Kepemimpinan di Universitas Alkhairaat

Kepemimpinan Merajut Asa

AKHMAD.COM - Pergantian kepemimpinan di suatu organisasi merupakan sesuatu yang wajar. 

Sejauh itu dilaksanakan dengan jujur dan demokratis maka pergantian itu menunjukkan adanya regenerasi di tubuh perguruan tinggi yang sudah cukup lama berdiri tersebut.


Bagi Universitas Alkhairaat, pergantian kepemimpinan memberikan suasana baru dan harapan baru. Semua orang mengharapkan sesuatu yang lebih baik, tidak terkecuali seluruh civitas akademika Universitas Alkhairaat. Hal ini tercermin dari banyaknya tanggapan dan ucapan kepada Rektor baru Universitas Alkhairaat.

Universitas Alkhairaat yang berdiri cukup lama (tahun 1964) menghadapi banyak tantangan kedepan. Persaingan antar perguruan tinggi yang makin ketat, memerlukan sosok pemimpinan yang berani, cerdas dan luwes. 

Secara internal tantangan datang dari keinginan yang kuat untuk berkembang. Selain itu keinginan untuk hidup lebih sejahtera merupakan tantangan lain yang harus dipenuhi oleh pimpinan. Sedangkan secara eksternal memberikan tantangan yang lebih kompleks dan bervariasi.

Ada banyak pilihan untuk memposisikan daya saing. Kita dapat menjadi pemimpin pasar, penyerang ataupun tetap pada posisi menunggu kesempatan terbaik dan bertahan dari serangan. Semua itu tidak lepas dari kebijakan pimpinan dengan melihat berbagai potensi yang dimiliki oleh Universitas Alkhairaat.

Sebagai bagian dari civitas akademika, saya bangga makin kuatnya daya tanggap pimpinan univeritas dalam melihat fenomena pasar. Bukan hanya itu secara moral memiliki beban mencerdaskan generasi yang nantinya menjadi penerus cita-cita kemerdakaan. Pada dasarnya semua perjuangan para civitas akademika dihargai merupakan upaya bersama memajukan pendidikan khususnya di Sulawesi Tengah.

Ulasan ini sebagai bentuk solidaritas kemajuan dan penyemangat bagi mahasiswa khususnya Universitas Alkhairaat. Selain itu sebagai bentuk dorongan bagi pimpinan untuk memberikan kemampuan terbaik dalam membawa Universitas Alkhairaat di era globalisasi ini.

Berlangganan via Email