Penghargaan Bagi Perguruan Tinggi Swasta - Akhmad.com

marisscience

Penghargaan Bagi Perguruan Tinggi Swasta

Memiliki Kewajiban yang Sama Tetapi Berbeda dari Segi Penghargaan

AKHMAD. COM - Perguruan tinggi swasta berkontribusi besar untuk membangun bangsa dan negara. Maka penting diberikan apresiasi yang tinggi.

penghargaan-bagi-perguruan-tinggi-swasta

Bahwa kewajiban negara adalah untuk menyiapkan generasi yang cerdas guna melanjutkan estafet kepemimpinan negara. 

Artinya bahwa tuntutan kewajiban mencerdaskan kehidupan bangsa dilakukan melalui pendidikan mulai dari tingkat PAUD sampai perguruan tinggi. Disinilah kedudukan PTS juga ikut dituntut untuk membangun  bangsa ini.

Sebagai perguruan tinggi yang memiliki kewajiban untuk mendidik calon-calon pemimpin, sudah selayaknya perguruan tinggi swasta (PTS) juga diberikan perhatian hampir serupa dengan perguruan tinggi negeri (PTN). Hal yang paling menyolok dan merupakan ketimpangan yang nyata adalah kesejahteraan para dosen di PTS. 

Tengok saja seperti halnya kewajiban agar setiap dosen melakukan penelitian. Dosen-dosen swasta juga ingin sekali melakukan penelitian tetapi biaya penelitian yang tersedia sangat minim. Jika memang pemerintah menyediakan pendanaan lewat pembiayaan hibah penelitian itupun harus melalui seleksi ketat untuk bisa mendapatkan pendanaan penelitian.

Saya sendiri untuk melakukan penelitian tidak jarang harus mengeluarkan dana pribadi membiayai penelitian saat program pembiayaan penelitian dari pemerintah belum tiba masanya. Tetapi dengan tulus ikhlas saya membiayai sendiri penelitian itu dengan harapan dapat memberi banyak manfaat bagi orang lain.


penghargaan-bagi-perguruan-tinggi-swasta

Kesejahteraan para dosen di PTS perlu diperhatikan. Mungkin sebagian PTS yang memiliki sumber pendanaan besar tidak kesulitan memberikan penghargaan besar bagi dosennya. Bagaimana dengan PTS lain khususnya yang berada di daerah? tentu ini sesuatu yang miris sebagai lembaga yang dituntut untuk memnghasilkan lulusan yang berkualitas sementara kesejahteraan dosennya sangat minim.

Entah kapan harapan itu bisa terwujud. Entah kapan PTS bisa mendapatkan keajaiban dalam upaya meningkatkan kesejahteraanya. Namun dilubuk hati yang paling dalam. Dosen-dosen PTS tidak akan berhenti mendidik bangsa ini agar melahirkan penerus yang cerdas. Menghasilkan lulusan yang berkualitas agar bisa bersaing di dunia kerja

Tulisan ini hanya sekedar renungan untuk menceritakan sedikit kegelisahaan ini agar hati menjadi tenang dan berharap muncul secercah harapan yang lebih baik di kemudian hari. Agar generasi berikutnya bisa membuat kondisi ini menjadi lebih seimbang. Saya sangat berterima kasih jika sahabat menyukai dengan mengklik ikuti pada bilah kanan blok ini. Terima kasih atas atensinya, semoga bermanfaat.      

Gratis, Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email:

0 "Penghargaan Bagi Perguruan Tinggi Swasta"

Post a Comment

Tambahkan komentar, terkait tulisan di atas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel