Kesehatan Tulang Belakang - Akhmad.com

marisscience

Kesehatan Tulang Belakang

AKHMAD.COM - TULANG BELAKANG, Kesibukan masing-masing orang berbeda-berbeda. Tergantung volume pekerjaan dan waktu yang diperlukan. Apalagi bila pekerjaan itu membutuhkan skill tertentu maka akan menguras tenaga dan pikiran. 

Dalam kondisi seperti ini maka sahabat perlu menyikapinya dengan cerdas. Bagi sahabat yang membutuhkan aktifitas duduk sepanjang hari, maka harus memperhatikan beberapa hal salah satunya kesehatan tulang belakang.

Bagi seorang dosen seperti saya, kegiatan untuk mengharuskan duduk tentu menjadi rutinitas setiap hari. Adakalanya saya sering lupa untuk mengimbanginya dengan kegiatan yang sifatnya memberi kesempatan tubuh untuk menyesuaikan kembali seperti mengerakan badan atau kegiatan lainnya.  Hal ini sering membuat badan saya pegal-pegal dan terasa kaku.

Adapun beberapa tips yang penting diperhatikan bagi sahabat yang memiliki aktifitas duduk sepanjang hari adalah:
  • Jika sahabat memilih duduk dilantai misalnya, maka perlu menggunakan alas yang empuk seperti bantal dari spons yang tidak terlalu tebal agar nyaman. Hal ini gunanya untuk menghindari kontak langsung tubuh kita dengan lantai yang dingin. Juga untuk memberi efek pada tubuh kita agar tidak langsung menyentuh lantai yang keras sehingga menghindari rasa sakit akibat duduk terlalu lama.

  • Jika bisa dilakukan maka usahakan tidak menyilangkan kaki sehingga peredaran darah lebih lancar. Jika hal itu terpaksa harus dilakukan maka waktunya tidak sampai berjam-jam yang menyebabkan area kaki menjadi keram. 
  • Pada saat duduk di kursi usahakan kaki tidak menyilang namun bertumpu pada palang yang melintang dibawah meja. Kondisi ini akan memberikan posisi duduk yang tegak sehingga tulang belakang berada pada posisi yang benar.
  • Biasakan agar pinggul kita lebih tinggi dari lutut. Ini gunanya untuk mendapatkan cara duduk yang proporsional. Lagi pula dengan posisi ini kita tidak cepat capek dan kaku.
  • Kursi kita hendaknya berada persis dekat dengan meja karena semakin dekat kita dengan meja akan mengurangi beban otot untuk menariknya. 

  • Lengan kita sering terasa pegal dan kaku, untuk itu posisi lengan harus bertumpu pada lengan kursi atau meja. Area meja yang luas sebenarnya lebih nyaman digunakan terutama bagi mereka yang suka mengetik. Lengan yang bertumpu pada sesuatu akan membuat lebih santai dan fokus.  
  • Perlu sesekali meregangkan badan, lengan dan siku untuk memberi penyegaran sehingga bahu kita terasa lebih rileks.
  • Asiknya bekerja, seringkali membuat kita lupa dan duduk lama di depan pekerjaan kita. Bahkan sampai seharian duduk depan komputer atau asik bermain smartphone. Tentu ini memberi efek kaku pada tubuh dan menyebabkan organ-organ kita tidak mendapatkan kesempatan untuk beristirahat sejenak. Jadi seharusnya kita menghindari duduk dengan durasi yang panjang.
  • Sebisanya lakukan gerakan atau latihan kardio. Hal ini bisa dengan berenang atau melakukan gerakan-gerakan. Gunanya untuk menjaga struktur tulang belakang untuk tetap sehat dan terhindar dari cedera tulang belakang.
  • Salah satu juga yang penting untuk menghindai cedera tulang belakang yaitu jangan memelintir tubuh ketika ingin mengambil sesuatu. Karena tubuh yang duduk seharian memberi efek kaku sehingga ketika digerakan secara melingkar dapat menimbulkan efek kejutan. Sebaiknya putarlah badan secara penuh untuk menjangkau sesuatu. 
  • Disarankan agar dapat mengkonsumsi vitamin-vitamin terutama vitamin D
  • Terakhir, jangan lupa makan. Jika perlu sediakan berbagai cemilan yang sehat untuk memberi tenaga atau asupan makanan ketubuh atau ke otak kita agar tidak mudah diserang penykit mag.
Itulah beberapa tips yang sempat saya bagikan untuk sahabat agar bisa menjaga kesehatan tulang belakang. Jagaah kesehatan kita di tengah-tengah kesibukan. Ingat! harta bisa di cari, tetapi kesehatan lebih penting untuk mereka yang kita sayangi. Silahkan ambil dan bagikan artikel ini jika dibutuhkan.

Gratis, Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email:

0 "Kesehatan Tulang Belakang"

Post a Comment

Tambahkan komentar, terkait tulisan di atas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel