Tips Kesehatan Mata: Sering di Depan Komputer - Akhmad.com

marisscience

Tips Kesehatan Mata: Sering di Depan Komputer

AKHMAD.COM - Fungsi mata merupakan jendela untuk melihat apa yang kita sukai. Dengan mata yang sehat tentu hidup ini menjadi sangat berarti. Bayangkan saja ada jutaan bahkan milyaran objek yang sudah kita saksikan selama hidup kita. Tentu itu karena peran mata yang bisa memberi informasi pada kita sehingga bermanfaat untuk mempertahankan hidup ini. Sayangilah mata kita selagi kita masih produktif. Dan sayangilah mata kita agar memberi manfaat bagi orang lain.

Bagi sahabat yang memiliki pekerjaan berhubungan dengan komputer sudah pasti kesehariannya selalu bergelut di depan komputer. Ini termasuk bagi mereka yang menggunakan laptop atau smartphone. Tidak masalah duduk berlama-lama depan komputer yang penting sahabat memahami cara-cara  untuk menjaga agar mata tetap fresh dan sehat. Intinya kita perlu konsisten  menjaga kesehatan mata agar dapat dipergunakan dengan baik. Beberapa tips yang saya coba bagikan untuk sahabat:

Aturlah penampilan layar
Mengatur penampilan layar komputer, laptop atau smartphome sangat penting untuk memberi kekuatan pada mata kita, agar mudah menjangkau objek yang kita amati. Penampilan layar yang terlalu kecil, mungkin ukuran hurup yang terlalu kecil atau layout layar yang terlalu sempit membuat mata kita susah payah untuk menarik gambar agar jelas. Kita juga kadang menjadi pening sampai harus mengerutkan dahi untuk melihat suatu objek di layar.
Baca juga: Laptop, Harga Terjangkau Untuk Kebutuhan Kerja

Lakukan kedipan mata
Mengedipkan mata gunanya untuk memberi efek fresh bagi mata selama mengamati objek tampilan. Walaupun ini dianggap sederhana, namun berdampak sangat baik bagi kesehatan mata kita. Saya sediri bukan lagi mengedipkan mata, tetapi saya rela sejenak meninggalkan pekerjaan hanya untuk menutup mata alias tidur.

Aturlah jarak pandang
Jarak pandang perlu diatur jaraknya agar mata tidak terlalu memaksa untuk mengamati objek tampilan. Jarak yang tidak diatur dengan baik akan membuat leher kita akan tegang, bahu terasa kaku dan beresiko membuat mata kita menjadi lebih kering. Jarak yang cukup baik kurang lebih 50 cm sampai 66 cm.

Perbanyaklah minum air putih
Lama duduk di depan komputer sebaiknya diikuti dengan mengkonsumsi air putih. Kita menjaga jangan sampai tubuh kita kekurangan air dan bisa rentan terkena penyakit gagal ginjal. Menakutkan bukan?. Dengan banyak mengkonsumsi air putih secara tidak sengaja kita akan bolak balik ke WC untuk buang air sehingga ada pergerakan yang kita buat.

Gunakanlah pelindung mata
Sahabat bisa menggunakan alat peredam radiasi yang dipancarkan oleh layar komputer dengan memasang anti radiasi atau filter cahaya yang ditempelkan di layar monitor. Produk ini banyak di jual di pasaran khususnya di toko komputer atau memesanya secara online. Atau jika kurang nyaman bisa menggunakan kaca mata anti radiasi untuk menghindari pancaran radiasi yang membombardir mata kita seharian.

Mengatur pencahayaan di layar
Sahabat perlu mengatur pencahayaan di layar komputer atau smartphone sehingga tidak terlalu terang atau tidak terlalu samar. Biasanya karena mengirit daya batery kita terkadang mengurangi pencahayaan akibatnya mata kita memiliki beban untuk mengamati layar. Hal ini dalam jangka panjang akan mengurangi kemampuan mata kita. 

Bersihkan layar monitor atau layar smartphone
Layar yang kotor berdebu, bekas sidik jari dan bernoda akan membuat layar menjadi kurang kontras sehingga meningkatkan cahaya dan refleksi. Jika ingin membersihkannya, maka lakukan hal-hal berikut:
  • Siapkan kain microfiber. Kain ini memiliki permukaan yang halus sehingga tidak menggores permukaan layar.
  • Nyalakan komputer atau smartphone dan aktifkan gambar atau latar berwarna putih sehingga layar menjadi terang dan kotoran yang menempel menjadi nampak di layar.
  • Usaplah layar dengan arah jarum jam sehingga tidak bergerak secara zigzag. Hal ini penting untuk menjaga permukaan layar yang halus.
  • Setelah dibersihkan lalu matikan komputer.
  • Oleskan cairan pembersih yang aman pada permukaan kain. Cairan pembersih tersedia ditoko, sering digunakan untuk membersihkan permukaan kaca yang halus atau bisa juga menggunakan minyak kayu putih sebagai alternatif.
  • Usapkan kain pembersih dengan pola memutar kekanan layar. Jangan menekan layar terlalu keras. 
  • Setelah seluruh permukaan layar dirasakan telah bersih maka usaplah layar dengan bagian kain yang kering sehingga tidak nampak cairan yang menempel di layar.
  • Diamkan beberapa saat lalu nyalakan kembali komputer atau smartphone.
  • Komputer atau smartphone dapat digunakan kembali.
Mengatur penerangan di tempat kerja
Aturlah penerangan di tempat kerja kita. Jangan terlalu terlalu terang sehingga membuat mata kita silau atau jangan terlalu samar sehingga mata kita menjadi terbebani untuk melihat sekeliling kita.

Perlu melakukan terapi pada mata
Sahabat dapat melakukan terapi pada mata. Terapi yang sifatnya sederhana tetapi penting untuk kesehatan mata. Lakukan kompres mata dengan kain yang hangat sambil menutup mata. Jika memiliki tetes mata gunakan sesekali untuk menghindari kekeringan pada mata. Gunakan juga pembersih udara sehingga bisa menyaring udara di sekeliling kita.

Demikian cara merawat kesehatan mata kita. Hal ini penting dilakukan terutama bagi sahabat yang selalu bekerja di depan komputer. Hal-hal yang kita anggap sepele seringkali mengganggu pekerjaan kita. Apalagi fungsi mata sangatlah penting untuk tetap berkarya demi orang-orang yang kita cintai. Terima kasih telah menyimak tulisan ini, semoga bermanfaat. Aamiin.  

Gratis, Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email:

0 "Tips Kesehatan Mata: Sering di Depan Komputer"

Post a Comment

Tambahkan komentar, terkait tulisan di atas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel