Jenis Olah Raga Yang Murah dan Bikin Sehat

Tubuh kita memerlukan pergerakan untuk membakar lemak dan zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Setelah seharian bekerja dan mengkonsumsi berbagai jenis makanan, maka tubuh memerlukan proses stabilitas metabolisme tubuh.

Berbagai macam cara dilakukan seperti minum obat-obatan yang bisa menghalangi berkembangnya bakteri berbahaya, dari sisa-sisa racun dalam tubuh kita. Namun banyak orang menempuh cara dengan melakukan olah raga untuk membakar lemak dan racun tersebut.

jenis-olah-raga-yang-murah-dan-bikin-sehat

Pola tidur yang tidak tepat dan stres terhadap pekerjaan memberikan dampak buruk bagi kesehatan kita. Olehnya itu kita perlu berolah raga agar badan kita tetap sehat dan bertenaga. Beberapa jenis olah raga yang murah, sederhana dan bikin sehat bisa sahabat lakukan seperti: 

Lari mengitari halaman atau kompleks

Jenis olah raga ini dapat dilakukan oleh semua orang dan segala umur kecuali balita. Dengan berlari maka semua organ tubuh kita bergerak sehingga tidak terasa keringat bercucuran. Olah raga ini sangat murah, yang kita siapkan cuma kaos olah raga, celana dan sepatu.

Jenis olah raga ini dimana saja dapat dilakukan selagi memiliki ruang untuk kita bergerak bebas. Apalagi sambil berlari kita dengarkan musik melalui headset, sungguh luar biasa. Berlari mengitari halaman atau kompleks perumahan, terasa nyaman sambil memandang lingkungan di sekitarnya. Ditemani keluarga atau rekan, semakin memberi suasana yang berbeda dan menggairahkan.

Melakukan skipping

Skipping merupakan jenis olah raga yang sederhana tetapi menyehatkan. Skipping atau di Indonesia disebut lompat tali, dilakukan dengan seutas tali, atau alat skipping yang banyak di jual dan murah. Dilakukan sambil melompat-lompat ditempat sehingga tidak memerlukan ruang yang terlalu besar.

Jenis olah raga ini memang sudah dilakukan sejak kita masih kecil. Waktu itu sering kita gunakan gelang karet yang di sambungkan satu sama lain sehingga memanjang. Biasanya dilakukan beberapa orang. Dua orang memegang setiap ujung tali, dan lainnya melompati tali yang setahap demi tahap dinaikkan ketinggiannya. Kalau diingat-ingat, Hmmm...seperti ingin kembali pada masa-masa indah itu.

Skipping juga dapat dilakukan satu orang dengan kedua tangan memegang ujung tali di kanan kiri dan mengayunkannya sehingga kita pun ikut melompat seirama dengan ayunan tali. Sungguh menyenangkan bukan?

Senam Aerobic

Mungkin tidak perlu ikutan kelas senam atau Gym jika sahabat kesulitan membiayainya. Apalagi jika sahabat termasuk orang sibuk atau memiliki anak kecil di rumah, maka sahabat bisa melakukan senam aerobic bersama teman-teman dengan irama yang disukai. Bahkan banyak orang menyukai senam ini melalui irama koplo atau sejenisnya.

Adik saya (Meti) juga sering melakukannya dirumah bersama keluarga kecilnya. Apalagi jika sahabat sudah memiliki 1 set peralatannya tentu lebih menyenangkan sekali. Saya sendiri dirumah bersama isteri (Santi) menggunakan Air Climber, salah satu peralatan olah raga buatan Korea.

Air Climber memberikan efek menyehatkan dan menjaga kebugaran tubuh. Cukup putarkan musiknya sahabatpun bergoyang sesuai irama dan pedoman yang diberikan. Tidak terasa keringat bercucuran, berpacu dengan pernafasan kita yang makin lancar.

Berenang

Berenang termasuk olah raga yang banyak diminati. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa bahkan manula. Medianya pun sangat sederhana dan mudah didapat. Sahabat bermain ke pesisir pantai saja sudah bisa berenang. Namun perlu diingat tidak semua pesisir pantai aman untuk digunakan mengingat serangan hiu dibeberapa tempat.

Di daerah saya di Parigi, Kabupaten Parigi Moutong Propinsi Sulawesi Tengah (Indonesia) tepatnya di daerah Bambalemo Beach ada spot untuk berenang. Pasirnya yang putih dan airnya yang jernih sering digunakan masyarakat setempat untuk berenang. Termasuk saya dan isteri (Santi) sering berenang di tempat ini.

Tentu didaerah sahabat juga memiliki lokasi renang bahkan mungkin lebih baik. Lakukanlah aktifitas berenang agar tubuh sehat dan bugar. Dengan berenang seluruh anggota badan bergerak sehingga sangat menyehatkan.

Bersepeda

Salah satu olah raga yang murah dan simpel adalah bersepeda. Mengayunkan kaki sambil membiarkan badan mengikuti gaya bersepeda merupakan bagian dari cara meningkatkan kebugaran tubuh. Suasana yang asri di pedesaan dan jalan yang sunyi, jauh dari kebisingan dan polusi udara sungguh mengasyikan.

Bersepeda bukan hanya dilakukan ketika berolah raga. Membeli keperluan rumah tangga dan bekerja juga dapat dilakukan dengan bersepeda. Cara hidup yang sehat sebenarnya ketika kita tahu bahwa apa yang kita lakukan memberi kesempatan pada tubuh untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satunya dengan berolah raga sepeda.

Yoga

Yoga termasuk olah raga yang sudah ada sejak zaman dahulu. Hampir semua orang tahu apa itu yoga namun tidak semua paham tujuannya dan tidak semua mau melakukannya. Pada hal melakukan Yoga hanya bermodalkan matras dan bisa dilakukan ditempat yang kita memilihnya sendiri. Untuk memahami cara melakukan Yoga telah banyak dilakukan pelatihan di berbagai tempat.

Biasannya ada lembaga atau komunitas secara gratis mengajarkan Yoga. Adik saya sendiri (Meti) sering melakukan Yoga di rumahnya atau di tempat tertentu bersama komunitasnya. Pokoknya, Yoga dapat dilakukan tanpa repot-repot. Yoga akan membantu memperbaiki sistim pernafasan kita. Orang yang terbiasa melakukan Yoga akan lebih tenang dalam kesehariannya. Karena ada gerakan-gerakan Yoga yang memberi ketenangan pada kita.

Terutama saat melakukan gerakan-gerakan sulit membuat tubuh menjadi semakin lentur. Hal ini akan membuat pergerakan kita semakin lancar. Secara positif akan memberi manfaat saat kita bekerja bahkan dalam tekanan apapun.

Demikian beberapa jenis olah raga yang murah, sederhana dan bikin sehat. Sahabat dapat melakukannya tanpa harus mengeluarkan biaya terlalu mahal. Bahkan sahabat yang terkendala dengan kesibukan dan anak pun dapat melakukannya di rumah. Ayo! hidup sehat untuk mereka yang kita cintai. Terima kasih telah menyimak tulisan ini. Semoga bermanfaat.

Berlangganan via Email