3 Destinasi Wisata Sulawesi Tengah | Banggai Kepulauan

Salah Satu Wisata Sulawesi Tengah Terindah

AKHMAD. COM - Sulawesi Tengah memiliki beberapa destinasi wisata. Salah satunya terdapat di Kabupaten Banggai Kepulauan. Kondisi yang bisa di saksikan disini adalah danau yang indah, sampai air terjun dan panorama pantai. Sebagian objek wisata  belum terpublikasi dengan baik sehingga sangat asri. Bagi sahabat yang gemar berpetualang, silahkan datang ke Sulawesi Tengah khususnya ke Banggai Kepulauan.

destinasi-wisata-sulawesi-tengah
Kantor Bupati Banggai Kepulauan

Sekilas Tentang Banggai Kepulauan

Sulawesi Tengah sejak beberapa tahun lalu melakukan pemekaran sejumlah daerah. Salah satunya Banggai Kepulauan. Daerah ini menjadi kabupaten dan terus berbenah, melakukan pembangunan di segala aspek.

Secara geografis, Kabupaten Banggai Kepulauan berada 104 meter di atas permukaan laut. Banggai Kepulauan memiliki 12 kecamatan dan 141 desa. Dinamakan Banggai Kepulauan karena daerah ini memang di kelilingi oleh 23 pulau.

Bagi sahabat ingin mendatangi objek wisata di Sulawesi Tengah, Banggai Kepulauan menjadi salah satu alternatif yang tepat. Apalagi pencinta perjalanan berpetualang ke pulau-pulau, maka mendatangi Banggai Kepulauan adalah pilihan yang tepat.

Ibu Kota Kabupaten Banggai Kepulauan  berkedudukan di Kota Salakan. Berjarak kurang lebih 354 km dari Kota Palu. Kalau dipikir-pikir jauh juga, tetapi sahabat akan menemui pemandangan yang  indah menuju ke daerah ini. 

3. Destinasi Wisata di Kabupaten Banggai Kepulauan

Destinasi wisata kali ini menampilkan objek wisata yang terdapat di Sulawesi Tengah khususnya di Kabupaten Banggai Kepulauan. Masih sangat asri, sehingga bukan hanya memanjakan mata, tetapi memberikan kesejukan dan kesegaran pernapasan, sehingga menyehatkan bagi yang mengunjunginya. Ayo kita lihat satu persatu. 

1. Wisata Pantai Teduang

Pantai Teduang sangat indah, bisa menjadi tujuan wisata bagi sahabat yang menyukai panorama pantai. Panorama yang ditampilkan pantai Teduang membuat siapa saja yang memandangnya pasti tergoda.

destinasi-wisata-sulawesi-tengah
Pantai Teduang Banggai Kepulauan
Lautnya yang biru dengan pantai asri membuat mata kita menjadi segar. Dihiasi dengan pohon-pohon yang hijau membuat aneka warna yang membuat mata kita enggan berpaling. Belum lagi ada motif yang dibuat dari baru-batu menyerupai motif bunga dan love. Semua itu menambah keindahan Pantai Teduang. Jika sahabat ingin mengunjunginya, silahkan saja, pasti akan puas.

Pantai Teduang merupakan area teluk dengan arus yang tenang. Pada hari tertentu banyak di kunjungi banyak orang untuk sekedar mengambil gambar. Pengunjung datang bersama keluarganya juga rekan-rekan yang suka selfie di tempat ini. Memang kondisi pantainya sangat indah karena di kelola secara profesional.

Para pengunjung bukan hanya dari masyarakat sekitar, tetapi juga dari mancanegara. Bagi sahabat yang ingin mendatanginya tidaklah sulit. Jaraknya dapat dijangkau dengan mudah, hanya berjarak kira-kira 7 km dari ibu kota kabupaten. Bagi pengunjung di sediakan bungalow dan fasilitas untuk mandi membersihkan badan setelah berenang di laut. 

2. Wisata Danau Lemelu

Destinasi wisata yang satu ini berbentuk danau di Kabupaten Banggai Kepulauan. Airnya yang tenang, memantulkan hijaunya pepohonan di sekitarnya. Ada bebatuan yang bisa digunakan untuk bersantai.

destinasi-wisata-sulawesi-tengah
Danau Lemelu Banggai Kepulauan
Menjadi tempat bersantai sekaligus selfi bagi yang hobi fotografer. Sahabat juga bisa memanfaatkan kesempatan untuk berfoto dengan penduduk lokal. Lokasi wisata ini bisa sahabat rekomendasikan untuk orang lain dan share di media sosial agr lebih dikenal.

Angin sepoi-sepoi semakin menambah ketenangan danau Lemelu. Airnya yang tenang seperti memanggil para wisatawan untuk datang berenang. Bagi anda pencinta drone sangat dianjurkan mengambil gambar dari atas sehingga bisa melihat secara keseluruhan bagian-bagian danau.

3. Wisata Air Terjun Kambani

Ketika pertama kali anda sampai di air terjun Kambani, sahabat langsung disuguhkan dengan gemuruhnya air terjun. Airnya yang jernih dan sangat sejuk membuat sahabat ingin mendatanginya dan merasakan terpaan air terjunnya.

destinasi-wisata-sulawesi-tengah
Air Terjun Kambani

Air terjun Kambani meluncur dari atas bebatuan. Para pengunjung bisa mencapainya dan berdiri dari atas air terjun. hanya saja harus berhati-hati ya! karena sebagian bebatuannya licin. Teriakan senda gurau pengunjung membuat suasana makin ramai. Ada juga pengunjung yang sambil duduk di puncak air terjun membentangkan tangan kemudian diambil gambarnya. Sungguh suatu moment yang tidak terlupakan.

Jika sahabat membawa bekal maka sangat enak dinikmati di sela beraktivitas di air terjun Kambani. Bagi yang membawa keluarga, kesempatan ini menjadi suguhan keluarga yang jarang di nikmati setiap hari.

Itulah tiga dari sejumlah destinasi Wisata Sulawesi Tengah yang patut sahabat kunjungi. Ditempat sahabat mungkin juga banyak destinasi wisata yang bisa di kembangkan. Silahkan share di blog ini melalui komentar tentang lokasinya.

Baca juga: Danau Lindu, Kebanggan Sulawesi Tengah

Sumber dan referensi lain 

  • https://piknikasik.com/keindahan-pantai-teduang-pantai-cinta-di-sulawesi-tengah
  • https://www.kompasiana.com/bonua/5deb2c71097f3662a660c3c2/pesona-alam-danau-lemelu
  • https://tryasm.wordpress.com/2016/08/13/wisata-alam-banggai-kepulauan/

Jika sahabat suka dengan lokasi wisata di atas, silahkan berikan komentar, atau mugkin sahabat pernah mengunjunginya, ceritakan kesan-kesan yang paling disukai ketika itu. Semoga tulisan ini memberi informasi bagi sahabat sekalian. Terima kasih atas kunjungannya. Jika ingin berlangganan silahkan masukan email dan tekan tombol berlangganan.

Berlangganan via Email