Apa Itu Novelty, Mengapa Penting dan Bagaimana Menemukannya

Melakukan Riset dengan Unsur Kebaruan

Secara ilmiah, mencari pengetahuan baru dilakukan melalui kegiatan riset. Riset yang benar dengan prosedur yang sesuai kaidah-kaidah ilmiah dapat menghasilkan informasi yang bermanfaat. Hal penting dari sebuah ide riset adalah menemukan kebaruan atau novelty.

Terkadang sebuah penelitian hanya merupakan pengulangan dari penelitian sebelumnya. Penelitian  semacam ini kurang menarik dan dangkal. Penelitian tersebut kurang memberikan metode pemecahan masalah yang baru. Akhirnya penelitian tersebut sulit diterapkan dan menjadi penghias perpustakaan. Pada hal seharusnya hasil penelitian ini harus memberikan solusi yang tepat terhadap permasalahan yang di hadapi.

https://apa-itu-novelty-mengapa-penting-dan-bagaimana-menemukannya.html

Melihat masalah dengan sudut pandang yang berbeda akan memperkaya pengetahuan dan menjadi rujukan bagi penelitian selanjutnya. Tidak jarang para mahasiswa kesulitan ketika ingin menemukan suatu kebaruan dari hasil-hasil penelitian yang sudah ada. Artinya untuk menemukan adanya novelty diantara rimba raya hasil penelitian memerlukan trik tertentu.

Apa itu Novelty

Novelty pada dasarnya merupakan unsur originalitas. Suatu temuan yang bersifat baru. Artinya menemukan apa yang belum di temukan orang lain. Menemukan celah pengetahuan baru, masalah baru dan metode baru dari sekian banyak riset yang telah dilakukan.

Novelty di temukan ketika kita mencoba menjelajahi fenomena dari permasalahan penelitian. Dapat saja sebuah penelitian di katakan memiliki novelty walaupun mempunyai variabel penelitian yang sama tetapi dengan lingkungan yang berbeda. Ketika penelitian tersebut di lakukan pada kondisi yang berbeda dan memberikan informasi dari kondisi tersebut, dapat saja menawarkan unsur-unsur kebaruannya.

Seseorang perlu menemukan novelty selain untuk mencegah terulangnya hasil yang sama juga mencegah adanya plagiarisme. Menggali lebih jauh tentang fenomena yang sama juga bisa menemukan celah pengetahuan baru.

Mengapa Novelty Penting

Setiap penelitian bertujuan untuk menemukan informasi  atas sebuah fenomena. Penelitian juga bertujuan untuk menawarkan temuan metode dalam hal menyelesaikan masalah dalam fenomena itu. Maka tidak dapat ditawar bahwa menemukan unsur kebaruan harus menjadi prioritas utama dalam sebuah kegiatan penelitian.

Novelty penting karena tujuan sebuah penelitian adalah memberikan suatu pemecahan masalah yang baik. Sebuah permasalahan penelitian yang hanya berulang dari satu generasi ke generasi yang lain atau dari satu periode ke periode yang lain sebenarnya minim manfaat.

Apa yang bisa kita peroleh dari sebuah penelitian yang pernah di teliti orang lain. Apalagi jika penelitian itu mengambil kasus-kasus yang sama atau fokusnya sama persis dengan penelitian yang lalu. Akhirnya penelitian semacam ini akan berakhir di lemari perpustakaan dan kurang dimanfaatkan orang lain.

Bagaimana Menemukan Novelty

Menemukan sebuah novelty memang bukanlah sesuatu yang mudah. Ibaratnya seperti mencari sebuah batu kecil di tengah ratusan bahkan ribuan batu. Namun ada pola dan metode yang bisa digunakan untuk menemukan sifat kebaruan dari penelitian ini.

Dalam upaya menemukan novelty kita perlu menemukan apa yang disebut research gap. Artinya perlu di ketahui apakah ada suatu celah riset yang menunjukkan suatu pertentangan pada hasil-hasil riset yang dilakukan sebelumnya.

Bisa saja sebuah penelitian mengambil variabel yang sama tetapi karena di terapkan dalam kondisi yang berbeda maka menimbulkan suatu perbedaan hasil. Disini kita perlu menemukan apa yang menyebabkan hal itu, sehingga kita mungkin bisa menemukan sebab lain yang bisa menjadi hal yang perlu diteliti untuk menunjukkan sisi kebaruan dari penelitian kita.

Para pakar dan literatur review juga bisa digunakan untuk menemukan novelty. Tidak kalah menariknya adalah di temukannya aplikasi yang bisa membantu kita menemukan sisi novelty ini. Misalnya menggunakan aplikasi VosViewer.

Referensi dan Sumber Lainnya

  • https://www.globalstatistik.com/
  • https://www.researchgate.net/publication/329810088_Analisis_Kebaruan_novelty_dalam_Metode_Penelitian_Akuntansi
  • https://www.kompasiana.com/balawadayu/5e4c217d097f360a561b51c2/apa-itu-novelty
  • https://idtesis.com/implementasi-prinsip-kebaruan-novelty/
  • https://nusantara.rmol.id/read/2018/10/28/363783/budhi-gunawan-ph-d-penulisan-disertasi-untuk-menemukan-novelty-tetapi-apa-itu-novelty
  • https://www.qureta.com/post/tentang-novelty-dalam-karya-ilmiah
  • https://heriakhmadi.com/2018/12/10/menemukan-novelty-dalam-disertasi-dan-publikasi-ilmiah-bereputasi/
Sahabatku sekalian, melalui upaya yang keras, ketelitian yang mendalam serta ketekunan mengumpulkan literatur yang memiliki hubungan dengan topik yang kita teliti bisa membantu dalam mengatasi hal ini.

Semoga penjelasan di atas dapat membantu memberikan pemahaman dan menggugah semangat sahabat sekalian untuk menghasilkan suatu riset yang berkualitas. Riset yang berkualitas akan memberi manfaat yang besar bagi pihak yang membutuhkannya. Terima kasih telah berkunjung di  blog ini. Jika ingin mendapatkan konten gratis lainnya silahkan masukan email dan tekan tombol berlangganan.

Berlangganan via Email