loading...

Cara menaikkan Skala Ordinal Ke Interval dengan Aplikasi MSI


AKHMAD.COM - Penggunaan teknik statistik dalam proses pengolahan data-data memerlukan tindakan yang tepat terkait dengan pemilihan metode statistik baik statatistik parametrik dan statistik nonparametrik. Dalam suatu kasus penelitian, tidak jarang kita menggunakan suatu skala data yang seharusnya dianalisis menggunakan statistik nonparametrik tetapi karena kurang memahaminya maka digunakan statistik parametrik.

Statistik Parametrik

Secara umum statistik parametrik digunakan untuk data dalam jumlah besar, biasanya di atas 30. Distribusi data adalah normal atau dapat dianggap normal. Pada beberapa metode tertentu, seperti uji t atau uji F (ANOVA), ada persyaratan tambahan yakni kesamaan varians diantara kelompok-kelompok data. Data bertipe interval atau rasio (Santoso, 2012).

Cara menaikkan Skala Ordinal Ke Interval dengan Aplikasi MSI

Hal senada juga di kemukakan oleh Sugiono (2014:23) bahwa statistik parametrik merupakan statistik yang digunakan untuk menganalisis data interval atau rasio yang diambil dari populasi yang berdistribusi normal.

Adapun menurut Iqbal Hasan (2005:9) bahwa  statistik parametrik merupakan bagian statistik yang parameter dari populasinya mengikuti suatu distribusi tertentu, seperti distribusi normal dan memiliki varians yang homogen.

Skala Ordinal

Skala ordinal tidak hanya mengkategorikan variabel kedalam kelompok, tetapi juga melakukan ranking terhadap kategori. Sebagai misalkita ingin mengukur preferensi responden terhadap empat merek produk air mineral. Merek Aqua, Aquana, Aquaria dan Aquades. Kita dapat meminta responden untuk melakukan ranking terhadap merek produk air mineral yaitu dengan memberi angka 1 untuk merek yang paling disukai, angka 2 untuk ranking kedua dst (Santoso, 2013:4)

Uji statistik yang sesuai untuk skala ordinal adalah modus, media, distribusi frekwensi dan statistik nonparametrik seperti rank order correlation. Variabel yang diukur dengan skala nominal dan ordinal umumnya disebut variabel nonparametrik atau variabel nonmetrik (Santoso, 2013:4)

Skala Interval

Skala interval merupakan skala yang menunjukkan jarak antara satu data dengan data yang lain dan mempunyai bobot yang sama. Analisa statistik yang digunakan ialah uji statistik parametrik (Riduwan, 2007:14). Uji statistik yang sesuai untuk jenis pengukuran skala ini adalah semua uji statistik, kecuali yang mendasarkan pada rasio seperti koefisien variasi (Santoso, 2013:5)

Teknik Menaikkan Skala Ordinal ke Interval Menggunakan Microsoft Exel Berdasarkan Method of Successive Interval (MSI)

Adapun untuk kebutuhan dalam statistik parametrik maka kita menggunakan skala data minimal interval. Olehnya itu seringkali data yang kita peroleh masih berskala ordinal maka untuk mengubahnya menjadi skala interval dapat menggunakan teknik MSI. Dalam tutorial kali ini kita tetap menggunakan contoh data yang penulis posting beberapa waktu lalu.


Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Silahkan buka lembar kerja Exel dimana data dapat ditampilkan
  • Klik Add-Ins lalu Statistik, pilih succesive interval seperti ini:

Ordinal Ke Interval dengan Aplikasi MSI
  • Tampil kotak pengisian data seperti ini:
  • Klik Data Range pada bagian kotak sebelah kiri bertanda (-) lalu blog seluruh data mulai dari item variabel sampai seluruh data terblok, seperti ini:

  • Klik kembali tanda panah untuk melepaskan blok dan kembali ke kotak succesive interval, kemudian klik lagi Cell Output untuk mengisi penempatan output, tempatkan pointer di posisi yang diinginkan.
  • Setelah pointer di tempatkan pada posisi yang tepat, klik kembali tanda panah untuk menuju ke kotak succesive interval. Jika langkah di atas benar maka dalam kotak terisi seperti ini:
  • Klik Next untuk menuju ke pengaturan selanjutnya seperti ini:
  • Klik Select All untuk menandai seluruh variabel yang akan di ubah seperti ini:
  • Klik Next lagi untuk pengaturan selanjutnya,isikan nilai tertinggi dan terendah. Dalam kasus ini skor jawaban responden terendah=1 dan tertinggi =5, sehingga tampak seperti ini:
  • Tandai Display Summary, lalu Finish dan hasilnya menunjukkan data ordinal telah berubah menjadi data berskala interval seperti ini:

Data di atas telah berskala interval dan dapat digunakan untuk melakukan analisis statistik parametrik uji regresi, uji t, uji F dan lain-lain.

Bagi sahabat yang masih ragu atau belum memahaminya secara baik silahkan kirimkan komentar melalui contac ya!. Jika ingin memberikan masukan silahkan saja ya, semoga apa yang penulis bagikan bermanfaat bagi sahabat sekalian. Terima kasih atas kunjungannya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 "Cara menaikkan Skala Ordinal Ke Interval dengan Aplikasi MSI"

Post a Comment

Terima kasih atas komentar terkait tulisan di atas.

Iklan Atas Artikel

Bitcoadz.io


Hostens

Hostens.com - A home for your website

Admaven