Gagasan Pengembangan Koperasi Berbasis Digital

Apa Kabar Koperasi

Sebenarnya apa yang terlintas di benak kita ketika mendengar kata koperasi. Mungkin saja berbeda diantara kita. Mungkin yang terlintas di pikiran kita adalah koperasi adalah urusan yang belum pernah di tuntas di negara ini.

Pada dasarnya kedudukan koperasi sangatlah penting sebagai soko guru perekonomian. Ini kata-kata yang selalu kita dengar di bangku sekolah sampai perkualiahan. Bahkan sampai saat ini. Namun koperasi secara umum belum mampu mencapai apa yang dimaksud sebagai soko guru itu.

gagasan-mengembangan-koperasi-digital

Adakalanya kita berfikir bahwa koperasi ini memiliki banyak permasalahan. Mulai dari urusan pendiriannya, organisasinya sampai pengelolaan bisnisnya. Entah apa yang merasukinya sehingga koperasi belum muncul mendominasi sehingga mendapat gelar sebagai soko guru ekonomi Indonesia.

Tetapi itu mungkin pemikiran kita saja ya!. Sebenarnya koperasi memiliki posisi yang sangat strategis di negara ini. Mengingat budaya kita yang suka bergotong royong menjadi modal awal bagi koperasi untuk berkembang.

Oke sobat!. Mari kita lihat bagaimana koperasi menggeliat lagi diera milenial. Ibaratnya begini, laksana seekor singa yang sedang tidur, tau-tau kesiram air panas. Beguling-guling, menggeliat kesana kemari, tidak karu-karuan (admin:kacau). Artinya ketika sebagian koperasi lelap tertidur, tau-tau situasi di luar sudah berubah.

Koperasi menghadapi tantangan yang luar biasa beratnya. Mengapa demikian?!. Saat ini bisnis telah merubah polanya menuju pengembangan bisnis yang berbasis digital. Masyarakat konsumen sudah tidak berniat bersusah payah mendapatkan produknya. Mereka mengintipnya dari balik smartphone dan memesannya secara online.

Berbagai market place terbuka dimana-mana. Luar biasa pengaruh teknologi dalam mengembangkan bisnis saat ini. Sungguh ironis lagi jika koperasi tidak ikut menikmati pesta bonus demografi milenial dan pemanfaatan teknologi dalam bisnis.

Keuntungan Koperasi Berbasis Digital

Koperasi memiliki jangkauan pasar yang luas. Dikelola dengan prinsip gotong royong dan memiliki misi mendayagunakan dan mensejahterakan anggotanya. Koperasi dapat berusaha di segala bidang bisnis. Untuk menjangkau itu maka koperasi memerlukan sistim kerja yang terintegrasi dan cepat. Persaingan yang tinggi menuntut koperasi untuk menyelenggarakan sistim e-commerce sebagaimana yang dilakukan di banyak market place.

Dalam mengembangkan bisnisnya koperasi memerlukan sumber daya yang kuat untuk menjangkau konsumen. Untuk itu koperasi harus mempertimbangkan merubah pola layanan menjadi pola berbasis digital. Melalui penggunaan teknologi maju, pelayanan koperasi menjadi lebih cepat, handal dan konsisten.

Melalui sistim digital pangsa pasar koperasi menjadi lebih luas. Koperasi tidak lagi tergantung pada pengelolaan waserda, simpan pinjam dan lain sebagainya. Namun koperasi dapat melakukan kemitraan dengan usaha profesional dan melakukan pembagian shering fee. Dengan demikian resiko usaha sebagaimana yang dialami koperasi pada umumnya tidak terjadi. 

Gagasan untuk mengembangkan koperasi digital sangat menarik untuk direalisasikan. Sejauh ini pemerintah pun mendukung pengembangan bisnis berbasis teknologi maju. Apalagi dengan semangat revolusi indutri 4.0 maka pengembangan koperasi perlu di lakukan. Bonus demografi indonesia merupakan potensi besar bagi koperasi digital.

Dalam upaya mendukung kearah itu maka perlu dipahami oleh pelaku koperasi, mahasiswa, dosen maupun pemerintah agar sejalan dalam upaya menjadikan koperasi sebagai soko guru perekonomian bangsa. Tulisan ini sebagai bagian dari upaya memberikan ide-ide untuk meningkatkan kesejahteraan kita bersama.

Referensi dan Sumber Lainnya

  • https://www.cnbcindonesia.com/profil/20190908161908-41-97880/wafa-taftazani-bangun-koperasi-digital-curi-hati-jokowi
  • https://inet.detik.com/business/d-4752558/transformasi-koperasi-di-era-digital-seperti-apa
  • https://www.krjogja.com/peristiwa/jurnalisme-warga/koperasi-digital-idaman-kaum-milenial/
  • https://goukm.id/Keuntungan-Jadi-Anggota-Koperasi-Digital/
  • https://www.wartaekonomi.co.id/read197180/mencoba-layanan-digital-koperasi-zaman-now-review
Tulisan di atas sebagai bagian dari upaya mendorong semangat membangun kekuatan ekonomi koperasi di Indonesia.Terima kasih atas kunjungannya. Nantikan artikel lainnya dan jangan lupa berlangganan konten gratis. Semoga tetap sehat dan terhindar dari segala wabah penyakit.

Berlangganan via Email