimana kita sedang merasakan suatu pikiran-pikiran yang memaksa kita mencapai perubahan sehingga menghasilkan kondisi yang baru. 


Dalam pikiran dan perasaan kita muncul desakan untuk menghentikan rutinitas monoton yang sedang dijalani. Kita sedang merasakan kondisi hidup yang itu-itu saja. Diri kita memberontak, ingin berpindah pada kondisi yang berbeda, kondisi yang benar-benar baru dengan nilai yang lebih besar lagi. Artinya kita dalam posisi mencapai titik jenuh dalam pekerjaan.

Pernakah kita membayangkan dimana kita tidak pernah bosan mengkonsumsi beras (nasi) atau roti. Pada hal setiap hari kita mengkonsumsinya. Ini disebabkan karena adanya variasi dari menu yang kita sajikan. Kita biasa menyajikannya dengan lauk pauk yang berbeda-beda sehingga tidak membosankan. Dari contoh tersebut kita coba menemukan jawabannya.

Ciri-Ciri Seseorang Bosan Dalam Pekerjaan

Ciri-ciri seseorang telah bosan atau jenuh dalam pekerjaan adalah penting diketahui. Berbagai indikator rasa bosan dapat dilihat dari berbagai sikap kita. Terutama dalam rutinitas pekerjaan dapat dengan mudah mengenali ciri-ciri seseorang yang mulai bosan dalam pekerjaanya. Sahabat dapat merasakan sendiri tanda-tanda berikut ini, jika ada dalam diri kita maka itu artinya penyakit bosan mulai mengendalikan diri kita.

Selalu Lambat Pergi Ketempat Kerja

Seseorang yang sering lambat ketempat kerja perlu di perhatikan sebagai salah satu tanda munculnya rasa bosan. Pada hal bisa lebih tepat waktu untuk datang kekantor, namun sengaja untuk mengulur-ulur waktu karena kurangnya daya tarik di tempat kerja. Ini tanda seseorang mulai jenuh atau bosan terhadap pekerjaannya. Kadangkala suatu waktu datang kekantor tepat waktu. Tetapi berikutnya kembali telat lagi. 

Pulang Lebih Cepat

Datang telat tetapi pulang lebih cepat merupakan ciri seseorang mulai bosan terhadap pekerjaanya. Tidak betah berlama-lama menyelesaikan pekerjaannya. Bahkan ditemani banyak rekan pun tetap merasa bahwa pulang lebih cepat merupakan hal yang terbaik. Kalau sudah seperti ini maka pekerjaanya dianggap bukan sesuatu yang prioritas.

Menurunnya Tingkat Kepatuhan  

Pada dasarnya kepatuhan sangat diperlukan dalam menjaga rutinitas pekerjaan. Jika kepatuhan semakin rendah maka pelaksanaan pekerjaan seringkali tidak sesuai dengan mekanisme yang di tetapkan. Seseorang yang ingin berbuat sesuaka hati dan cenderung menetapkan aturannya sendiri, maka orang tersebut mulai bosan dengan apa yang dijalaninya.

Merasa Waktu Kerja Cukup Lama

Bagi seseorang yang dihinggapi rasa bosan, biasanya merasakan waktu berjalan terasa menyiksa. Mereka rata-rata merasa bahwa jam kerja berjalan begitu lambat. Ini dipengaruhi oleh rasa yang kurang tertarik dengan keberadaanya di tempat kerja. Kadang-kadang kondisi ini berubah menjadi semakin tak terkendali, sehingga tidak jarang seseorang bolos dari tempat kerjanya.

Malas Meningkatkan Kinerja

Ketika rasa bosan telah merasuki diri seseorang, maka mulai ada rasa malas menggali potensi yang ada dalam dirinya. Seseorang akan menerima apa adanya atau menganggap pencapaiannya cukup sampai disini saja. Ini artinya apa?.  menganggap dirinya tak berdaya dan puas walaupun potensi dirinya masih dapat digali. Sebenarnya masih ada pencapaian yang lebih tinggi bakal di raihnya.

Cepat Merasa Lelah Dalam bekerja

Ciri ini sering terlihat pada seseorang dalam proses pekerjaan. Baru beberapa saat melakukan pekerjaan tiba-tiba berhenti dan minta istrahat. Sambil duduk santai meninggalkan pekerjaannya. Pada hal kalau kondisi ini diabaikan saja atau berusaha melawan keinginan itu, bisa saja pekerjaan tersebut diselesaikan. Dorongan yang rendah dalam diri seseorang untuk tekun melaksanakan pekerjaan, merupakan salah satu tanda bahwa seseorang itu mulai bosan.

Minat Kerja Rendah

Ketika melakukan pekerjaan ada-ada saja alasan agar pekerjaan itu di tunda atau diselesaikan pada waktu yang lain. Kondisi ini menunjukkan seseorang telah kehilangan minat kerjanya. Sebetulnya sudah ada aturan yang ditetapkan bahwa pekerjaan harus diselesaikan sesuai waktu yang ditentukan. Namun karena minat kerja yang semakin rendah membuat seseorang kurang memiliki keinginan menyelesaikan pekerjaannya.

Penyebab Rasa Bosan Dalam Pekerjaan

Setiap pekerjaan memiliki titik dimana kita mencapai puncak dari rasa yang ditawarkan oleh pekerjaan itu. Contohnya ketika berada dalam kondisi kehausan, nilai sebotol air meneral sangat besar bagi kita. Namun ketika meminumnya dan sampai pada tingkat dimana rasa haus itu mulai hilang, maka perlahan-lahan nilai sebotol air mineral lambat laun makin berkurang.

Nah! begitupun segala aktifitas kita. Ketika kita baru ditawarkan pekerjaan baru, maka nilai pekerjaan itu sangat besar artinya. Kita sangat bersyukur mendapatkan kesempatan itu. Namun seiring waktu berjalan, dimana pekerjaan itu berubah menjadi semakin monoton dan mencapai puncaknya, maka kita mulai merasakan rendahnya nilai pekerjaan.

Titik jenuh itu akan sampai ketika merasakan nilai aktifitas itu makin berkurang. Berkurangnya nilai tersebut akibat seringnya pekerjaan itu kita lakukan. Berulang-ulang setiap hari dilakukan sehingga menimbulkan suatu titik kebosanan. Sejak bangun pagi sampai pagi lagi, kita hanya memikirkan dan melakukan pekerjaan itu. Akibatnya sampailah pada kondisi, dimana ada keinginan memberontak ingin keluar dari rutinitas itu.

Salah satu hal yang sering membuat seseorang menjadi bosan disebabkan adanya kekecewaan di tempat kerjanya. Kecewa terhadap sistim yang berlaku karena banyak merugikan orang lain. Sistim yang berjalan terlalu banyak menawarkan sisi ketidakadilan. Seseorang yang terus menerus di kecewakan, dirugikan, diintimidasi, diganggu dan lain sebagainya pada akhirnya akan mencapai titik jenuh atau bosan.

Secara umum rasa bosan menghinggapi semua orang. Termasuk pekerjaan kantoran. Biasanya menunggu usainya waktu kerja, rasa bosan itu mulai datang. Bagus kalau pekerjaan sudah selesai dan hanya sebatas bosan menunggu waktu pulang. Namun jika rasa bosan bersamaan datang dengan pekerjaan yang menumpuk, maka kondisi ini semakin menyiksa. Bahkan boleh dikata seseorang sudah muak dengan pekerjaan.

Tips Mengusir Rasa Bosan

Perasaan bosan harus di singkirkan jauh-jauh. Unsur yang satu ini merupakan penyakit dan penyebab kegagalan pada hampir semua pekerjaan. Untuk itu perlu diketahui bagaimana menghindari rasa bosan terutama dalam bekerja. 

Cara menghilangkan rasa bosan di kantor misalnya perlu diketahui oleh seorang pegawai atau karyawan. Dengan mengetahuinya maka ada dorongan untuk mengusir atau menghindarinya. Olehnya itu sesuai pengalaman penulis serta penjelasan dari berbagai referensi yang ada,  kali ini penulis membagikan beberapa tips mengusir rasa bosan. 

Mengajak Rekan Mengobrol

Mengajak rekan kerja untuk mengobrol salah satu tips mengusir rasa bosan.  Berbicara dengan rekan, membahas sesuatu topik mungkin lebih menyenangkan dibandingkan harus duduk sendiri di ruang kerja. Proses komunikasi yang terjadi secara dua arah seperti ini akan menghidupkan suasana menjadi lebih seru. Akhirnya kondisi yang tadinya membosankan, perlahan-lahan akan hilang dan tak terasa waktu berjalan begitu cepat.

Mendengarkan Musik

Bagi sahabat yang suka mendengarkan musik tidak ada salahnya meluangkan waktu memutar lagu yang disukai. Mendengarkan musik seringkali menenangkan hati kita sehingga suasana menjadi lebih santai dan tenang. Gunakan podcast melalui smartphone untuk mendengarkan musik. Alunan musik dapat mengusir kecemasan dan rasa bosan.

Keluar Ruangan

Pergi keluar ruangan salah satu cara menenangkan diri. Duduk santai di lobi atau di beranda kantor cukup membuat hati kita terhibur. Melihat kesibukan orang bisa melupakan sejenak pekerjaan kita sehingga pikiran menjadi fresh kembali. Tetapi jangan berlama-lama ya! bisa-bisa menjadi kebiasaan dan akhirnya pekerjaan terbengkalai.

Merancang Rencana Kerja

Sambil mencoret-coret untuk merancang agenda kerja dapat juga menghibur diri agar terbebas dari rasa bosan. Biasanya berpindah pada kesibukan yang lain akan menghilangkan sifat monoton dari pekerjaan. Melakukan hal-hal positif seperti itu akan mendatangkan manfaat. Bisa menghibur diri sekaligus bisa menyelesaikan pekerjaan lain yang bermanfaat.

Membaca Berita Online

Banyak sekali situs yang menyediakan berita secara online. Luangkan waktu untuk membaca berita sehingga melepaskan kita dari ketegangan akibat pekerjaan.  Apalagi berita seputar selebriti biasanya seru dan membuat kita terhibur. 

Nonton Acara Televisi

Kesibukan yang satu ini sering dianggap paling ampuh untuk mengusir boring akibat pekerjaan. Apalagi jika acara itu kesukaan kita tentu akan menjadi hiburan yang menyenangkan. Biasanya nonton bareng rekan kerja biasanya lebih seru. Apalagi ditemani secangkir kopi dan snack membuat suasana makin menyenangkan.

Membalas Komentar di Media Sosial

Cara lain mengurangi rasa bosan di tempat kerja adalah dengan menjelajahi media sosial sambil membaca dan membalas komentar. Menulis status dan saling berbalas komentar sejenak akan membuat kita lebih rileks dan melupakan pekerjaan yang menumpuk. Pikiran menjadi fresh kembali dan tentunya kita bisa memulai pekerjaan.  

Beberapa tips di atas merupakan hal yang sering penulis lakukan. Tentunya sahabat memiliki kebiasaan berbeda dan bisa digunakan untuk menghilangkan rasa bosan dalam pekerjaan. Mudah-mudaha apa yang penulis kemukakan bisa sahabat terapkan sehingga suasana pekerjaan menjadi lebih menyenangkan.

Referensi dan Sumber Lain

  • https://www.beautynesia.id/berita-travel/kenali-tanda-tanda-seseorang-bosan-bekerja/b-112464
  • https://uptown.id/id/2019/11/25/15-cara-efektif-untuk-mengusir-rasa-bosan-di-kantor/
  • https://www.modalrakyat.id/blog/7-cara-menghilangkan-bosan-di-kantor 
  • https://www.duniakaryawan.com/cara-menghilangkan-kejenuhan-dalam-bekerja/
  • https://www.santinewshop.com/2019/08/jangan-biarkan-rasa-jenuh-membunuh.html
  • https://www.linovhr.com/cara-mengatasi-bosan-kerja/

Terima kasih telah berkunjung di laman ini, silahkan sahabat jelajahi blog ini, masih ada tulisan yang mungkin sahabat butuhkan. Semoga keseharian sahabat senantiasa indah, semoga pula dalam kondisi sehat dan segala harapan dan target dapat tercapai. Jika sahabat ingin menjadi orang pertama mendapatkan kiriman tulisan terbaru, silahkan ketik email dan tekan tombol subscribe.

Berlangganan via Email