Danau Lindu, Kebanggan Sulawesi Tengah

Danau Lindu. Diakhir pekan atau hari libur dapat digunakan untuk bersantai sambil melepaskan kelelahan setelah bekerja sepekan lamanya. Salah satu destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi adalah Danau Lindu.

Lokasi Danau Lindu

Danau Lindu terletak di Kecamatan Kulawi. Lokasinya berjarak sekitar 63 km dari Palu ke Desa Sidaunta. Kira-kira 1¼ jam antara Palu-Kulawi. Nah! dari Desa Sidaunta perjalanan ditempuh melalui jalan darat dengan berkuda atau dapat melalui jalan laut dengan naik sampan. Jarak Desa Sidaunta ke Danau Lindu kurang lebih 17 km atau 5 jam perjalanan.

Luas Danau Lindu kurang lebih 3150 ha. Waduuuuhh...luas sekali ya!. Danau ini merupakan danau terbesar kedua di Sulawesi Tengah. Berada di dataran tinggi, dikelilingi gunung sehingga danau ini beriklim dingin.


Penduduk Disekitar Danau

Para penduduk berprofesi sebagai nelayan menggunakan jalan setapak untuk membawa barang dagangannya. Demikian pula para petani yang membawa hasil pertanian seperti beras.

Setelah menjual barang dagangannya para nelayan dan petani pulang dengan membawa beberapa kebutuhan keluarga seperti garam, minyak tanah dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Para penduduk cukup ramah dan jujur. Sejauh kita tidak melakukan pelanggaran, mereka menerima para pengunjung dengan baik.

Mereka dengan senang hati akan memandu kita dan memberi informasi tentang apa yang ingin kita ketahui. Kita disarankan untuk tidak berjalan dengan kaki telanjang karena banyak terdapat cacing atau lintah. Ini menunjukkan kondisi alam Danau Lindu masih terjaga. Untuk itu tunggu apa lagi.

Keindahan Danau Lindu

Spot alam yang ditampilkan sangat indah. Kita dapat melakukan aktifitas pemancingan di pinggir danau. Sambil menadangi para unggas liar yang terbang dan hinggap. Untuk melihat-lihat lebih jauh, kita dapat meminjam perahu pada Kepala Desa Tomado.

Dengan perahu kita bisa menyaksikan panorama yang menakjubkan dari atas perahu. Kita dapat mencapai pulau Bola dengan menggunakan perahu motor yang ditempuh kurang lebih 10 menit.

Selain wisata danau, kita juga dapat menjumpai wisata sejarah yaitu adanya kuburan seorang pahlawan rakyat bernama Maradindo. Kita dapat mengambil gambar dan video sesuai kebutuhan kita.

Pemandangan Danau Lindu masih sangat alami sehingga masyarakat tetap menjaga keasriannya. Namun sayang, kita tidak dapat menginap karena tidak tersedia penginapan di tempat ini. Jika ada yang ingin menginap dapat meminta izin untuk menginap di rumah penduduk setempat. Atau bisa juga di lokasi laboratorium milik WHO.Kita tidak perlu ragu atau khawatir.

Jika ada waktu luang, tidak ada salahnya memasukan Danau Lindu dalam daftar destinasi wisatamu. Untuk sementara, sekian dulu ceritanya ya!. Nanti ketemu pada cerita lain yang tidak kalah menariknya.

Terima kasih telah menjelajah di blog aku. Artikel ini ditulis bagi mereka yang ingin berwisata atau bingung mencari tujuan wisata menghabiskan akhir pekannya. Bila ada saran dan masukan jangan ragu ya, kirim kekolom komentar. Ingin berlangganan konten gratis silahkan kirim email dan tekan tombol berlangganan gratis.

Berlangganan via Email