Definisi Risiko dan Manajemen Risiko - Akhmad.com

marisscience

Definisi Risiko dan Manajemen Risiko


Definisi risiko

Ada banyak definisi tentang risiko (risk). Risiko dapat ditafsirkan sebagai bentuk keadaan ketidakpastian tentang suatu keadaan yang akan terjadi nantinya (future) dengan keputusan yang diambil berdasarkan berbagai pertimbangan pada saat ini. 

Menurut Rick W. Griffin dan Ronald J. Ebert dalam (Fahmi, 2016:2) risiko adalah uncertainty about future events.  

Resiko

Adapun Joel G. Siegel dan Jae K. Shim dalam (Fahmi, 2016:2) mendifinisikan risiko pada tiga hal:

Pertama adalah keadaan yang mengarah kepada sekumpulan hasil khusus, dimana hasilnya dapat diperoleh dengan kemungkinan yang telah diketahui oleh pengambil keputusan.

Kedua adalah variasi dalam keuntungan, penjualan, atau variabel keuangan lainnya, dan 

Ketiga adalah kemungkinan dari sebuah masalah keuangan yang mempengaruhi kinerja operasi perusahaan atau posisi keuangan, seperti risiko ekonomi, ketidakpastian politik, dan masalah industri.

Lebih jauh Joel G. Siegel dan Jae K. Shim menjelaskan pengertian dari analisis risiko adalah proses pengukuran dan penganalisaan risiko disatukan dengan keputusan keuangan dan investasi. Sementara itu David K. Eiteman, Arthur I. Stonehill dan Michael H. Moffett dalam (Fahmi, 2016:2) mengatakan bahwa risiko dasar adalah the mismatching of interest rate bases for associated assets and liabilities.

Definisi manajemen resiko dan manfaatnya
Manajemen risiko adalah suatu bidang ilmu yang membahas tentang bagaimana suatu organisasi menerapkan ukuran dalam memetakan berbagai permasalahan yang ada dengan menempatkan berbagai pendekatan manajemen secara komprehensif dan sistimatis (Fahmi, 2016:2).


Penerapan manajemen risiko di  perusahaan memberi manfaat  menurut (Fahmi, 2016:3) yaitu:

a. Perusahaan memiliki ukuran kuat sebagai pijakan dalam mengambil setiap keputusan, sehingga para manajer menjadi lebih berhati-hati (prudent) dan selalu menempatkan ukuran-ukuran dalam berbagai keputusan.

b. Mampu memberi arah bagi suatu perusahaan dalam melihat pengaruh-pengaruh yang mungkin timbul baik secara jangka pendek maupun jangka panjang.

c. Mendorong para manajer dalam mengambil keputusan untuk selalu menghindari risiko pengaruh terjadinya kerugian khususnya kerugian dari segi finansial.

d. Memungkinkan perusahaan memperoleh risiko kerugian yang minimum.

e. Dengan adanya konsep manajemen resiko (risk management concept) yang dirancang secara detail maka artinya perusahaan telah membangun arah dan mekanisme secara sustainable (berkelanjutan).

Perusahaan akan memiliki arah yang jelas ketika manajemen resiko diterapkan secara maksimal kesemua lini perusahaan. Ukuran perusahaan dan berbagai kemungkian  kerugian serta kemungkinan laba secara jelas tergambar melalui peta risiko yang dibuat oleh perusahaan.

Semua orang, termasuk pimpinan teratas akan semakin berhati-hati dalam melakukan pekerjaanya. Orang-orang secara otomatis dan langsung terhubung pada tujuan pencapaian visi perusahaan dan menghindari sebanyak mungkin kesalahan.  Berbagai pengaruh pada pencapaian visi melalui implementasi misi semakin memberi kepastian jangka pendek maupun jangka panjang. 

Secara finansial ini tentu akan menguntungkan perusahaan di masa depan. Perusahaan mampu membaca situasi internal dan juga dapat menyusun strategi ampuh untuk memasuki pasar baru.

Manajemen resiko akan memelihara kinerja perusahaan secara berkelanjutan dan memberi manfaat dan kesejahteraan bagi para pemegang saham. Hal ini akan menciptakan suasana investasi yang terukur dan memberi kenyamanan bagi masa depan para investor. Artinya penerapan manajemen resiko memberi jaminan bagi penanam modal untuk terus mempercayakan dananya di kelola perusahaan dimana mereka berinvestasi. 
________________________
Fahmi, Irham. 2016. Manajemen Risiko, Teori, Kasus, dan Solusi. Penerbit Alfabeta: Bandung.

Penyajian artikel ini dimaksudkan untuk memberi tambahan referensi bagi mahasiswa dan dosen yang ingin menambah bahan perkualiahan. Bagi yang ingin memberi saran terkait artikel sejenis dapat memberi komentarnya. Demikian pula yang ingin mendapatkan konten lainnya silahkan kirim email di bawah ini.

Terima kasih mengunjungi halaman ini. 
Semoga artikel ini memberikan banyak manfaat.  

Gratis, Dapatkan Artikel Terbaru Melalui Email:

0 "Definisi Risiko dan Manajemen Risiko"

Post a Comment

Tambahkan komentar, terkait tulisan di atas

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel